Arbain Nawawi : Hadits 2 – Iman, Islam, dan Ihsan

Bismillah.
Hadis Arbain Nawawi kan sangat populer, dan telah di-syarah Ulama2 besar, dari jaman dulu sampe sekarang.
Saya ini ndak punya ilmu yang mumpuni, bakat yg hebat, atau pemahaman kuat..tentunya bukan apa2 dibanding mereka. Oleh karena itu, disini saya ga berniat men-syarah seperti mereka. Saya cuma mau menulis point2 singkat yg ditangkap pikiran saya dari membaca penjelasan Ulama2 trsebut. Boleh ya?
Kalo ada yg keliru terimakasih bila diingatkan.
Kalo benar, itu semata dari Allah.

mari simak Hadis kedua..

Dari Umar radhiallahuanhu juga dia berkata : Ketika kami duduk-duduk disisi Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam suatu hari tiba-tiba datanglah seorang laki-laki yang mengenakan baju yang sangat putih dan berambut sangat hitam, tidak tampak padanya bekas-bekas perjalanan jauh dan tidak ada seorangpun diantara kami yang mengenalnya. Hingga kemudian dia duduk dihadapan Nabi lalu menempelkan kedua lututnya kepada kepada lututnya (Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam) seraya berkata: “ Ya Muhammad, beritahukan aku tentang Islam ?”, maka bersabdalah Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam : “ Islam adalah engkau bersaksi bahwa tidak ada Ilah (Tuhan yang disembah) selain Allah, dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, engkau mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan pergi haji jika mampu “, kemudian dia berkata: “ anda benar “. Kami semua heran, dia yang bertanya dia pula yang  membenarkan. Kemudian dia bertanya lagi: “ Beritahukan aku tentang Iman “. Lalu beliau bersabda: “ Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk “, kemudian dia berkata: “ anda benar“.  Kemudian dia berkata lagi: “ Beritahukan aku tentang ihsan “. Lalu beliau bersabda: “ Ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatnya, jika engkau tidak melihatnya maka Dia melihat engkau” . Kemudian dia berkata: “ Beritahukan aku tentang hari kiamat (kapan kejadiannya)”. Beliau bersabda: “ Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya “. Dia berkata:  “ Beritahukan aku tentang tanda-tandanya “, beliau bersabda:  “ Jika seorang hamba melahirkan tuannya dan jika engkau melihat seorang bertelanjang kaki dan dada, miskin dan penggembala domba, (kemudian)  berlomba-lomba meninggikan bangunannya “, kemudian orang itu berlalu dan aku berdiam sebentar. Kemudian beliau (Rasulullah) bertanya: “ Tahukah engkau siapa yang bertanya ?”. aku berkata: “ Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui “. Beliau bersabda: “ Dia adalah Jibril yang datang kepada kalian (bermaksud) mengajarkan agama kalian “.

(Riwayat Muslim)

Sedikit tanggapan:

menurut saya ada 2 hal yg dikandung dari hadist mashur ini, yaitu pokok2 islam dan tanda kiamat.

Pokok2 islam sendiri ada 3 macam yaitu
1. Iman
2.Islam
3.Ihsan
Dalam hadis ini diterangkan rukun iman dan islam, dan definisi ihsan..Tidak sempurna iman seorang bila belum mengimani semua enam rukunnya, dan tidak sempurna islam seorang jika belum menyempurnakan seluruh rukunnya (semampunya). Sedangkan definisi Ihsan yaituberibadah atau berbuat baik seakan kita selalu diawasi Allah. Tentunya butuh derajat yang tinggi untuk dapat ‘melihat’ Allah, tetapi kalaupun belum sanggup cukuplah kita yakin Dia selalu melihat kita.

Sedangkan (diantara) pertanda2 kiamat yg disebut Rasul disini adalah:
*Budak perempuan yg hamil oleh majikannya
*Gembala kambing ygberlomba meninggikan rumah. mereka tdk beralas kaki berpakaian jelek lagi miskin.

Pesan dari hadis ini : mari beramal dan beribadah seakan kita diawasi Allah, dengan begitu kita akan malu bila lalai, atau paling tidak, takut bila akan maksiat..
sedikit saran pula dg mencontoh rasul, Kalau kita tidak tahu ttg suatu hal jawab saja tidak tahu dengan santun, jangan berspekulasi (kecuali diminta, hehe) atau ngawur ( menyesatkan, bung..). Contohlah rasul yg kalimatnya sangat baik, ” yg ditanya tidak lebih tau dari yg bertanya..”

Demikian yg bisa sy mengerti..

2 thoughts on “Arbain Nawawi : Hadits 2 – Iman, Islam, dan Ihsan

  1. M. Kurtubi says:

    Terima kasih sudah mampir ke pondok saya

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s