Geger pulsar 200NS lagi rame banget dibicarakan nyaris seluruh blogger otomotif tanah air, baik blogger papan atas, menengah, atau blogger papan bawah macam saya ini
Saya mau ikutan ah mengulas soal prospek p200Ns sebelum kedatangannya nanti..
Ulasan saya jelas sangat dangkal, tapi meski demikian saya mau melihatnya dari 2 parameter yang matematis, yaitu harga dan spesifikasi mesin. Soal desain body maupun dimensi, aduuuh diluar kemampuan rabaan saya, karena keduanya itu subjektip banget.
Nah mari mulai saja komparasi singkat ini.
Coba perhatikan tabel yang saya rangkum dibawah ini :
Ref Harga : harga motor.com ; Conv. > 1kW=1.3596 PS by wiki
Tabel tersebut melukiskan komparasi P200NS dg (calon) lawannya di kelas 150cc yg segmen pasar nya signifikan.
Kalau secara mesin, memang gak adil untuk disandingkan, karena 200cc dan 150cc jelas lain. Maka dari tabel, sangat jelas P200NS unggul jauh (nyaris dua kali secara Power, dan sekitar 1.5X secara Torsi). Kok bisa telak ya??
imho hal ini karena perbedaan kubikasi sebesar 50cc, pakai 3 spark plug, dan tipe mesinnya adalah BORE (lainnya tipe long stroke).
Secara mesin, menang telak.. itu saya akui.. 🙂
Tapi apakah kemudian layak berharga 23jeti? nah ini bisa diutak atik.
Karena ada Piksyen yang notabene pemegang tampuk pimpinan sport 150cc yang berharga 21 jeti dan sudah mengusung Injection, rasanya kurang pantas.
Apalagi brand yamaha ini sudah sangat kuat..
Alangkah baiknya kalau tak jauh dari Piksyen, katakanlah kasarannya 21jeti juga, ini baru saya angkat topi. Dg kelebihan mesin yg cadass mesti calon pembeli bakal meliriknya serius.. hehehe
Barulah kalau penjualan terlihat prospektif, harga dinaikkan perlahan menggapai 23jeti.. Istilahnya, cari penggemar dulu kalau sudah settle baru dinaikkan pelan-pelan.. bagaimana??
Belum lagi ada NMP dan Byson yang harganya dibawah Piksyen, rasanya saya krg sreg kalo ambil harga di angka 23. Jangan lupa brand Honda dan Yamaha punya kelebihan disisi 3S sebab lebih dulu mengaspal di tanah air..
Paktor ini kudu dipikirkan serius kalo mau tanding face-to-face sama mereka
Berikutnya ganti kelas ke 200 dan 225cc, disana telah ada jagoan bernama Tigie Revo dan Si Pio..
Secara power dan torsi memang sudah gak terlalu jauh, ditambah teknologi liquid cooled dan triple spark + deltabox frame, P200NS masih menang (agak telak). Ini masih dimaklumi kalau buat saya, karena lazimnya motor yang keluar lebih awal biasanya teknologi lebih jadul.. cmiiw
Kemudian muncul lagi pertanyaan serupa, ‘pantaskah 23jeti dengan menilik pesaing sekelasnya?’ Mari utak atik kembali.. hehe
Spek mesin, Ok.. tapi apa durabilitasnya semantap tigie, yang sudah puluhan tahun dibuktikan kuatnya? Apa kualitas rangka, body setara tigie dan pio (kecuali shock blkg 🙂 ) ? masih menjadi pertanyaan besar.
3S si macan dan kalajengking jelas kuat, apa P200NS sudah memikirkan itu saat memilih nilai harga-nya?
Apalah arti mesin joss, murah, namun sparepartnya susah. Kan itu juga kudu dipikirkan..
Last but not least: “brand”. Orang indonesia tuh kebanyakan FBH atau FBY, karena simpelnya pemikiran kebanyakan konsumen. Siapa yg sudah terbukti, maka kesanalah konsumen lebih prefer..imho
Barulah, kalau P200NS sudah mashur dan punya tempat di hati rakyat harganya boleh disamakan si pio, tigie, bahkan dilebihkan logislah kan mesinnya mmg lebih. Tapi dg catatan penting, kalau sudah dikenal dulu..
kalau belum ya ambil strategi harga agak selisih, biar konsumen gak ragu mau mencoba.. MENCOBA adalah istilah penting. Bila kita belum tahu sepak terjang sesuatu, bukankah istilahnya ‘mencoba dulu‘..
Dari kedua pembahasan diatas, maka kalau di P2R setuju harga 20jt, saya lebih suka harga awal 21 jeti aja ahh, bolehlah sesudahnya dinaikkan ke angka mana saja. kok bisa 21? namanya juga itungan ngawur hehe.
23jt? jelas kurang setuju 😛
P200NS 21 jeti ? Hancurkannnnn..
