Biker newbie mau sharing pendapat nih..
Mengenai prinsip sederhana dalam berkendara biar aman tenterem gemah ripah loh jinawi.
ini sekedar dari pengalaman saya pribadi, jadi mungkin masih jauh dari sempurna
Menurut saya ada beberapa prinsip berkendara.
1. Fokus pikiran.
yang saya maksudkan adalah menjaga pikiran kita agar tetap konsen mikir jalan yang sedang dilalui.
Kalo yg ahli sofware : ditinggal dulu softwarenya, konsen dg perjalanan
Kalo yg mau meeting: mikir miting nya ntar dulu, konsen dg perjalanan
Yg banyak utang: cepet dibayar! tapi kalo di jalan ya konsen dulu dg jalan 🙂
Yg mau nikah :dipikir kalo nyampe rumah,sekarang konsen jalan dulu
2. Jarak pandang.
Syaratnya adalah upayakan pandangan mata selalu jelas tentang lingkungan di depan . Hal ini sangat penting..
Yg terhalang truk –> cari posisi yang terang, tidak terhalang pandangan kedepan
Yg ditikungan –> kalau tdk bisa melihat kondisi sekitar tikungan, jangan nyalip dulu
Tidak familiar dg suatu jalan–>pelan2, siapa tau ada batu,lubang, atau bahkan sapi ditengah jalan!
Kalo terhalang cewek cakep –> pandangan ke depan lebih penting!
(meski dibelakang ada cewek cakep, pandangan tetep ke depan)
apalagi kalau malam hari, usahakan lampu terang dan tidak memakai kacamata/visor gelap
Jangan salah pilih kacamata masbro..
(kacamata yg tidak lazim buat motor)
3. Skill pengendara.
Sebenernya ngebut tuh boleh2 saja, asal skill untuk mengendalikan motor saat kecepatan tinggi tuh mumpuni.
Skill menikung, skill mengerem, skill overtaking, dsb..
jangan asal betot gas aja tapi belum “tatag” skill diatas, anak kecil juga bisa kalo cuman betot gas..
Ungkapan yang baik adalah “ hal penting itu Bukan seberapa cepat kita bisa melaju, tapi sampai seberapa cepat kita masih mampu mengendalikan motor “..
4. Kenali motor anda.
Ini juga tak kalah penting..
Kalo rem tipis -> jangan ambil jarak terlalu dekat
Kalo rante kendor -> jangan ugal2an
Kalo ban alus -> jangan ngebut pas ujan..
Mungkin penting juga bahwa kalo kita biasa bawa motor laki trus makai bebek/matik, maka pelan2 dulu, pastikan nyaman dgnya. karena biasanya pengendalian terbaik datang dari kendaraan yg sudah dikenal akrab.. hehe
(mengenali motor tidak harus tidur bareng motor..)
5. Jangan lupa baca doa.
.
PiJaKKan Doa ->Pikiran, jarak, Kemampuan/skill, kenali, Doa.
Menurut saya 4langkah diatas termasuk upaya kita biar selamat, dan kita berdoa minta keselamatan. Tapi yang menentukan semuanya tetap Allah saja.. KepadaNya kita kembalikan semua urusan..
Demikian yang saya tau, untuk para biker senior mohon pencerahan /tambahan kalo ada yag kurang.. maturnuwun.
“Hal penting itu Bukan seberapa cepat kita bisa melaju, tapi sampai seberapa cepat kita masih mampu mengendalikan motor “..
monggo dishare..
nice info…
pengalaman saya yg newbie kang,, piye tangkinya wis ora bocor? 🙂
udah sih.
Moga2 gak lagi deh..
iyo, perlu dicari penyebabnya biar gak terulang lagi..
kolo motor2 dulu yg sering bocor GL atau mp lawas.. bbrp temen ane mengalaminya.. 🙂
kalo liat cewek cakep itu yg berat godaanx bro…apalagi pke rok mini
hehe.. tampaknya kodrat manusiawi yo mas.. 🙂
tapi pokok gak terus noleh sampe lali ngarep gak apa lah.. 😛
ha ha kok bisa kau nemu foto gini??? ha ha ha 😀
yg mana, yisha? 🙂
Bagi saya, ngebut itu tetep ga boleh bro.. karena menurut persepsi, ngebut berarti sudah melewati batas kecepatan yang di tentukan.
