Komparasi dua mesin DOHC150cc : CBR dan FU.

Saya belum pernah nyoba FXR, namun pernah selama sebulan diparkiran berdampingan (dg motor temen yg saya tumpangi, maklum sy wktu itu belum pny motor:mrgreen: ). Saya paling terkesan dg desain bodynya yang, (pada era tahun 2003an), terlihat sporty banget. Yang kedua soal spido digitalnya yang unik banget.. soal mesin masih buta (saat itu), jadi saya acuhkan aja. hehe.

Sayangnya sebelum bisa beli tuh motor, keburu diskontinyu.. denger2 sih karena operPres, dan gak mujur karena lawannya saat itu adalah Honda Tiger 2000 yg lebih murah harganya.. gak tau ahh.

Nah setelah diskontinyu tuh motor, rupanya mesinnya masih mantabz, makanya dipasang di varian bebek baru yang menggantikannya, yaitu Suzuki Satria FU.
Apa mesinnya sama persis? wahh kurang tahu..🙂 pernah dengar kalo dibeberapa titik ada perbedaan, namun saya kurang tahu teknisnya.

Kenapa nggak beli aja Satria FU, kan mesinnya ‘hampir’ sama ? Dulu sempat ada niat, tapi saya urungkan karena kurang sukanya dia bebek.. maunya yang sport aja. hehe

Nah kalau sport yang bermesin DOHC 150 cc kan cuma ada CBR kenapa nggak beli itu aja? mahal banget..
Sebenernya  insaAllah kalau belinya sih bisa, namun model yang sekarang agak kurang sreg dan total weightnya bertambah drastis..😦 .

Bandingin mesinnya yuk..

Secara simpel, mengacu tabel diatas, CBR unggul tipis dari FU. Memang kubikasi terpaut sedikit sih,barangkali ini yang menyebabkan Power CBR sedikit lebih besar. Torsinya sih nyaris sama.. Soal teknologi mesin meski sama-sama DOHC 4 Valve, namun mesin CBR lebih canggih karena sudah Injeksi dan Liquid cooled.

Dengan selisih yang tipis tersebut, saya pikir bila adu lari si FU masih lumayan ngimbangi karena berat dia cuman 95kg, bandingkan dg CBR yang nyaris 140kg (power to weight ratio FU lebih bagus)..ckckck. Tapi tentu rasio gear, dan joki juga menentukan kalo sama2 standart kudu adu cepat😛 hehe. cmiiw

Dengan harga yang terpaut sekitar 14-15 juta (CBR 33jt-FU 19jt), maka wajar bila FU penjualannya laku keras bak kacang goreng, bahkan memimpin penjualan suzuki indonesia cmiiw. Untuk para kawula muda yang suka mesin cadaz namun harga dibawah 20jeti jelas pilihan yang menggiurkan..

Satu hal yg kurang sreg dari FU dibanding FXR atau CBR selain modelnya adalah handlingnya. Meski si FU sudah menganut garpu dan stang ayago, namun imho tetep nggak seperti sensasi handlingnya motor sport cmiiw.
Buat yang sreg ya monggo🙂

Lebih suka kalo beli sekennya CBR, barangkali duit 20~25 jeti cukup buat nebus yang model lama..😛
Gimana, ada yang mau jual ??, hehe boleh di nego ya..:mrgreen:
(gianluigimario)


49 thoughts on “Komparasi dua mesin DOHC150cc : CBR dan FU.

  1. sinbe says:

    Ncen apik cbr lawas koq… Lbh singset, cheetah aja kalah :neng iklan castrol::mrgreen:

  2. H3 says:

    Iya bro.. mending CBR 150 Yg lama. Ane jg lg nyari CBR 150 REPSOL yg mulus…. tp blm nemu.

  3. othonx says:

    cbr lawas lepas fairing…. Mantapppppp…. Banyak yang jual bro….
    http://www.othonx.mywapblog.com/cb-125-th-1976.xhtml

    • iyo betul banget bro.. sering liat di jalan pas nyalip ane.. terlihat seksi dan proporsional, nggak terlalu gembrot hehe🙂 jadi tambah pengin.. tapi nunggu teralis dulu ahh..🙂
      thanks bro

  4. smartf41z says:

    Deretan montor kejang🙂

  5. antara CBR dan FU, lebih seneng ninja 250:mrgreen:

    aniway ijin nitip kandang masbro:mrgreen:
    http://karawangtigerrider.wordpress.com/2012/02/16/mutilasi-modifikasi-part-2/

  6. javabiker says:

    Kalo ttg cbr 150 coba diskusi sama azizihoree, kemarinan doi nawarin old cbr warna kuning, mulus sptnya😉
    http://javabiker.wordpress.com/2012/02/15/pendapat-sobat-biker-tentang-new-ninja-150rr/

  7. 5800 says:

    Kemarin aku lihat ada CBR lawas merah kayak punya juragan azis gagap persis paling th 2005 kayaknya dipajang didepan bengkel ahass slama 2 minggu.
    Dijidatnya dikasih no hp.
    2 hari yg lalu ane lewat lagi kok dah gak ada mungkin dah laku kayaknya.
    Sumpah ngeliat tampangnya bikin hati ini dag dig dug..
    hiiks…hiiks DOHC pula..
    Coba ya bro diproduksi AHM dikasih harga 20 juta pasti ane beli & gak jadi beli pikson…
    sayang hanya mimpi..
    Sayang harga segitu hanya untuk Thai & India yg jadi anak emas.
    NKRI hanya jadi anak tiri selamanya…
    Old CBR 150 memang guantengg…

    • betul bro.. bahkan 25~28 jeti mungkin masih pertimbangkan beli..
      kalo di AHM diler mah bisa main harga nyampe 38jt CBR yg lama.. busyett operpress bgt ya🙂

  8. dohc memang mesin impian

    keep brotherhood,

    salam,

  9. Ryo says:

    torsi sama pwr jelas menang si ayago dohc… tapi seandainya mesin fu nggak di downgrade… murni fxr punya… pasti lebih ngacirrr…😀

    *sekedarngarep…

  10. sang says:

    mimpi wae punya motor kayak begitu, saat bagun semoga bisa terwujud

  11. Dr.Feelgood says:

    fxr salah satu motor idamanku, selain suzuki bandit 400cc. soalnya maknyos bener 2 motor tsb. fxr itu mantap banget dah. kacian deh mas gian blum pernah nyobain xixixi….:mrgreen:

  12. Aa Ikhwan says:

    cbr lama masih idola kayaknya😀

  13. tjenarvi says:

    postur tubuh bukan masalah, jgn cari alasan tubuhsilahkan ambil contoh dari Pedrosa

  14. bensincampur says:

    Cbr lawas sudah teruji disirkuit masbro..(indospeed)

  15. widi says:

    Ya jelas pilih FXR 150 dongggg…..21 HP
    Power ga bohong kok…CBR lawas pun klepek2, bahkan CBR baru pun cuma 17,5 HP…..

  16. bimo96 says:

    FU oh FU … impianku

  17. panijo says:

    Harga cbr 150 otr jatim tulung agung 35.400.000 tp sayangnya kenalpotnya itu lo mas yang agak nyleneh……..

  18. Anonymous says:

    Dirumah ada CBR 150 R tahun 2002 mantap sumpah

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s