Demikian pendapat saya. Mohon maaf untuk blogger papan atas kalau ulasan saya ngawur.. maklum saya masih newbie 🙂
Keep posting mzbro. Sippp….
thanks mas IWB. sampean salah satu referen saya 😛
semangat.. 🙂
smangat, seneng maring barang sing hangat
yang hangat2 kuku.. hehe, kopisusu maksudnya..
salah satu blogger bonsai papan atas sudah berkunjung
thanks kang bons 😛
sampean salah satu referen dan ustad saya 🙂
posting yang bagus, saya sepakat klo harga awal 21jt klo gak untung ya gpp yang penting gak rugi dulu, klo masyarakat dah mengenal baru di pikirkan lagi harganya. 3Snya juga harus diperbanyak, klo ada masalah apa bengkel pingir jalan bisa memperbaikinya bila beresnya jauh ini kan teknologi baru, lebih parah lagi klo motor harian dan satu2nya.
setuju sekali mas.. pelan2 sambil banyakin 3s dulu..
3 busi mmg jarang banget.. 🙂
thanks
3busi jarang?? saya rasa ini baru yg pertama deh CMIIW…
oke.. yang betul : baru pertama di indonesia..
makasih mas.. 🙂
saya kok tertarik sama byson tuh…
barangkali sampean tertarik modelnya.. keunggulan byson, di tempatkan olek YIMM mmg pada ‘macho’ nya.. 🙂
soal teknologi, mesin, atau harga masih dibwh Piksyen.. 😛
thanks mas
3S mesti itu. ada kawan yg bilang kl dia minat dengan produk pulsar tp rencana belinya nanti2 beberapa tahun yg akan-akan datang :D, dia beranggapan saat yg akan datang kmampuan pulsar sepertinya mumpuni baik dari segi ketangguhan mesin dan jg jaringan 3S nya.
tp mnurut ane pun mesti dictat pula kl Yamaha n Honda pun bisa aja keluarin motor bagus n harga bersaing :).
semoga pulsar tangguh ke depannya… ketahanan n 3S nya.
saya setuju, aak.. krn saat ini 3s nya blm bagus /sebagus produsen jepang .. 😛
thanks 🙂
mantab mas bro.. jd g sabar efek peluncuran 200NS disini, ap action dari para kompetitor.. soal 3S emang klasik, slma ad komitmen dari bajaj buat memajukan 3S nya..
ditunggu, kemajuan 3s dari bajaj.. 🙂
thanks mas 😛
23 msh niat bli, klo pun 22 jg ud bgs. pengen banget d.
《♥p200ns♥》
oke deh.. layak ditunggu sambutan seluruh biker tanah air..
thanks mas 🙂
mantep ulasannya.
Agustus uda ngaspal tuh kang
jadi tertarik liat sambutan tanah air soal P200NS, apa semeriah di dunia maya 🙂
megelli 250 jg bnyk yg bilang bagus dulu, tapi begitu dilepas di pasar : lesuuuu 😦
ahh saya cuman blogger papan bawah kang.. 😯
thanks kang.. 🙂
Gak bisa kurang to?… 20-an gitu… beli 2 kalau boleh…
hehe mau beli partai ato biji an sama aja kang 🙂
20-an tuh harga yg bgus menurut mas Proud2Ride.. 😛
buat saya blogger papan bawah, 21 jeti cukup bagus lah.. kalo kang heru mau pesen sekarang tak kasih diskon, mau ???
thanks mas 🙂
Harga psikologis maksimal 21 juta. Kalo lebih di jamin gak laku. Kualitas lom terjamin, 3 s masih amburadul dan yg paling penting juga bagi konsumen indonesia harga jual kembali yg terjun bebas. Rasanya sangat gak pantes dan terlalu gede rumongso kalo berani ngejual 23 juta.
setujuuu..
perlu nata 3s dulu, kalo sukses baru agak dinaikkan..
gak ngunu tah mas??? 😛
ketangguhan bajaj sebnrx sdh teruji ..dr pemakai pulsar 135 sampe 220 cc sebelum pulsar NS ..cuman yg jd masalh sampe saat ini 3s nya masih perlu dibenahi 🙂 …ulasan yg mantap bro…
mangturnuwun mas.
cuman ulasan kelas bloger papan bawah
anyway, soal 3S bajaj mmg semua pada sepakat.. pakta dilapangan mmg susah dibohongi 🙂
manut manut ah heheh…..
matur nuwun mas.. kumaha?
baru ngopi dari warung bonsai yo ? 😛
hehe
yah,semoga target penjualan terlampaui >> bangun pabrik di indo >> 3S lancar jaya
thanks mas..
membangun 3S mmg perlu waktu bertahap.. 🙂
songolas wisss
hehehe 😛
wani piirooo?? tidak, terima kasih
thanks mas..
Ulasanya komplittt pake telorrrr gas poll postinganya mas bro
thanks mas feri.. 😛
bisa aja sampean.. mau buat telor ceplok kah 😀
satuan tenaga mesin disamakan dulu. jangan campur kw dengan hp. kalau harga saya pikir enggak masalah di 23 juta.
