apakah DOHC lebih mantap dari SOHC?

new-cbr-150r-n-yamaha-vixion

DOHC, double overhead chamshaft , sebuah mekanisme engine yang kerapkali sangat didewakan dan terdengar superior.. ketimbang SOHC, single overhead chamshaft.  Teralis akan unggul dari New Vixion..

Apa benar begitu?

Memang kalau menilik tenaga atau power yang dihasilkan, pasti DOHC bikin ngiler karena outputnya yang lebih ganas dan karakter putaran atasnya yang lebih baik. Bagi yang suka memacu adrenalin dan suka membetot gas hingga poll mesti suka yang ini. Apalgi bila sering bepergian luarkota yg notabene relatif sepi dan treklurus panjang, atau daerahnya punya banyak lintasan kayak gitu, nah mesin ini bak gayung bersambut.. pas banget lah..

Tetapi bukan berarti SOHC tanpa kelebihan loh. Untuk daerah perkotaan yg cenderung berkarakter stop & go tipe ini lebih cocok. Akselerasi lebih nyaman, dan lingkungan memang tak punya banyak potensi jalan rurus yang panjang. Secara konsumsi BBM juga relatip lebih irit, pass di tengah isu naiknya minyak dunia.. Tapi topspeed standartnya memang lebih loyo..

Saya sering berangan, akankah ada mesin yang sama hebatnya akselerasi dan powernya? DOHC namun akselerasi juga semantap SOHC, pasti top abis nantinya. Tapi apakah ada..

Rasanya hal tersebut mungkin saja, dengan beberapa disain pada mekanisme transmisi, karburator atau seting ECU, dan cara yang lainnya, mungkin saja mesin DOHC segarang tarikan SOHC. Bisa jadi CBR 250 salah satu contohnya.. bertipe kem kembar, namun tarikannya dikenal ganas.. cmiiw.

SOHC yg berpower nyaris menyamai DOHC pun bisa saja, R15 barangkali salah satu permisalannya. Ini mempertegas bahwa dengan desain mekanisme pada mesin, semua bisa saja terwujud.. hehe

Kalau DOHCnya teralis dimapping ulang jadi lebih ber-torsi, dan sebaliknya mesin SOHC new Vixion memakai R15 yg powernya nyaris setara CBR, maka hasil imbang akan tersaji secara spek mesin. Karakternya tentu tetap punya bawaan sendiri-sendiri,

Jika sudah begini, baik DOHC maupun SOHC yg speknya nyaris sama maka nggak ada yg mutlak lebih mantap. Hanya tinggal pilih suka karakter yang mana.. rpm atas atau bawah-menengah?

Nah monggo silahkan ditambahi.. (gianluigimario)

About these ads

38 thoughts on “apakah DOHC lebih mantap dari SOHC?

  1. REC*303 says:

    Saya lebih suka rpm atas, nafas panjang buat ngebut enak dan putaran bawah slow bisa buat jalan santai

  2. tunas says:

    yg pnting kencang irit hehehe.
    《♥p200ns♥》

  3. tuing tuing says:

    Pernah liat gambar noken as cbr 250?
    Itu juga mirip SOHC. Bedanya bubungan yang nonjok klep input dan output di pisah. Bahasa mudahnya 1 kem di potong jadi 2. Untuk menghubungkan ke setiap klep dipake rocker arm bercabang.
    Sampai ada yang mengatakan DOHC abal-abal :mrgreen:

    kalo yang lebih sadis malah adek-adek mereka yang 125 cc. Spek sadis semua, yang 150cc pun lewat.

  4. panijo says:

    Di lihat dari fungsi SOHC menang irit
    dan DOHC menang kencang……
    Mas Mario aku nonton Mas Taufik saiki di bukan empat mata yang di persembahkan Yamaha semakin di depan……

  5. white vario says:

    kalau gua sih tetep pilih dohc soalnya habitat gua tuh banyakan di pantura yang kaya jalan tol,lempeng dan lurus,kalau pake bebek ato matic bisanya harus rela jadi bulan bulanan bus antar kota antar provinsi kaya yang gua alamin tiap hari pas berangkat atau pulang sekolah

  6. sinbe says:

    Pilih yg DOHC aja laaah… :-D

  7. Cah Ndeso says:

    saya juga vote DOHC…

  8. Bedanya tuh. Kalau rider DOHC itu pasti punya cewe (baca : double) nah kalau rider SOHC itu rider jomblo alias jomblizzzz (baca : single) huehehehehe colek lek adhani sama jomblizzzzz

  9. dave says:

    single camshaft ma double camshaft,,
    jgn ngomongin keunggulan tarikan atas ato bawah nya,,
    tapi dari segi mesin beda nya apa?
    bukan dari beda 1 ato 2 ya jumlah nya.. hehe..
    mungkin dari cara kerja nya kale ya?
    ato mungkin awal nya di buat double supaya tarikan atas kenceng?
    ato ada alesan laen? cmiiw..

  10. yisha says:

    ngikut yang nge bonceng ajaaaaaaaaaa………..

  11. H3 says:

    Di daerah pegunungan / tanjakan ato suka bawa barang2 berat >> cocok SOHC.

    Kalo jalan datar & panjang >> prefer ke DOHC
    —————-
    Kalo gak punya motor >> nebeng teman aja …he..he..

  12. panijo says:

    Temene Mas Mario itu di Jepang kayaknya.

  13. Skipz says:

    Wah bingung nih sistem kerja DOHC atau SOHC di motor 4Tak cz motor Ane Ninja 2Tak gak pke Kem (mesin lbih ringan), yg ada cuma Super Kips yg karakternya mirip 4Tak DOHC ,atau juga bisa Ane anggap SuperKips itu karakternya kek Turbo, cz akselerasi yg muncul itu tiba2 hebat saat lewat diatas 7500rpm (KIPS mulai aktif) bukannya tambah ngedrop tp tambah sadis akselerasinya.

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s