Bisakah Yamaha ‘mengganggu’ dominasi Honda lagi di tahun depan??? .. opini ringan

Cukup menarik juga setelah membaca artikel mas iwb soal kembalinya YIMM tahun depan untuk menggebrak pasar. Dengan beralasan bahwa peleburan dua bendera menjadi satu memerlukan waktu untuk adaptasi dan agresif lagi. Seperti apa???

Tak bisa dipungkiri, momen paling menarik adalah terjadi ketika persaingan menjadi sangat seru antara Honda dan Yamaha, beberapa tahun silam. Mungkin bagi pendukung fanatik pabrikan sayap kepak ada kekhawatiran bayang kekalahan (meski tidak terjadi), namun aroma pertarungan yang mendekati seimbang adalah suguhan yang bikin semangat para pemerhati atau praktisi otomotif tanah air.

Ketika itu, Yamaha seperti memiliki kekuatan ekstra dan selalu bisa menemukan langkah untuk menangkis serangan Honda..hasilnya adalah prosentase penjualan yang cukup ketat.
Sayang, itu nggak bertahan lama. YIMM seperti nggak berdaya babak belur dihajar pabrikan sayap kepak. bertubi-tubi pukulan yang dilancarkan membuat dominasinya semakin jauh untuk dikejar (kecuali di segmen sport). Apakah mungkin Yamaha bisa bangkit tahun depan???

Sebagai pabrikan yang yang cukup besar, tentu kans selalu ada.. Hanya saja yang jadi pertanyaan : apa Yamaha punya ‘modal’ untuk menyamai nafas panjang Honda yang seakan tanpa henti menelurkan produk anyar?
Apakah kembalinya Valentini Rossi yang sudah mulai uzur bisa dijadikan momentum kebangkitan? apa Yamaha punya produk “masterpiece” yang masih disimpan dan siap membungkam lawan?

Pastilah mungkin bagi YIMM untuk merintis kejayaan lagi, namun tentu saja bukan perkara gampang. Hal itu akan dimulai dari mempertahankan segmen motor batangan sebagai satu-satunya kebanggaan yang masih melekat dan sedang diserang habis-habisan oleh pabrikan lain. Kemudian jika itu sukses, harapan bergeser kepada sektor skutik dan bebek untuk mendapat guyuran produk revolusioner yang bisa mengganggu dominasi Honda..

Dalam bayangan gianluigi mario sih, Yamaha perlu menciptakan varian baru diluar Jupiter series dan Mio series yang terbukti tak kuasa menahan derasnya laju kompetitor. Tidak harus namanya baru sih, tapi produknya harus menawarkan sesuatu yang berbeda.. Begitu juga di area Sport..
Mampukah YIMM melakukan hal itu di tahun mendatang??? (tahun 2013 hanya tinggal 3 bulan lagi..) terdengar seperti mission impossible, namun nggak ada salahnya tetap optimis.. hehe

About these ads

36 thoughts on “Bisakah Yamaha ‘mengganggu’ dominasi Honda lagi di tahun depan??? .. opini ringan

  1. mr.you says:

    mio bermesin dohc! itukan maunya..wkk..wkk..

  2. blade-in says:

    Momen kejatuhan YIMM bukan karena gabung jadi satunya YMKI-YIMM, tapi gagalnya YIMM menciptakan suksesor Mio Sporty, dan salahnya strategi Fino. Mio-J dengan desain ancur kok bisa lolos? Padahal Mio = Yamaha, “telur emasnya” YIMM, Gue yakin kalo ribuan karyawan YIMM itu ditanya tentang desain MioJ, 90% akan bilang jelek. Untuk Fino, YIMM punya kesempatan bagus untuk gebuk kompetitor dengan Fino Injeksi dan harga lebih murah dari Scoopy, tapi tidak dimanfaatkan. Malah bikin Fino karbu yang harganya lebih mahal dari MioJ. Faktor ketiga, Yamaha sering abai dengan suara konsumen. Bikin motor suka-sukanya sendiri. Konsumen bilang fitur itu penting, YIMM bilang gak perlu-perlu amat. Penyakit overcompidence dua tahun lalu masih kebawa. Padahal situasinya udah beda !!!
    Sulit untuk bangkit tahun depan, jika para petinggi YIMM sudah melupakan filosofi “Touching Your Heart”-nya Yamaha

  3. indaran says:

    pertempuran dua samurai :)

  4. Suzuki says:

    Dari dloe emang yamaha ngak pernah slalu terdepan,

  5. Suzuki says:

    Coba Vixion dibuat DOHC pasti mantap, terus CCnya dinaik’in + desainnya dibuat motor sport buat selera anak sekarang pasti 2013 meningkat drastis,jauh deh ama sayap elang

  6. dave says:

    kalo soal motor makin laku ato ga laku,,
    jgn motor d,, mobil jg..
    1 pikiran saya,, makin macet.. :(
    mo kata lulus euro 10 jg,,
    kalo masi pake bbm tetep aja polusi kemana2,, imho.. cmiiw..

  7. Asys Fandi says:

    Yamaha kePDan….!!! makanya ambles….pernah saya email ke yamaha pusat tentang skep karbu Byson yg gampang baret…..tanggapannya cuma di suruh bawa ke BERES… bolak balik ke BERES g ada penyelsaian yg sifatnya tanggung jawab dr pihak produsen…! akhirnya byson saya JUAL….!!!

  8. redbike92 says:

    bisa kak mario
    cuma Yamaha harus ngeluarin motor yang wow
    atau rebranding produknya :D
    sama PDKT lagi ke konsumen :D

  9. apriantoblog says:

    kayanya bakal susul susulan, soalnya pernah baca di mana gitu baik yamaha maupun honda sama sama punya astra

    honda punya nama resmi astra honda motor
    sementara yamaha itu anak perusahaan dari astra toyota

    jadi yah strategi dan lain lain bisa jadi saling kong kalikong

  10. Andre4 says:

    Sulit bg Yamaha, soale skrg Honda g mau lengah lagi.

  11. MWDS says:

    dulunya kepingin vixi……!!!
    tapi kemudian kepingin satria……!!!
    eh sekarang malah kepingin teralis……!!!

    aneh betul keinginanku…..!!!

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s