Hanya Keajaiban Tuhan.

Bagi kebanyakan orang, keajaiban itu sering dilupakan. Siapa yang sering bicara keajaiban bisa jadi akan terkesan pemalas.. Singkatnya, keajaiban kerap dikacaukan dg teori ‘kurang ikhtiar’.

Wallahu’alam. Bagi saya sendiri, keajaiban adalah hal yg sangat penting..
Penting piye maksute kang?
Keajaiban itu melambangkan seberapa dalam kita mengingat dan kenal Tuhan. walahhh opo meneh iki

Tanpa mengurangi hormat kpd upaya, Keajaiban itu erat hubungannya dengan minta tolong kepada Tuhan, atau ingat bahwa hanya atas karuniaNya saja sesuatu akan berhasil.. imho
Buat kita manusia yg lemah, tentu upaya itu perlu.. berpangku tangan tak sesuai sunnah Nabi. Tetapi percaya dengan keajaiban Tuhan itu lebih penting dan perlu..
Orang yang menggantungkan pada upayanya saja, boleh jadi ia masih berhasil (karna sunatullah) tetapi sangat mungkin ia lupa akan Tuhan, kemudian berkoar ” Kalau bukan karena upaya saya, tidak mungkin bla..bla..blaa..
sedangkan ketika ia gagal mungkin sekali ia lupa dan putus asa.
Ahhh.. kurang apa aku ini, ahh Tuhan kok pelit.. ahh ini gara-gara si Anu ” dsb..

Sebaliknya, orang yg  selalu ingat keajaiban Tuhan sebelum berupaya, kalimatnya akan seperti ini disaat sukses
Kalau bukan karena diijinkan Tuhan terjadi, bahkan sehelai daun pun takkan jatuh ke bumi..
atau disaat keinginannya belum tercapai, ia akan berujar
Sekeras apapun aku berupaya, kalau belum diberi Tuhan takkan sampai ke tanganku.. Tuhan sayang aku, ada makna dibalik kegagalan ini, barangkali aku belum banyak sedekah. dsb..dsb..

Bukankah begitu jelas perbedaannya?

Kemarin saya sempat kehilangan semua surat berharga saya. STNK, SIM, KTP, ATM dll semua jadi satu. Biasanya benda2 itu saya simpan di saku jaket. sudah enam tahunan lebih begini..
Lha pas pulang kerja kok saya pegang saku jaket, benda itu tidak ada.
Saya periksa seluruh saku, masih raib…
yawes lah pulang dulu, ‘barangkali tertinggal dirumah‘, pikir saya.
Dalam perjalanan pun tangan saya memegang saku, masih nihil..
Dirumah, semua sudut saya periksa : belum ketemu
Saya sms minta tolong teman kerja mencari di kantor : setali tiga uang.
Kemudian dalam hati saya berguman ” ya kalau sudah takdir piye meneh. besok tak urus.. hikmahnya barangkali surat itu perlu saya taruh saja di tas ketika bekerja.. lain kali.. “. Intinya, saya terima nasib saya (dg sdikit ngenes tentunya 🙂 )

Kemudian saya ingat bahwa saya punya Tuhan, hati saya belum meminta tolong kepadaNya. rasa ridha saya mendului rasa butuh.. saya pun berdoa:
Ya Allah, sudah kucari semampuku, Engkau saksinya.. Aku butuh pertolonganMu. Kalau Engkau menghendaki, tiada yang mustahil.. aku tak ragu sedikitpun.. kalaupun memang aku kudu menerima ini, aku yakin ada baiknya buatku..
Nah tidak berselang lama, ketika saya ulang memegang saku jaket saya, Benda2 itu ada.. dengan jelas tangan saya menggenggamnya.. Subhanallah Walhamdulillah..

Penjelasan peristiwa itu gimana : ada dua kemungkinan..
1. Sebelum ditemukan, tangan saya kurang serius memegang saku jaket alias ketlisut.
2. Atas keajaiban Tuhan lah ia kembali..
Kebanyakan teman saya yang ikut mencari semua tak percaya kepada nomer dua. Mereka bilang tidak mungkin dan berbalik menuduh saya yang salah saat mencari..
tentu saya diam saja, lha saya kan sudah merepotkan mereka masak marah hehehe :mrgreen:
Wallahu alam

Catatan kecil :

Semua yang terjadi itu atas izin Tuhan.. baik kita berupaya atau tidak.
Kalaupun kita menganggap itu terjadi atas kerasnya ikhtiar kita, hal ini ada benarnya.
Tetapi alangkah baiknya kalau kita tak lupa bahwa itupun atas campur tangan Tuhan.

