Menjadi kiper futsal..

Pernah main futsal ??
Hampir setiap pekan saya tak absen bermain..

Futsal termasuk olahraga yang lumayan baru, kalau nggak keliru tahun 2002~2003 mulai ada, di surabaya khususnya. Pertama kali main tuh di Kenjeran Park arena.
Kalau sampean suka sepakbola, hampir pasti akan menyukai futsal pula🙂 .
Saya kurang faham betul  seperti apa definisi futsal, tentu banyak yang lebih ahli, namun menurut pendapat awam saya perbedaan pokoknya dengan sepakbola adalah :
Lapangannya lebih kecil, indoor, dari rumput sintetis biasanya
Pemainnya cuman 5, sepakbola kan 11
Bolanya sedikit berbeda, ukuran atau pantulannya cmiiw
Aturan mainnya sedikit berbeda (tapi gak apal🙂 )


Main sepakbola ataupun futsal, saya hanya bisa satu posisi saja : Penjaga Gawang. Meski secara fisik saya kurang memadai (165cm-46kg) namun, saya suka dengan peran saya. Memang sudah lama sekali nggak main sepakbola akhir2 ini, seringnya cuman mutsal namun saya lebih suka menjadi kiper futsal dibanding kiper lapangan besar.
Alasannya :
– lapangannya lebih enak buat jatuh😛
– bolanya tidak terlampau keras
– ukuran gawang lebih kecil

Namun ada pula kekurangan jadi kiper futsal, yaitu :
– Tendangannya kebanyakan jarak dekat👿
– Lebih banyak lari
– Lebih menguras stamina

Penjaga gawang adalah posisi yang paling dibenci orang, setahu saya.. Mungkin karena mereka tidak bisa mengeksplorasi (atau pamer😀 ) skill ,dan banyak menderita (jadi sasaran tendangan keras). Satu sebab lagi yaitu penjaga gawang biasanya pertama kali disalahkan kalau kalah.. (padahal kebobolan bukan hanya salah kiper😈 ). Maka sekali berdiri jadi kiper, biasanya tidak ada yang mau ngganti (kecuali dipaksa😀 )

Tapi saya menikmati sekali menjadi penjaga gawang. Sejak SD dan SMP ini favorit saya, meski saya tak cemerlang2 amat, teman-teman saya tahu posisi yang saya inginkan.. Tanya kenapa suka? hehe jawaban jujur nya adalah karena saya gak berbakat jadi pemain.. saya gak punya skill, kecepatan berlari, dan akurasi tembakan saya payah .. Nah kalau di bawah mistar gawang kan nggak kentara, hahaha😆

Penjaga gawang itu tugasnya mulia (❓ ) sebab menurut saya mereka itu orang yang nriman dan sabar hahaha.
Gimana gak nriman, lha di kena bola di wajah pun masih senyum.. hehe
Kok sabar ? ya kan pikirannya hanya berniat mengamankan gawang, tidak ada niat lain🙂 itulah yang buat saya cinta posisi ini🙂

Ohya, kan nggak punya skill, speed, dan akurasi terus modal saya apa?
Untuk pertanyaan ini jawaban saya simpel : “dedikasi..”
Kalau pemain lain mempercayai saya, maka saya akan all-out, saya tak akan menghindari bola, dan selama saya bisa sekeras apapun tembakan yang menuju gawang akan saya hentikan. (kalau saya bisa:mrgreen: )

Selain manfaat, jadi kiper futsal ada gak enaknya. Sesudah bertanding, rasanya badan mirip baru jatuh dari motor. Tangan dan kaki lecet2, kadang bibir berdarah, dan sering keseleo sehingga perlu pijet. Selang sehari kemudian, sekujur tubuh kaku banget, sukar digerakkan hehe. Kalo nggak istirahat cukup, hampir pasti kepala bakal pusing😦 .

Meskipun demikian, apapun alasannya, pemain yang suka futsal pasti gak akan jera dan selalu ingin main lagi..  ‘Kapok lombok’ istilahnya.:mrgreen:

Nah, itulah olahraga kesukaan saya.
Apa posisi kesukaan sampean ?
monggo… (gianluigimario)

45 thoughts on “Menjadi kiper futsal..

  1. redbike92 says:

    karena ane pemalas
    enak jadi penonton hehehe😀

  2. gogo says:

    kiper jagoan ternyata.. he, tp katanya sehatan main bola di lapangan rumput terbuka..

