Cerita Nenek Tua.

Alkisah, pada zaman dulu di daratan Tiongkok, diceritakan oleh seorang sastrawan besar bernama Li Bai, yang berkisah tentang pengalaman dirinya di masa kecil. Pengalaman itu mampu merubah mindset atau pola pikirnya. Inilah kisahnya…Seorang bocah kecil tinggal di sebuah desa dengan kenakalan dan kebandelannya. Anak ini sering tidak mengikuti pelajaran membaca dan menulis yang seharusnya dia ikuti. Dia lebih menyukai bermain-main, berkelana menyusuri jalanan desa dan tepian sungai.

Suatu hari di tepian sungai, dia melihat seorang nenek sedang melakukan kegiatan yang berulang-ulang dilakukan. Sampai beberapa hari dia melintas di sana, si nenek tetap melakukan kegiatan yang sama. Hal itu menimbulkan keingintahuan si anak. Maka terjadilah dialog sebagai berikut:
“Nek beberapa hari ini saya melihat nenek melakukan hal yang sama terus menerus! Sebenarnya nenek sedang melakukan apa sih?”
Sambil tersenyum, nenek pun menjawab, “Nenek sedang menggosok besi batangan ini, Nak.”

“Untuk apa nenek menggosok besi batangan itu?” jawab si bocah.

“Nenek menggosok besi batangan ini untuk dijadikan sebatang jarum!”

“Wah! Mana mungkin Nek, besi batangan sebesar ini bisa digosok menjadi jarum?”

Nenek menatap ke arah muka si bocah dan menjawab dengan tegas, “Selama kita memiliki kemauan dan kesabaran, selama kita memiliki keteguhan, keyakinan, dan keuletan, besi batangan ini bila digosok terus menerus suatu hari nanti pasti akan menjadi jarum!”

Si anak terhenyak mendengar jawaban nenek. Peristiwa ini terekam begitu dalam di benak si anak, mengubah sikap mentalnya dan menjadi seorang pelajar yang rajin belajar, disiplin, ulet. Dan setelah dewasa si anak menjadi sastrawan yang terkenal dan kata-kata mutiara ini menjadi sangat populer sampai hari ini. (andrie wongso)

Apa yang bisa kita pelajari dari ilustrasi di atas?
Nenek yang teguh beikhtiar..
keyakinan yang kukuh kadang menjadi energi ajaib untuk melakukan sesuatu yg terlihat sulit.. (akan lebih sempurna bila keyakinan bhw keberhasilannya adalah atas rahmat Allah 😀 )

Lepas dari kontroversi2 cerita (misalnya kenapa gak beli saja jarumnya, mengapa gak mengasah paku saja yg lebih kecil, dsb), pelajarannya adalah ttg keteguhan ikhtiar untuk mencapai suatu tujuan.
Bagaimana pandangan yang lainnya? monggo..

8 thoughts on “Cerita Nenek Tua.

  1. Bonsai Biker says:

    manggut-anggut menyimak ulasan

  2. kata orang sedikit demi sedikit lama lama jadi bukit
    hehe

  3. Mohammad Shofie says:

    iling pilm Korea “The Way Home (Jibeuro) ceritanya ttg si cucu yg mbuethik n si nenek renta tuna wicara yg suabaaarr .. mrebes mili nonton pilm iki, terutama menjelang ending (T_T)
    http://www.imdb.com/title/tt0312841/

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s