Ok.. thanks.. 🙂 sudah saya konversi
bebas lah soal harga.. yang diatas cuman opini ane 😀
vote 21 jeti….
http://do2ldurian.wordpress.com/2012/02/07/dodol-durian-pontianak-kwalitas-export/
oke vote diterima 🙂
kbnyakan 20~21jt, jg karena P220 aja sktr 18.6jt kalo 23jt kejauhan
thanks mas.. 😛
itu itung2an otr jakarta yah…klo masuk ke daerah ane di Pontianak…mungkin bisa 22 jeti lebih, soalnya P220 harganya 19.7 di pontianak.
weww barangkali mmg ongkos naik kapal agak mahal ya?? 🙂
kalo si Piksyen di pontianak berapa kang?
20.5 dehn gan…PM nettnya yak :p
opsi harga yang bagus, saya sependapat. makin murah, makin bikin geger.
thanks mas..
setuju.. kalo nanti sudah merebut hati pasar/ meraih sambutan signifikan di lapangan, boleh lah dinaikkan.. hehe imho 😛
21jt-22jt aja… Kang
OK thanks kang..
itu harga favorit.. 🙂 setuju
coba ae dicek hasil pollingnya.. 😛
saya ? beda !..
19.7 jt harga jakarta baru pas ( menurut saya ya )
dgn catatan ngak pake turun harga lagi yah…
pies masih terjangkau, pibo masih bisa di jual, pzzo bisa jadi pilihan krn 3s part pzzo msh lebih komplit dari p200ns.
klo sdh laku baru naik ke 20jt an.. ( mudah2an prediksi saya bener he he he biar bisa minang )
oke broo.. ane mendukung ente…. pokoknya kalo 23 agak kemahalan.. sip
thanks bro 🙂
keep brotherhood
sudah ikut voting ?
Weew….terjun ke dunia otomotif kah sekarang…
sekali-dua kali bro.. sejak awal saya sudah menulis otomotip sejak hari pertama. coba dicek aja.. soalnya lumayan tertarik dan suka menganalisa ngawur hehehe (namanya juga blogger ppn bawah 😛 )
Yang utama saat ini, topik saya tetep, insyaAllah 75% soal belajar.
nantinya gimana? wallahu’alam 🙂
maturnuwun kunjungan ente bro 😀
Sebenernya BAI sudah ada peningkatan 3S(terutama sparepart) tapi peningkatannya tidak sebanding dgn volume motor BAI yg terjual (beredar di umum)… Pengguna2 Pulsar(UG3) awal lebih susah cari sparepart drpd pas masuk ke bengkel yg sekarang lho.
Kudu perbaiki jaringan distribusi ama sparepart lagi.
Kalo di kota ane sih kyknya emg sudah cukup, cuman luas bengkel aja yg msh kecil jd sedikit menampung motor yg bisa dikerjakan.
oke masbro.. thanks infonya..
kalo gitu BAI sudah berupaya dan patut mendapatkan apresiasi 😛
maksimal 20an juta (atau 20 jutaan ya?? mana yg benar?)
sama aja yg penting maksudnya dimengerti..
oke thanks mas.. 😛
Ikut nimbung masbro’ rame y dsini???,,,,,,xixixi, saran rada nyeleneh nie bua BAi,,,,,,gmna klo buka harga dawal kisaran 18-21 jt’ sekalian mukul kelas bebek sport honda, yamaha, suzuki yg tlg bertengger Cs-1, Mx, Fu weeeh djamin dh’ klo bsa beli motor sport buat apa beli bebek’ kekekekekekekek,,,,,,”slogan bajaj” bagus gg y??? Hehehe,,,,,,,trus mukul dkelas sport honda nwp, duo yamaha byson n vixi, sekalian yg d200 cc honda tigi, n yamaha pio,,,,,,,tambah mantaaaap dh bajaj, klo 250x biar duke 200 yg berhadapan dgn CBR n ninin,,,,,,gmna mas bro??? Asal y saya??? Hahahaha,,,,,,,,toh klo nanti dh dknal baxak orang bsa naek pelan2 per 6 bulan ^_<. semisal taktik jual suzuki FU,,,,, sekarang dh hampir 20jtan dari kisaran harga sebelumx yg cman 17jtan,,,,,,,sukses tu suzuki n msh sengada lawan???,,,,,,, love p200ns,,,,,,,semoga bisa beli' xixixixi,,,,,,,,Amin^_^
bagus mas bro.. kualitas bajaj sebenarnya sudah lumayan baik, dan kalo dikasih harga sekian, tentu tepat sekali..
yang sekarang perlu ditingkatkan, menurut kebanyakan kawan-kawan, yaitu 3S-nya.. dan ini kan bertahap 🙂
nunggu yang jual seken…11jt belinya tahun 2018
apakh p200ns sdh ada d dieler tegal/trdekat?
swun.
tampaknya masih ditunda mas.. 😦
18 juta dah menthok….
Mas, bagus2 komentarnya, sy jadi suka baca nya, ibarat disiplin antri saat ngambil beras raskin, hehehe piss salam kenal