Melihat laba-laba memintal sarang !

Barusan saya mendapat pengalaman menarik: 30menit melihat laba-laba memintal sarang !. Ceritanya kebetulan pas lagi nunggu kerjaan selesei, duduk-duduk..eh, gak taunya didekat saya ada laba-laba yg bergerak-gerak aneh. Menarik sekali, karena saya belumpernah menyaksikan tahu sebelumnya.

Mulai dari melekatkan  4-5 penjuru, memintal 18-20 tali pancang utama yg berpusat ditengah, kemudian memulai berputar2 membuat jalinan seperti obat nyamuk, melompat dari satu tiang pancang ke tiang pancang lain, berbalik arah, sampai lingkaran terakhir selesai dan dia diam bertahta ditengah sembari menunggu mangsa.. 🙂 ngaso dulu ah capek, hehe

Ada seekor ngengat kecil yang mengganggunya mulai dari awal sampai akhir dengan terbang didekatnya tapi tak dia pedulikan hehe. Si pengganggu juga sempat menempelkan diri ke sarang yg blm jadi, saat tak pikir sudah terperangkap, eh lepas lagi.. Usil dia. Tapi si laba-laba seakan mau menjawab lamunan saya : ” belum rejekinya, mas..” hehe.

Saya mengagumi detail geometrisnya, saya mengagumi otaknya, lincahnya, ketekunannya, kakinya yang melepas dan menempel seperti menyulam, juga ‘benang’ yang dia gunakan.. Dan terutama saya mengagumi alangkah Maha hebatnya Allah yang mencipta laba2..
Dikepala saya terbayang, dengan otak sekecil itu, sungguh luar biasa apa yg bisa dikerjakan laba-laba.. Saya tidak tahu teori evolusi benar atau tidak, tapi saya sempat terpikir, laba-laba dapat membuat karya seni yang indah tersebut atas ilham dari Allah.. SubhanaLlah..
Yang saya tak habis pikir juga, bagaimana kakinya bergerak cepat dan tak lengket, sedangkan semua benda lain menempel kepada sarang itu.
lagi-lagi subhanallah..
Pun bagaimana dengan sedikit makanan dapat diproses menjadi benang yang bermeter-meter itu.. bagaimana tabung reaksi kimia didalam perutnya.. juga mekanisme gunting di anusnya yang tau dengan akurat kapan waktu memutus dan kapan waktunya tidak memutus..Subhanallah

Tentunya kalo bukan karena petunjuk Allah, tidak mungkin terjadi..

Coba cari di Google jawabnya tapi kurang memuaskan..

Jadi ingin nyari di quran tentang laba-laba,

Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui. (Al-Ankabut 41)
Saat Rasulullah dan Abu Bakar sudah sampai ke gua , maka beliau bersama Abu Bakar masuk kedalamnya, lalu datanglah seekor laba-laba dan sepasang burung merpati ke mulut gua atas perintah Allah Ta’ala. Adapun laba-laba maka dia langsung membuat rumah di mulut gua, sedangkan burung merpati segera membuat sarang dan bertelur disitu. Maka tatkala para pemuda Quraisy yang sedang kebingunagn karena kehilangan jejak beliau sudah sampai ke dekat gua, maka salah seorang diantara mereka pergi mendekat, akan tetapi karena melihat dimulut gua ada rumah laba-laba yang belum rusak dan burung merpati yang sedang bertelur, maka dia pun balik dan tidak melihat kedalam gua. Tatkala teman-temannya menanyakan :” Kenapa kok tidak melihat kedalam gua ? maka dia menjawab : Ada seekor laba-laba dan sepasang burung merpati di mulut gua, saya yakin tidak ada siapa-siapa didalamnya.”( HR Thabrani, Bazzar,dan  Baihaqi).
Mungkin memang rumah laba2 paling lemah, tetapi melihat arsitektur pembuatannya sudah menakjubkan dan membuat kita mengagumi Allah, apalagi hewan ini ikut andil melindungi Nabi..Wallahu’alam.
Monggo dishare..

10 thoughts on “Melihat laba-laba memintal sarang !

  1. vixy182 says:

    bener bro salah satu pelindung ni hewan waktu dlm goa…

    • menurut hadis ini begitu bro..
      cuma ada beberapa ulama hadis yg menyatakan hadisnya dhaif, atau bahkan palsu, wallahu ‘alam bro.. kita baik sangka aja sama hewan tersebut.. 🙂

  2. uungferi says:

    asikkkk safety dong

  3. bimo96 says:

    makhluk yg paling indah… aku suka liat laba laba tp gak berani pegang 😀

    • kok bisa indah mas?
      kalo soal pegeng emang kudu ati2.. biasanya menggigit, dan beberapa spesies, misalnya ‘black widow’ yg perutnya ada tutul merah, itu racunnya mematikan.. 😦

  4. Dr.Feelgood says:

    salah satu tanda kekuasan dan kebesaran Alloh SWT

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s