Beberapa fitur utama Ninja 150..

Bagi yang merasa terlalu panjang, langsung saja baca Rangkuman saya di bagian bawah :mrgreen:
Selamat membaca..

Berikut fitur yang dimiliki ninja 150:

Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System)

Super KawasakiIntegrated Powervalve System adalah pengembangan dari KIPS yang selama ini diterapkan pada Ninja RR yang telah lama beredar di Indonesia. Super KIPS sebetulnya adalah suatu mekanisme klep yang mengontrol gas buang pada exhaust port. Super KIPS baru berfungsi membuka pada putaran/rpm tinggi yang berfungsi terutama untuk menghasilkan tenaga ( power ) yang maksimal.

Dengan adanya klep tersebut, pada waktu putaran mesin rendah, campuran sisa pembakaran-termasuk didalamnya unsur HC ( yang pada mesin 2-tak biasa seyogyanya akan terbuang ), pada Ninja RR dapat dicegah untuk keluar dengan mekanisme Super KIPS ini sehingga kadar HC yang dihasilkan menjadi rendah dalam sisa gas buangnya.

Pada Ninja RR teknologi yang digunakan sebelum Super KIPS adalah teknologi KIS. KIS berfungsi karena adanya perbedaan tekanan, jadi KIS adalah suatu perangkat yang bekerja secara fisika. Bagian terpenting dari Super KIPS adalah adanya klep ( valve ) yang difungsikan pada lubang pembuangan. Katup/klep ini berfungsi karena mekanisme tertentu di dalam mesin. Katup ini berfungsi membuka pada kecepatan/RPM di atas 7000-8500. Lihat Gambar dibawah :

Ringkasnya, Super KIPS adalah suatu sistem pemanfaatan katup yang mengatur penutupan dan pembukaan sebagian dari lubang pembuangan. Katup ini akan berfungsi membuka pada RPM tinggi, agar pembuangan gas sisa pembakaran dapat berlangsung lebih sempurna. Sebaliknya katup ini akan berfungsi menutup pada RPM rendah untuk menghindarkan terbuangnya campuran bensin-udara yang baru masuk ke ruang bakar dan kerter. Lihat Gambar dibawah :

.

HSAS (High Performance Secondary Air System)

HSAS (High-performance Secondary Air System), yaitu suatu saluran udara bersih yang langsung disuntikkan ke ruangan (chamber) dimana gas buang dari ruang bakar bermuara. Pada akhir saluran udara ini ditempatkan mekanisme reed valve, yang hanya membuka pada saat tekanan dalam chamber rendah (berarti pada waktu putaran-mesin rendah). Pada saat tekanan dalam chamber tinggi (yaitu pada waktu putaran mesin tinggi) reed valve tertutup.

Pada waktu klep Super KIPS berfungsi membuka (pada rpm tinggi), HSAS berfungsi menutup, sebaliknya pada waktu putaran mesin rendah dimana klep Super KIPS berfungsi menutup, HSAS berfungsi membuka, dimana pada saat terbuka itulah udara segar masuk ke dalam exhaust chamber. Kegunaan utama HSAS adalah mempercepat reaksi oksidasi dalam catalic converter dengan cara menginduksi udara segar ke dalam campuran gas sisa pembakaran, serta membentuk campuran gas yang padat oksigen.

Sistem saluran yang menyuntikkan udara bersih ke dalam chamber ( ruangan ) yang menjadi muara gas buang dari ruang bakar. Pada ujung saluran terdapat mekanisme reed valve ( katup buluh ) yang membuka pada saat tekanan dalam chamber rendah ( putaran mesin rendah ) dan tertutup kembali pada saat tekanan dalam chamber tinggi ( putaran mesin tinggi )

Super KIPS & HSAS bekerjasama dalam suatu sistem yang sama, dimana pada putaran mesin tinggi, katup Super KIPS akan membuka, katup HSAS akan menutup sedangkan pada putaran mesin rendah, katup Super KIPS akan menutup, katup HSAS akan membuka dan menyalurkan udara segar ke dalam exhaust chamber sehingga membentuk campuran gas buang yang padat oksigen.

.

Super Electrofussion Cylinder

Super Electrofusion Cylinder memang sudah menjadi standard Kawasaki Ninja. SEC ini tidak langsung berhubungan dengan gas NOx (Nitrogen Oxida) dan CO (Carbon Monoksida) ataupun HC (Hidro Carbon), tapi lebih ke arah “kabut asap” yang selalu menyelimuti bila motor 2 tak biasa (selain Ninja) melewati kita. Seperti diketahui, Kawasaki Ninja menggunakan Super Electrofusion Cylinder, dimana selinder seakan memiliki ”pori-pori” yang dapat menahan oli pelumas didalamnya. Karena teknologi tsb, penggunaan olie pada motor Ninja dijamin tidak berlebihan, karena untuk urusan pelumasan dapat dipastikan adanya pelumas yang cukup dalam ”pori-pori”nya Super electrofusion cylinder.


