Arbain Nawawi : Hadits 5 – Perbuatan Tanpa Contoh.

Bismillah.
Hadis Arbain Nawawi kan sangat populer, dan telah di-syarah Ulama2 besar, dari jaman dulu sampe sekarang.
Saya ini ndak punya ilmu yang mumpuni, bakat yg hebat, atau pemahaman kuat..tentunya bukan apa2 dibanding mereka. Oleh karena itu, disini saya ga berniat men-syarah seperti mereka. Saya cuma mau menulis point2 singkat yg ditangkap pikiran saya dari membaca penjelasan Ulama2 trsebut. Boleh ya?
Kalo ada yg keliru terimakasih bila diingatkan.
Kalo benar, itu semata dari Allah.

mari mengkaji  Hadis kelima..

عَنْ أُمِّ الْمُؤْمِنِيْنَ أُمِّ عَبْدِ اللهِ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ : قَالَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم : مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ  رَدٌّ.   [رواه البخاري ومسلم وفي رواية لمسلم : مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ ]

Dari Ummul Mu’minin; Ummu Abdillah; Aisyah radhiallahuanha dia berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Siapa yang mengada-ada dalam urusan (agama) kami ini yang bukan (berasal) darinya), maka dia tertolak. (Riwayat Bukhori dan Muslim),
dalam riwayat Muslim disebutkan: siapa yang melakukan suatu perbuatan (ibadah) yang bukan urusan (agama) kami, maka dia tertolak.

Ringkasan :
Pada Dasarnya hadis ini mengisyaratkan bahwa Islam itu sudah sempurna.
Barangsiapa menambah amal yang tidak sesuai apa yg dicontohkan Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam, maka perbuatan tersebut tidak diterima disisi Allah.
Syarat suatu perbuatan diterima sebagai amal soleh itu ada dua :
1. Diniatkan karena Allah (ikhlas), dan
2. Sesuai tuntunan Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam.

Tentang sesuatu perbuatan itu apakah telah sesuai ajaran Nabi atau tidak, harap dikembalikan kepada para Ulama, karena mengambil hukum dari pendapat sendiri tidaklah  sejalan dg Ahlus Sunnah..


Sembarang menuduh bidah juga tidaklah benar.. yang lebih selamat adalah mari merujuk Ulama karena merekalah pewaris para nabi.

Demikian , monggo..

24 thoughts on “Arbain Nawawi : Hadits 5 – Perbuatan Tanpa Contoh.

  1. Bonsai Biker says:

    Bid’ah adalah inovasi, temuan baru, بدعة atau إبدع sering digunakan alam banyak hal termasuk penemuan baru sejarah, penemuan baru bidang tehnologi termasu juga penemuan baru bidang agama, maka karena agama islam sudah sempurna jadilah istilah bidah dalam agama dilarang bagi yang meyakininya itu sebagai bid’ah. Kalau nggak yakin itu bi’ah, wallahu a’lam!

    • tanpa penemuan, tentunya dunia jadi sepi.
      tapi mungkin yg dimaksud adalah hal ibadah/ akhirat, krn dlm hadis ini disebutkan ttg diterima/tidaknya amal (ibadah).
      kalo ttg dunia sih menurut saya inovasi itu perlu dan tak bisa dicegah krn kodratnya manusia itu selalu berkembang/ punya ambisi, jadi boleh saja.. malaikat tdk punya..
      itu menurut saya .. Wallahu’alam

  2. setuju mas
    fitnah fitnahan itu tidak baik hehe

  3. Bonsai Biker says:

    menariknya di Indonesia orang yang kdang mendengungkan sendiri Bid’ah tapi malah tanpa sadar melaksanakan Bid’ah. Contoh kasus seorang khatib dulunya mondok lalu kuliah di Lipia lalu ada yang kuliah ke ummul quro makah, saat lulus jadilah ikut faham Sunni Arab atau wahabi tepatnya. Nah asanya mau wahabi tapi kebiasannya tetap nu. Setelah jadi Khtib awalnya selalu membacar hadits : وكل بدعة ضلالة، وكل ضلالة في النار. “setiap bidah itu sesat dan setiap kesesatan masuk neraka” nah anehnya usai khutbah sang khotibini baca ayat di bawah ini, Lupa aku suratapa dan ayat ke berapa:
    …..عباد الله إنالله يأمر بالعدل والإحسان ……..dst Padahal nabi tak pernah mengajarkan hal ini. Ini adalah penemuan baru khalifah umar bin abdul aziz. Dulu Aliran Syiah pengikut Ali dan sunni pengikut bani umayyah selalu saling mengkafirkan ketika khutbah. Na masa khalifah umar bin ab. aziz, bukan umar bin khotob ya, dua kelompok ini didamaikan, dan kebiaaan saling hujat diakhir khutbah diganti dengan ayat di atas untuk perdamaian. Orang Nu setiap akhir khutbah selalu baca nih ayat. Muhammadiyah biasanya nggak, nah muhammdNU wekekekek campur aduk

  4. Bonsai Biker says:

    like dulu ahhhhhhh

  5. anisayu says:

    kusuka artikel ini 🙂

  6. Bonsai Biker says:

    wah nyepang gan komenku

  7. Wahidun says:

    Kunjungan perdana ni gan, salam kenal ya

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s