Pertimbangan memilih motor.

Saya sebenarnya gak seberapa paham dunia otomotipp , maklum baru pake motor mulai 2006 pertengahan, saat usia 21an.. Tapi terinspirasi tulisan salah satu referen saya mas heru, saya jadi pengin sekedar menulis tentang apa faktor yang terpenting  saat memilih sebuah motor..

Berikut ini adalah murni pendapat saya pribadi yang meski kurang faham permotoran, namun tetap berkeinginan menulis. Pendapat bro lain boleh jadi berbeda silahkan.. tujuannya disini sharing aja.

Apa saja yang menjadi pertimbangan untuk motor pilihan, atau motor favorit ?

Bila saya yg ditodong pertanyaan ini, maka jawapan pertama saya yakin : PERFORMA MESIN! . Mengapa begitu ? karena yang paling dirasakan saat dipakai di jalanan, dipakai turing, dsb itu jelas mesinnya.

Model? memang kalo nggak cocok ya malu2in, tapi apa pas dipakai masi kita pelototi tuh model ? imho tidak.

Harga ? jelas penting..  mahal ya susah belinya, namun apakah saat memacu motor, mengendarai sehari-hari, terus berhubungan dengan uang/price? lagi2 imho tidak! saya pikir cuman pas diawal atau pas beli aja kita berkutat dg harga (atau pas mau jual :mrgreen:  )

Mesin-lah yang pertama buat saya!

Walau agak mahal, asal mesin OK buat saya harga  “not a big deal “. dan Modelnya? yahh biasanya yang tinggi nilai rupiahnya (baca : larang / expensive), kan bagus desain/barangnya.. cmiiw

Ibarat kata wong jowo : “ono rego ono rupo ” (harga mahal, sebanding dengan rupa/kualitas ).

Berikutnya yang kedua adalah DESAINNYA!!.

Kenapa penting? satu: soal pantas tidaknya. Saya ini kan kurus (kering?) , 165 cm gak nyampe 50 kg nah kalo make YZF R1 misalnya (mooossssooook iso tuku ??? ) kan gak pantes banget. Gak lazim keliatannya.. hehe cmiiw

dua: soal Mode.. Kalau lekuk2nya agak bulat semacam CB saya kurang demen, apalagi yang gemuk.. terlalu tinggi seperti motif trail juga kurang suka. Jadi suka yang kayak apa? biasa aja kayak kebanyakan orang hehehe. kalo yamaha suka semacam YZF series, honda tipe CBR series, atau ducati yg monster series ( yang lagi di test sama kang Taufik ), dan model2 keren lainnya..

Faktor terakhir barulah HARGANYA!!! ini kalo pendapat saya.. hehe.

Tanpa mengurangi respek kepada bro/sis yang berduit pas2an, lhawong saya juga termasuk pas2an..

Mengapa terakhir? sebab imho kalo boleh nambah mahalan dikit, asal performa dan model puas, berikutnya harga bisa saya terima. “mesin yahudd model keren, nggak nyesel biarpun agak mahal ” cmiiw.

Bahkan kalo harga menengah, namun performa nanggung atau ngowoss, sejauh pengalaman saya, tiap hari biasanya sdikit mengeluh.. ” haduuww kemarin kok beli yang murah ya, tarikannya payah betul.. kapan ya bisa ganti ? “. imho, ujung2nya pengin ganti lagi yang sesuai selera.

Kenapa nggak sekalian aja harga agak mahalan (dikit ) tapi puas? 5 tahun barangkali, nggak ada istilah mengeluhkan pembelian tuh motor.. cmiiw

Tentu harga tetep kudu dalam batas kemampuan. Memaksa diluar kemampuan tidak dianjurkan agama dan menyusahkan diri sendiri. 😀

Jadi, singkatnya urutan faktor yang saya proioritaskan dalam memilih motor (impian ) adalah :
1. Performa mesin.
2. Desain motor.
3. Harga yang pantas terjangkau.

Demikian pendapat saya..
Para bro/sis monggo sharing pendapat.. kalo mau mengkritisi tulisan saya juga silahkan. Semoga bisa saya perbaiki.

Keep brotherhood, piss (gianluigimario)

76 thoughts on “Pertimbangan memilih motor.

  1. REC*303 says:

    Performa mesin, hal inilah yang membuat saya menebus CS1 walau second namun masih mangstabh…
    Btw motor sampeyan apa mas?

  2. sang says:

    setuju mesin jos, BBM irit, harga, klo model pokoknya gak malu2in dah cukup

  3. ridertua says:

    tetep desain… xixixixixi… aku dah vote desain loh… performa 80% cukup lah…..