Sistem pelapis dinding silinder dengan bahan Molybdenum dan High Carbon Steel, diproses menggunakan aliran listrik tegangan sangat tinggi, sehingga membentuk lapisan logam tipis yang sangat kuat. Permukaan lapisan ini memiliki pori-pori yang dapat menyerap dan menahan oli pelumas yang menghalangi pergesekan dinding silinder dengan piston. Karenanya, tidak diperlukan jumlah oli yang berlebihan untuk proses pelumasan, sehingga mengurangi kepekatan asap yang ditimbulkan pada gas buang hasil pembakaran.

Bagian dalam dari silinder NINJA terbuat melalui proses elektro-fusi dari logam tertentu, yaitu molybdenum dan high carbon steel. Kawat molybdenum dan kawat high carbon steel dengan diameter 1,4 mm dimasukkan bergantian sepanjang selinder, kemudian dialiri listrik sebesar 15.000 volt (”diledakkan” – untuk molybdenum 15.000 volt, dan High-Carbon-Steel 13.000 volt) sehingga logam tersebut berubah bentuk menjadi partikel-partikel yang melebur ke permukaan selinder dan dan membentuk lapisan logam khusus yang sangat tipis di bagian dalam silinder tersebut (= martensite, susunan besi dan karbon yang kuat). Proses tersebut diulang beberapa kali (Molybdenum 7 kali dan High Carbon steel 14 kali) sehingga akhirnya terbentuk lapisan yang sangat kuat (ketebalannya kurang lebih 0,070 mm).

Permukaan lapisan hasil peledakan ini bersifat dapat menyerap dan menahan olie pelumas (=porous) , dimana dalam celah-celah halus inilah olie akan tinggal di dalamnya sehingga terhindar adanya gesekan langsung antara dinding silinder dengan piston.

Jadi disamping lapisan hasil elektro-fusi tersebut sangat kuat, lapisan itu juga menjamin pelumasan yang terus menerus bagi gesekan piston dengan dindingnya. Itulah sebabnya boleh dikatakan dengan sistem elektrofusi ini selinder tidak akan pernah perlu di korter (oversize), disamping bahwa sistem ini menjamin pemakaian oli yang cukup (adekuat = tidak berlebihan), yang tentu juga mengurangi kemungkinan terbakarnya oli secara berlebihan yang menyebabkan knalpot mengeluarkan polusi berupa asap putih.
.

Catalytic Converter

Yang unik dalam catalic converter yang dikembangkan oleh Kawasaki yang disebut sebagai “two stage catalyst”, yaitu ditambahkannya precataliytic converter yang tujuannya adalah meningkatkan temperatur gas buang pada saat memasuki catalic converter utama, agar didapat pemurnian yang lebih sempurna (lihat gambar di atas). Selain itu logam yang digunakan pada unit catalic converternya adalah logam yang termasuk mulia yaitu Platinum dan Rhodium, yang dikenal mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam memurnikan gas CO (Karbon Monoksida=Carbon Monoxide) serta HC (Hidro Karbon=Hydro Carbon). Setelah melewati Catalic coverter, kedua gas beracun ini akan berubah bentuk menjadi gas Karbon Dioksida (CO2) dan air yang tidak beracun.

Perlu diingat di sini bahwa gas-gas HC, CO maupun NOx (Nitrogen Oksida=oxyde), adalah gas-gas yang tidak berwarna sama sekali (tidak terlihat).

Teknologi Catalic Converter ini memerlukan persyaratan yang tidak bisa ditawar lagi, yaitu bahwa bensin yang digunakan harus bensin yang bebas timbal. Bila bensin yang digunakan masih bensin bertimbal, maka lubang-lubang pada catalic converter (lihat foto di bawah ini) akan cepat tersumbat.

Jadi program “langit bersih”, (sebersih apapun namanya) kalau belum didukung oleh penyediaan bahan bakar yang memenuhi persyaratan- yaitu Bebas Timbal (Plumbum=Pb), terpaksa semua pembicaraan ini masih berada dalam tahapan wacana saja, belum bisa dilaksanakan secara praktis.

Pre Catalytic Converter
Berfungsi meningkatkan temperatur gas buang pada saat memasuki Main Catalytic Converter sehingga pemurnian gas buang lebih sempurna

Main Catalytic Converter
Menggunakan materi logam mulia yaitu Platinum & Rhodium yang mempunyai kemampuan memurnikan gas CO ( Karbonmonoksida ) & HC ( Hidrokarbon ) dan mengubahnya menjadi CO2 ( Karbondioksida ) serta H2O ( air ) yang tidak beracun.

