Cukup sering melihat mesin Beat atau Mio susah dihidupkan..

Dua varian ini jelaslah merupakan bestseller di kelas Matik se-indonesia. Mio bahkan baru saja meraih award untuk bestbrand 2012…

Tentu faktor dimensi imut serta harga menjadi senjata utama meraup penjualan terbesar, namun bagaimana dengan kualitas mesin?
Hehe, gianluigi mario sendiri nggak punya dua-duanya makanya nggak bisa memberi testimoni. Khusus Mio, sekedar pakai pinjam punya teman sih sering :)

Tapi entah mengapa, kadangkala terdengar keluhan teman-teman soal sulitnya menghidupkan mesin Mio maupun Beat.. Apa karena kurang perawatan, atau emang sifat mesinnya begitu kalau kondisi dingin?
Seorang rekan kantor pengguna mio mengeluhkan hal itu. Dia bercerita bahwa tatkala pagi hari mesin motornya susah banget hidup. Di parkiran kantor pula, gianluigi mario pernah dimintai tolong seorang ibu yang Mio-nya ngadat.. Belum lagi di jalan sering menjumpai matik entry level Yamaha itu mengalami problem dan macet..

Kemudian beat pun begitu. Hari ini pas disurabaya, mario memergoki matik warna merahmuda milik seorang cewek yang sedang bermasalah. si cewek minta tolong dua orang pemuda untuk menghidupkan mesinnya yang mogok. Beberapa waktu sebelumnya,  di Gresik sendiri ada pemandangan yang serupa..
Padahal tetangga pemilik Vario nggak pernah mengalami hal serupa..

Mungkin hanya kurang rutinnya perawatan mesin, ataukah kedua varian itu memang cukup rentan masalah? hehe.. bisa jadi jawabnya adalah dua-duanya benar.. :) Semoga New beat nantinya nggak begitu..

About these ads

20 thoughts on “Cukup sering melihat mesin Beat atau Mio susah dihidupkan..

  1. Rony says:

    Alhamd Beat saya sejak 2010 gak pernah rewel start pagi hari mas Mario..saya kira karena perawatannya aja yg kurang sip..busi,karbu kotor atau akinya emang ud agak lemah..tapi alhamd aki beat saya ud 2 tahunan masi ampuh n mak jreng aja di segala kondisi cuaca..hehe..

  2. kata tetangga ane yg pake mio sih gitu
    tapi untungnya punya saya ga kaya gitu

  3. wasisimmortal says:

    Kaya Honda Tiger ya ?
    iya pagi2 susah banget stationer, aku liat di Mio Soul lama. tapi Vega ZR juga. Tapi katanya itu malah normal (kalau cuma pagi hari dingin lho).
    Karena motorku Honda 100cc pagi hari malah lebih gampang daripada kalau sudah panas. Langsung stationer stabil kaya Injeksi, jadi seumur2 ga pernah di pakai Choke nya.

  4. dave says:

    waduh,, mungkin aki nya gampang soak,,
    atau kurang perawatan kale ya,, hehe..
    sering kotor ato apa tapi jarang di bersihin,, cmiiw..

  5. dan kalo diliat liat, khususnya pengguna matik kurang rajin cek motor, misal busi dan karbu, tidak seperti pengguna motor sport & bebek. Soale posisi mesin yang lebih tertutup menjadikan malas cek.
    Misal mau buka busi aja, musti ribet. Padahal kalo gap elektroda busi terlalu renggang, maka motor akan susah distarter, itu baru busi, belum yang lainnya.

  6. erlangga yoga says:

    males perawatan’y aja ,matik emg perlu perhatian khusus terutama karbu vakum klo kotor gampang ngadat palagi box air cleaner d dpan roda tmbh gmpg kotor, yg ptg servis aja scr teratur…klo ane tiap stahun skali ganti busi, roller,filter udara, cek belt,cek aki, alhamdulillah hampir 5thn vario ane sehat2 aja aki jg msh bawaan pas beli…
    oya rider2 d atas rata2 cewek ya…
    lha cewek kdg2 taunya make aja :D

  7. Bocah says:

    Klo disini rata” mio yang ngadat mas,mogok di tengah jalan,susah idup juga,…klo dari beat,ma vario malah blm pernah liat,…trus knalpot mio itu yg bikin emosi,nembaknya bikin kaget,…hehehe,…ma’af,bukan bermaksud bc,…itu pengalaman pribadi.

  8. very says:

    iy ne bru aj bli kmaren ,tp ada meriam dknalpot beat

  9. miomerah2009 says:

    ada yg tau vgak klo motor mio gw klo panas dia gak nyalahhh…n harus nunggu dingin dulu….please share infonya..

  10. saya sejak tahun 2008 menggunakan beat hitam saya tu…………. gak pernah saya ngalamin yang namanya susah nyalain nya,
    dan hingga sekarang matic saya ini hanya baru ganti ring am piston aja
    blum ad masalah lain di mesin
    dalam perjalanan touring pun matic saya tetap ok bro…..

  11. Onel says:

    Kalo Mio udah panas atau panas abis jalan, tiba2 ga bisa idup musti nunggu dingin. Coba dicek sekaligus dibesiih atau diganti : aki, koil, kiprok, sepul. Dilabjut busi, filter bensin, saluran bensin dari tengki ke karburator. Cek dan bersiihj karburator sama vakumnya. Hrsnya sih, ada sisa bensin biar sedikit juga di karbu, jd kalo pagi ga susah stater elektrik, ga perlu diselah ato diengkol lama. Kalo pake skutik, harus rajin cek, rawat dan rutin ganti sebelum mogok. Orang Indonesia kan rata2 males, beli motor hajar ajah pake urusan belakangan alasan klise beli motor biar hemat saking hematnya motor juga kagak dirawat. Itu penyakit kutuk turunan d, coba ajah perhatiin baik2 ya di lapangan. Jarang banget yg motorna terawat rapi ga mogok. Kedua coba liat perilaku dijalan udah semau gue mana motor ga dirawat jalan seenak udelna sendiri..

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s