    • oke-oke mantabz mas.. saya menghormati pilihan sampean, apapun itu 🙂
      thanks mas..
      saya juga tetep mesin :ngeyel mode ON :mrgreen: tapi desain 100% wakakakak.. 🙂

  4. redbike92 says:

    kalau saya pilih yang irit dan sparepartnya murah meriah
    biar kalau muter muter keliling kota ga bingung kehabisan bensin dan kalau ada masalah saya ga kena KANKER (Kantong kering) hehehe
    😀

  5. Dr.Feelgood says:

    kalo ane :
    Mesin (intinya aja, klo disebutin semua terlalu panjang cape ngetiknya hehe )
    1. Performa
    2. Durabilitas
    3. Teknologi
    4. Finishing bagus (cat dan die castingnya harus rapih)
    Rangka
    1. Kuat, gk bleh gampang bengkok dan karatan
    2. Flexibel, maksudnya mau diajak rebahan atau pun meliuk-liuk juga
    enak banget
    Model
    1. Aerodinamis
    2. cat bagus dan gk gampang kusam
    3. bahan plastik body gk gampang patah
    Harga
    1. harus value for money
    merk
    ini nomer sekian aja hehehe

  6. gogo says:

    nimbrung bro mario.. pengalaman ane nyari motor sports, jelas awalnya adalah sesuai budget. Kualitas sudah teruji, desain yg penting Elegan dan Maskulin, Hemat bahanbakar tanpa mengurangi performa mesin, terakhir after salesnya.. jadi semua aspek saling berurutan, diawali dari yg ter premier.. ,kembali k style masing2 dlm memilih motor. :-), klo budget tak terbatas sih, gak mumet.. tinggal pilih yg terbaik..

    • hahaha.. betul banget mas dwi..
      mmg kalo pas2an budget ya pilihan agak teliti kudu.
      kalo sedikit ditambah lebih dari pas2an, (tak terbatas kan gak ada 🙂 ), maka mari pilih yang terbaik sesuai selera..
      maturnuwun mas.. 🙂

  7. mas wahyu says:

    Sip,setubuh

  8. javabiker says:

    Vote mesin dan handling 😉 kalo design bisa di sesuaikan belakangan..
    http://javabiker.wordpress.com/2012/02/13/modus-baru-curanmor/

  9. athleter says:

    Saya pilih Athlete karna handling dan desainya…..

    Keep safety…

  10. Ari CX Rider says:

    tergantung pribadi masing2 masbro.
    Kalo duit cekak ambil yg murah.
    Kalo duit lebih ya mereknya dulu. Hehe

  11. eraha says:

    nice artikel gan,,panduannya komplit abis ni,,, ^^

  12. Rudy Sou1 says:

    Karena saya orangnya ganteng maka model no 1. 😀

    • wuokeeeyy mas rudi.. 😀
      mmg orang cakep tuh sama motor apa aje pantes..
      beda sama saya yg pas2an, wkwkwk kalo salah pilih bisa wagu hahaha 🙂
      trimz ya bro..

  13. Dismas says:

    Kalo saya si : harga, performa, desain 😀

  14. choirul says:

    wah menarik ini mas…

  15. Taufik says:

    aku udah ngisi poll …

  16. jeng3 says:

    jangan lupa perhatikan postur tubuh sendiri..
    lucu aja kalo badan se unyil make ninja 250 sedangkan yg berpostur gajah-jerapah malah naik beat :mrgreen:

  17. nanared says:

    mesin no 1,desain 1,5.
    jujur saya awalnya tertarik sama byson,walopun dibilang lemot tapi tampang ganteng poll,pas ngunjukin gambar ke istri dan anak,mereka bilang joknya kayaknya tipis dan pendek,tangki depan berpunuk bagian selankang terlalu tinggi gak bisa bawa barang.disuruh ambil thunder,tapi saya gak suka,jadi sebelum kedeler istri saya bawa kerumah mertua supaya gak protes,ambil nmp ,2 hari baru jemput,pake motor baru lah :mrgreen: dia malah suka 100%

    • nanared says:

      Alhamdulillah,setahun pake saya puas,mesin masih alus,karbu belum pernah bongkar,brebet gak pernah sampe sekarang

      • pilihan yang magus, kang.. 😛
        setahu saya si NMP mmg terkenal mesinnya aluss.. dan direkomended oleh kang taufik 🙂
        saya sependapat dg sampean.. 😀

  18. Skipz says:

    Sama Bro Ane juga lebih utama ke Performa mesin, namun Ane juga mempertibangkan sisi Keamanan & Keawetannya. Gak salah klo Ane milih Ninja150 selain powernya 30Hp & kualitasnya sdh teruji dr dulu mpe skr juga mudah untuk dikendarai gak meledak-ledak di rpm bawah (nyaman buat harian), tapi atasnya gilee Josss Tenan open KIPS sensasi 30Hpnya itu (klo luar kota biar bisa ngimbangin Bus Cepat). Klo soal tampilan sih relatif semua orang pny selera masing2. Walaupun Beda Rasa,Beda Selera yg penting saling menghormati. Keep Brotherhood lah 🙂

    • benerr bro.. 🙂
      semua temen ane yg punya bilang begitu, tarikannya mauttt ngalahin CBR jauhh (emang beda tak 🙂 )

      ane setuju, maturnuwun bro 😛

  19. Henry says:

    Harga yg pantas ?
    Jadi apa selama ini ngak sadar klo pada beli kendaraan overprize ?
    he he he … maaf maaf maaf ( gara2 tulisan diatas sih )