  3. Ari CX Rider says:

    tp lebih enak jadi kiper lapangan gede. Haha

  4. ya2kzzz says:

    dedikasi tinggi ciri pemimpin masa depan..mangtaafff…dimulai dari hal2 kecil..🙂

  5. sama,ane kiper futsal juga,dulunya main kiper lapangan besar..

  6. saya juga dulu kiper xixixi

  7. vixy182 says:

    posi2 kiper ya bro🙂 saya dulu suka main di sayap klo di lpangn gede…tp skrg ga prnh main lagi…dah ngos2an napas🙂

  8. Dismas says:

    Weh, ati – ati masbro. Futsal termasuk olahraga keras, hehehe😀

  9. Dr.Feelgood says:

    tpi enak mas klo maen sepak bola dilapangan futsal, kita jadi gk terlalu cepat ngos ngosan hehehe😀

    • hehe.. bukan sebaliknya 🙂

      • Dr.Feelgood says:

        loh ko sebaliknya heheh, kan lapangannya gk terlalu luas, jadi lari buat ngejar bolanya pun gk terlalu jauh2 amat hehehe

      • tapi menurut pengalaman, yang jauh dari bola (kalo lap besar) bisa santai.
        kalo futsal kudu ikut menutup pergerakan pemain lain, karena lapangannya itu sempit, lawannya selalu bergerak maka dia juga ikut agresif terus.. imho..🙂
        cuma pendapat saya, sih😉

  10. zakarias says:

    saya juga kiper mas bro tapi d lapang bola normal(antar kampung paling tinggi turnamen tingkat kabupaten)
    penah jadi penyerng tapi gx punya skill n kcepatn jai kembali ke asal.
    tapi kalo main futsal jadi penyerang bro, coz gax bisa jadi kiper futsal takut ama tendang jarak dekat, bola yang berat dan permainan yang keras . kalok di lapang besar tendangan jarak dekat relatif danantisipasi mudah

    • thanks mas..
      mmg futsal tuh kbnyakan jarak dekat. tangan saya pernah cedera sampe gak bisa pegang ciduk air beberapahari.. futsal mmg kudu ati2, tembakan ke gwng jauh lebih banyak, makanya skornya biasanya lebih rame gol..🙂

  11. Anonymous says:

    kl suting kuat” smua kl jarak dket..hehehe

  12. didot says:

    jadi kiper emang pasti sakit bro, gue pernah ngalamin telunjuk tangan kiri geser sampe kayak huruf S gara gara pas nangkep bola yang mantulnya aneh (faktor lapangan sih hehe)
    Kalo biru biru sama berdarah mah biasa haha.
    Yang jelas jadi kiper itu beda, menggagalkan peluang orang lebih keren daripada ngegolin imho

  13. Agan-agan & Sista-sista,, ada kuis MENARIK nii !!!
    BAGI-BAGI JERSEY ORIGINAL GRATIS LHOOOO…!!
    ini kuisnya:
    klik aja link ini:
    http://www.tempatfutsal.com/index.php

    GEBYAR EURO 2012
    http://www.tempatfutsal .com bagi-bagi 25 jersey original negara-negara peserta euro “GRATIS”!!
    Ayo Tebak siapa pemegang tropi EURO 2012??
    MENANGKAN 25 JERSEY ORIGINAL NEGARA PESERTA EURO 2012

    INI BENERAAAAANNNN GAAAANNNN & SIIISSSSTTT !!!

  14. Rama says:

    postingnya bener benr menginspirasi bro…
    jadi tambah pd jadi kiper nih😀
    walaupun banyak yg ga suka jadi kiper,
    tapi saya sering tukar posisi juga jadi penyerang 😀

  15. wempy says:

    Ane jga dlu kiper futsal.. cuma skrg udh berenti, pengen main lg cuma msh agak trauma jari bengkak gede pas dipijit sampe nangis”, seminggu bru sembuh..😦

  16. sama……aku aja da umur 40 masih jga di percaya menjadi kieper futsal….sepak bolapun jadi kieper sekarang

  17. Anonymous says:

    pengalaman

  18. M.Fajar.N says:

    Jadi pelatih saya saja

  19. ebin says:

    ane juga sekaran lg menggeluti kiper futsal, bner kate agan jdi kiper tuh di salahain mulu kalo kalahh payahhh

  20. Anonymous says:

    nyetak gol emang suatu kebanggan tersendiri gan, tapi ane jauh lebih bangga lagi ngegagalin orang nyetak gol.

    -Bravo predator area penalty-

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s