Lain dari pada itu, kita jangan lupa, selain SKILL masih ada 2 point penting lagi dalam keselamatan berkendara. Yaitu RULES dan ATTITUDE. karena tanpa dua hal itu, Skill kita malah akan menjadi bumerang bagi kita. Justru SKILL berada di urutan terakhir dalam point penting keselamatan berkendara.
Anyway, good share bro!
http://motorbiru.wordpress.com
maturnuwun tambahannya,,
anak muda kebanyakan gak mikir dua hal itu yo mas… 😛
Hihi.. untung saya udah tua..
*lanjut nonton doraemon
anak muda maunya asal kebut2an aza
bapak2 ditempat ane jg ada yg suka doraemon…
😛
bener2.. selain itu juga keberuntungan(ini yang susah) wakakakk lets ride bro..
keberuntungan tuh bukan kita yg ngatur yo mas..
yg kita bisacuma upaya (hati2.dsb), serta berdoa (no 5). setelah itu ya bukan kita yg ngatur.. hehehe 🙂
apik apik apik
maturnuwun pak,,
nik numpak jaran temenan piye prinsipe pak?
wis podo, cuma nek jaran kudu punya taste lebih yaitu ngerti insting jaran, ex jaran lanang pas musim kawin, kudu lebih ati2 nek ketemu jaran prawan, arep takon opo meneh? prinsipe jaran-jaranan? xixixiiii wis gedhe ngerti dw
hehehe..
maturnuwun, mugo2 (jaran-jaranan) ora luwih angel tinimbang numpak jaran tenanan.. 🙂
bener banget neh, g berani ngebut klo pake motor temen yg blm tau kondisi motornya..
sependapat 🙂
ASIKKKK NICE NICE
maturnuwun mas..
gambarnya bikin ngakak…. jangan suka nidurin motor yah… 🙄
ngangkat motor ke tempat tidur tentunya gak gampang yo ?
😛
Wahaha… bener juga mas prinsip – prinsipnya… Tempo hari pas baru ganti velg belakang, rem cakram belakang agak ngeblong. Untung pas nggak lagi ketemu ama yang ginian.
rem memang perlu dicek selalu, tapi biasanya kalo posisi dipotong dijalan raya memang susah dihindari.. 🙂
setuju, pertamax gan hehe…. 😀
🙂
thanks
mantab bro.. 😀
sekedar sharing bro 😛
hahaha sorry baru comment
jangan lupa bro kalau mau pergi motor dicek dlu, lampu, sein, klakson, ama rantai. Kalau sempet dipanasi hehehe.
Ya, rantai mmg penting( gbr no8)
thanks bro..
sip
maturnuwun 🙂
pelan asal selamat
pelan lebih dekat dg selamat, tapi tidak menjamin kok mas..
sy pernah pelan, tapi ditabrak dari dpn karn yg nabrak gak pake lampu pas malam, trus ugal2an..
Betul Mz.Bro yg berat itu goda’aan nya di jalan.
Btw gbr terakhir itu foto Ente yah? Cie2 motor baru nie ==> makan2 😀
bukan kang, tuh google.com punya.
ane vixie rider and masih setia, hehe 🙂
tapi makan2 boleh kok, kapan ?
kalo lagi ngebut..otomatis fokus kedepan terus…
tp kalo lg jalan2 biasa….kiri kanan ada cwe..biasanya kepala refleks toleh kanan toleh kiri wkwkwkwk
asal gantian gak apa..
kekiri terus kalo urat tertarik gimana
kayake janjian dulu nich ama artikel saya 😆
http://areeya2.wordpress.com/2012/02/02/sedikit-tips-tentang-berkendara/#comment-2213
gak podo persis kok mas..
punya saya kan newbie, jadinya saya angkat topi untuk artikel sampean,, 😀