    • oke-oke.. 🙂
      santai aja, opininya bebas kok.. hehe
      semua mmg overprice karena pajaknya wahhh :evil:, tapi mau gimana lagi keadaan negara indonesia begitu.. yah terima aja daripada dongkol hehe.
      makasih berkunjung bro 😀

  20. Bonsai Biker says:

    sek tak timbang, ternyata Dukati paling berat

  21. hobi cornering penake opo iaaa,,

  22. tunas says:

    memilih dlm arti blm tentu membeli. so inmyhumbleopinion, saya ingin pisahkan antara ap yg mmbuat kita tertarik pd suatu kndaraan trtentu & ap yg mmbuat kita mmbeli kndaraan trtentu.

    yg mmbuat kita tertarik tntu trgntung msng2 pihak,tpi scara umum kita tentu mengarahkan pandangan pada kndaraan dgn desain yg mnurut kita paling wah,krn sesuai dgn istilah dr mata jatuh ke hati, nah klo bicara hrg tentu ini adlh urutan ke sekian2.

    lalu yg mmbuat kita mmbeli kndaraan tsbt sdh psti adlh hrg atau uang krn tdk smw org punya dana yg berlimpah sehingga perlu penyesuaian ktika seseorang memutuskn utk mmbeli. kemampuan kita membatasi ap yg kita dapatkan. lalu prtimbangan terakhir adlh apakah motor tsbt worth the value yg mncakup sgala yg kita dpt stlh mngeluarkn sjumlah uang, entah itu desain,body,mesin,3s,dll

    intinya saya udh bicara ngelantur panjang lebar hehehe.
    cmiiw
    《♥p200ns♥》

  23. smartf41z says:

    Set prioritas kebutuhan dulu. Klo tinggal dikota besar penuh macet sudah punya keluarga, gaji pas2#an pingin punya motor pertama. Ya milih yang ekonomis harga dan konsumsi bensin (bebek). Buat sehari2 cari nafkah dengan rute macet ya milih yang fungsional (matic), nah 2 motor ini bisa gantian pake dengan istri. Performa nomer sekian, paling mentok kecepatan cuma 80kp. 🙂
    Tinggal di daerah yang jalannya lempeng/ atau sepi, tempat kerja jauh ya enak sport, nah kalau ini performa baru penting 😆

  24. tovavanjava says:

    1. Desain
    2. mesin
    3.harga
    😀

  25. kenthoet says:

    walaupun ayas Bebekers tp mw urun rembug nih dkit nih mas soal prtimbngan bli motor :
    1.desain
    2.harga
    3. mesin
    4.aftersales
    5.brand
    sekian terima kasih mas

  26. andhi_125 says:

    opsi pilih semua gak ada ya masbro?? :mrgreen:

  27. bimo96 says:

    ane pilih FU FU FU FU FU 😦

  28. agungsevi says:

    motor murah tapi bukan murahan… hehehe.. dan daya jual kembali mantep lah bro…

  29. AnRocK says:

    quote LFL sbg TS, motor (impian ) adalah :
    1. Performa mesin.
    2. Desain motor.
    3. Harga yang pantas terjangkau.

    ================================

    hmm..dgn kriteria sperti itu, spertinya saya ndak salah pilihan ye Mbaah, jika Rx-King 1993 saya selalu menemani kmanapun nafaz ini berhembus (heehehe) :p

    nice artikel Mbah Mario 😎
    narsiyz dikiit aaah :siul: 😀
    => https://fbcdn-sphotos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/s720x720/405340_2746434858372_1182559143_32440357_579628410_n.jpg

    • kalo soal mesin mah nggak ada yg meragukan performa king.
      desainnya juga mantep gurat bodinya, dan harganya sangat tidak menguras kantong..

      temen sekolah ane sekarang masih ada yg setia sama king udah 5 taunan 🙂
      kalo mmg sampean nyaman pakenya, nggak ada masalah kok. pilihan yang bagus 😛

  30. taufiq says:

    kl ma pulsar 220, masnya pilih mana antara pulsar vixion ma nmp? sama alasannya mas. coz q ngk kenal dunia mesin. tp tertarik ma tuh motor

    • P200ns belum teruji disini meski kabarnya mesinnya cadas
      Vixion suda makai 2 tahun
      NMP belum sama sekali..

      kalo belum punya, rasanya saat ini masi pilih piksyen
      kalo sudah punya Piksyen? nunggu update-nya atau siteralis barangkali hehehe

  31. White vario says:

    1. Performa
    2. Desain
    3. After sales
    4. Brand
    masalah irit bbm dan keawetan mesin itu mah bonus bwt gw!
    Yang penting performa dan desain!

  32. Saya juga FU bang.
    karena dari awal dak naksir FU.
    abis suka body yang simple dan gak ribet kalau buat parkir.
    hehehe.

    kalau ge jalan,, sensasi mesin DOHC nya bener-bener terasa.
    kemrincing . . criing . . .criiinggg…criiingg..

Leave a reply to ridertua Cancel reply