.

Radiator

setiap sepeda motor yang berpendingin cairan.. (Liquid Cooled)  mempunyai 3 elemen penting.

1. Radiator
Radiator, mempunyai 2 slot air. 1 diatas, 1 lagi dbawah. yang bagian atas tempat menampung cairan bertempratur tinggi dari Blok mesin, dan yang bagian bawah airnya menuju pompa cairan. setelah melewati kisi2 yang tertiup angin tentunya. sehingga temperatur cairan berkurang.
kisi2 radiator, biasa terbuat dari besi, namun dapat maksimal apabila terbuat dari alumunium.

2. Waterpump
Waterpump, gunanya hanya memompa cairan ke arah Blok mesin. ada yang mekanis mengikuti putaran mesin, ada juga yang elektrik.



3. Reservoir

Reservoir, isinya cairan radiator. (bukan cadangan air). Reservoir hanya berfungsi ketika motor overheat.
Sumber : idws , kaskus, ototrend dg beberapa penambahan

.

Rangkuman singkat saya (newbie edition):
1. SuperKIPS : mekanisme klep yang mengontrol gas buang pada exhaust port. RPM tinggi (7000-8500) -> membuka katup sehingga pembuangan gas sisa lebih banyak (lebih loss ).
2.  HSAS : mempercepat reaksi oksidasi dalam catalic converter dengan cara menginduksi udara segar ke dalam campuran gas sisa pembakaran, serta membentuk campuran gas yang padat oksigen. Gampangannya menambah udara bersih pada RPM rendah untuk memperbaiki emisi gas buang.

SuperKIPS dan HSAS saling melengkapi. Pada RPM rendah -> HSAS bekerja memperbaiki emisi gas buang. RPM tinggi : SuperKIPS bekerja ‘memperbesar’ saluran gas sisa.

3. SEC (Super Electrofusion Cylinder) : silinder berpori yg dapat menahan oli sehingga mencegah pembakaran oli berlebihan, bahan ini berlapis molibdenum dan carbon steel yg menjadikan sangat kuat (semacam Diasill pada yamaha) dan hemat oli.
4. Catalic converter : memperbaiki dan mengurangi racun gas buang, menggunakan materi Platinum dan Rhodium. Hanya efektif kalo memakai bensin tanpa timbal.
5. Radiator : menampung cairan yang panas dari mesin, dilewatkan kisi-kisi, sehingga temperatur cairan berkurang. Prinsipnya adalah kisi2 tersebut memperluas permukaan pemaparan cairan, sehingga pengurangan temperatur lebih efisien. cmiiw. Prinsip liquid cooled ada di artikel berikut.

Demikian.. monggo (gianluigimario)

About these ads

40 thoughts on “Beberapa fitur utama Ninja 150..

  1. bababela says:

    hadehh kepanjangan

  2. nanared says:

    wah sip penjelasannya

  3. bimo96 says:

    sip kang artikelnya…bagusssss

  4. sang says:

    bukan motor biasa.

  5. Skipz says:

    Mungkin yg membuat mahal harganya karena part2 jeroan mesin dibuat dgn proses yg rumit, karena motor ini dirancang buat rpm tinggi apalagi buat kaum muda yg doyan jamabakan setan maka material harus tahan banting. Klo gak begitu kinerja mesin bsa gak maksimal. Logikanya motor yg dibuat untuk kompetisi atau balap memang harganya lebih mahal dibanding motor harian.Btw selain Ninja150 ada jga yg lebih mahal lagi hrganya yaitu Aprilia RS125

  6. masmondol says:

    motorku kok ngga bisa tembus di rpm 13000 ya?

  7. Aa Ikhwan says:

    kawasaki yg 2 tak saat ini memang sudah didesain agar sesuai euro 3 dan go green cm ya itu mesti pake bensin yg tak bertimbal.

    nice artikel

  8. Bonsai Biker says:

    manteb kuliah 2 SKS

  9. Dr.Feelgood says:

    mantap sekali ulasannya lengkap, dan mengena sekali. 2 jempol mas gian saya kasih. hehehe. :mrgreen:
    —————————————————————————————————————-
    motor ini bisa disebut sebagai motor sport murah 2 tak merk jepang yg paling sempurna fitur mesinnya yg dijual di indonesia. yg bkin ngeri adalah akselerasinya, “secepat ninja menebas leher samurai kaya yg biasa dipelem pelem tentang ninja”.