Kalau dalam bahasa saya meminjam istilah lagu Qasidah Cinta:
” Hanya Keajaiban Tuhan yang bisa..”

Sampean percaya akan Keajaiban? InsyaAllah saya percaya…

Demikian. Monggo dishare.. (gianluigimario)

Advertisements

28 thoughts on “Hanya Keajaiban Tuhan.

  1. pengalaman yang mengesankan .. meski no 1 yg paling bnyk dianggap benar, tp sy suka kemungkinan nomer 2 .. sekali2 merasakan keajaiban itu perlu (meski sbnrnya itu trjadi tiap hari)

  2. Sang says:

    Di dunia ini tak ada yang mustahil karena ada Tuhan, Klo masalah Keajaiban atau kekuasaan Nya, wes gak bisa komentar hanya bisa omong “Subhanallah…”

  3. gogo says:

    betul, bener keajaiban yg sering dialami umatnya. jd teringat pas dompet hilang dijalan, selang beberapa menit ada nmor asing telpun, ane angkat ternyata orang yg nemu dompet ane dan minta ketmuan buat mbalikin…

    • sy kmarin pun brpikiran begitu
      barangkali kalo jatuh dijalan, Allah menolong lewat seorang penemu..
      ini namanya nggak berputus asa atas Rahmat Allah.. 🙂

      thanks

  4. Redbike92 says:

    saya pernah baca buku mas
    katanya kadang manusia itu sulit membedakan mana berkat umum mana berkat khusus dari YME 😀
    tak pikir2 bener juga ya hehe

  5. nanared says:

    yup,selalu dibarengi antara usaha dan tawakkal,sayangnya kadang kita melupakan sang pencipta dalam tiap usaha mas
    like this banget

  6. nanared says:

    Subhanallah wal hamdulillah
    hanya itu yang bisa terucap bro,ingat
    La Haula Wa La Quwata Illa Billah

  7. bimo96 says:

    subhanallah unik banget sungai di dalam laut

  8. Aneh tapi nyata… Allohuakbar

  9. Dr.Feelgood says:

    Assalamualaikum wr.wb. kumaha damang mas gian hehe, aduh maaf neh, baru muncul kembali saya neh mas. lgi sibuk2nya kerjaan kantor dibawa kerumah xixix. 😀
    komen mas gian di blog saya sudah dikeluarin dari askimet. mf ya mas 😦
    _______________________________________________________
    itulah tanda2 kekuasan Alloh SWT, kita harus senantiasa mengingat dan bertaqwa kepadaNya.

    • wlkmslm warahamah,, iyo ane heran sampean kok gak muncul, apa mau ganti blog lagi (kayak dulu)
      Alhamdulillah..
      makasih sudah berkunjung.. ane jadi plong.
      kwtirnya kyk bro gogo kmrin dpt musibah, tangannya patah

      • Dr.Feelgood says:

        hehehe, wah mas gian kangen yah ma ane wkwkwkw :mrgreen: hehe ah masa ganti blog lagi cape ah nyeting2nya mas xixix.
        klo blog nya mas gian psti selalu ane kungjungi selalu, karena disini saya dapet ilmu agama yg benar2 bermanfaat bagi diri pribadi saya tentunya hehe.
        engk lah mas, cuman sibuk kerjaan doang ko.

      • syukur kalau begitu.. saya juga masih belajar, kok mas..
        tapi denger kabar sampean baik aja ane sudah seneng, insyaAllah 🙂

  10. tovavanjava says:

    Allahu Akbar… 🙂

    *bro..ane boleh belajar agama g,sama ente.. 🙂

    • Subhanallah,,
      * bisa aja kang ,sampean..yg ilmunya mantabz tuh kang bons atau mas triyanto, dan banyak yg lainnya.. 🙂
      kalau saya sih blm apa2, masih perlu bnyk belajar, mas.. 🙂
      bahkan saya minder sama mas..

      tapi kalau sama2 belajar, bolehlah, mari bareng-bareng,, 😛

  11. Hourex150L says:

    setuju Mas,, tiada yg kebetulan di dunia ini.. Karena segala yang terjadi di muka bumi ini (bergeraknya pasir di pantai-gugurnya daun kering di tengah rimba) hanya karena Kehendak Dari Allah Swt.

  12. Skipz says:

    Bagi ALLAH SWT semua keajaiban tidak ada yg mustahil..

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s