    • kata mas Skipz kayak “jambakan setan” :)
      saya sendiri belum pernah mencoba.. :P

      • Dr.Feelgood says:

        hehehe engk juga sih mas bukan begitu, klo super kips itu lebih ke arah pengurangan polusi udara akibat dari hasil pembakarannya aja, dan memang bnar juga sistem ini memberikan tenaga tetapi hanya berfungsi ketika rpm sudah memasuki putaran menengah ke atas 5000rpm keatas, klo gk slah mah.
        —————————————————————————-
        Super KIPS adalah teknologi yang selama ini sudah dikenal sebagai Kawasaki Integrated Powervalve System, sudah diterapkan pada NINJA-RR yang telah lama beredar di Indonesia. Super KIPS ini sebetulnya adalah suatu mekanisme klep yang mengontrol gas buang pada exhaust port. Super KIPS baru berfungsi membuka pada putaran/rpm tinggi, yang berfungsi terutama untuk menghasilkan tenaga (power) yang maksimal. Dengan adanya klep tersebut, pada waktu putaran mesin rendah, campuran sisa pembakaran – termasuk didalamnya unsur HC (yang pada mesin 2-tak biasa seyogyanya akan terbuang), pada Ninja RR dapat dicegah untuk keluar dengan mekanisme Super KIPS ini, sehingga kadar HC yang dihasilkan menjadi rendah dalam sisa gas buangnya.

      • oke makasih masukannya .. coba tak baca lagi.
        saya juga ambil dari sumber.. :P

      • Dr.Feelgood says:

        sma2 mas gian saya juga itu tahu dari temen ane yg kebetulan punya ninja juga mas…

      • Dr.Feelgood says:

        cobain deh ninja 2 tak, ngeri mas, saya aja cuman berani sampe 110km perjam doang hehe. akselerasinya yg bikin jantung berdetak kencang soalnya naeknya cepet banget, beda dngan mesin 4 tak hehehe jauh pokonya heheh… :mrgreen:

      • makasih mas..
        kalau ada kesempatan, bolehlah dicoba punya teman saya :P

  10. zaidanFarros says:

    Emang ngeri larinya bro ,, ninja ku stndar cm gnti knlpot n spuyer 185km/jm masih mo naek lg cm jalannya yg kburu hbs.. Klo super kipsnya tu yg bkin bt klo nyangkut,,larinya jd ngpos n suaranya ky bajaj,,mangkanya 2minggu skali ane bresihin mluu,,

    • wah hati2 hati bro..
      kalo yg pernah saya baca dari seorang mekanik, ninja keluaran 2009 keatas cmiiw itu kodenya 1855. nah mesin yg kode 1855 ini kata dia lebih sering dijumpai macet KIPSnya..
      kudu rajin ngerawatnya bro..

      • mantan alay says:

        kok mas luigi gak share klo ninja diatas 2009 ada masalah di kips?
        bikin lah ulasan khususnya ttg kips nonja dibawah dan diatas 2009 disertai bukti, keterangan pengguna dan literatur ilmoah bisa jg wawancara pihak kawasaki knpa kodenya beda? apa yg bikin beda? dsb… ciri khas blogger gitu loh…

  11. nyantai says:

    mantap kenceng banget nih..
    turunin di motogp dong atau moto2.kan kabarnya menurut bloger indonesia motor kenceng nih.. jadi ga perlu biaya banyak nih untuk desainnya..
    yuk jangan cuma jadi motor yang jago kandang berani untuk harian…terjun dong ke motogp atau moto2.

  12. evandi says:

    Kalo udah asep nx mulai ngepull,solusi nx gmn mas broo…..!?

  13. mantan alay says:

    artikelnya mantap… menepis ketaguan ane mau beli ninja RR.
    krn kmrn galau dan bingung mau milih ninja RR apa cbr150… dan mendadak ada kabar ninja mau stop produksi di 2015.
    shg ane langsung ngebet beli RR aja deh aplg bodynya udah makin ganteng, powernya msh tak tertandingi khas jambakan mbahnya setan.
    blm lg sparepartnya bejibun bnget dr yg orsi smpe kw100 ada… wkkk trus aksesorisnya jg banyak bnget, harga jualnyapun tinggi masih bnyak yg cari secondnya. trus klo stop produksi pastinya harga jualnya makin tinggi dong… itulah untungnya beli RR sekarang.

  14. sonymarluhut says:

    Selamat malam,
    Knp oli mtr ninja R saya,seal oli water pumpnya gampang rusak’,sehingga oli tercampur air radiator..dan apa tidak ada garansi dari pihak kawasakia?padahal saya beli motr masih baru,saya beli di bula maret 2012.trims

  15. shafiqyaw says:

    TUMPANG TANYE KIPS BARU NI , BOLEY X MSUK BLOCK KIPS LAME YG COD PADA BLOCK DIE BERLAINAN ?? MINTA KERJASAMA ANDA SEMUA..

  16. andik herlambang says:

    mas saya butuh banget hasil uji emisi kawasaki ninja 150 rr ini untuk penelitian skripsi,kalo ada yang punya tolong kirim ke emal saya ya? makasih andikandotz@gmail.com

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s