Mengapa SupraX125 jauh mengalahkanJupiter MX di tahun 2011?

Membaca data dari eyang edo , maka saya dapatkan peringkat 10 besar motor bebek pada tahun 2011 :
1. Supra X-125
2. Vega ZR
3. Absolute Revo
4. New Jupiter MX
5. New Jupiter Z
6. Blade
7. Satria FU
8. Revo Fit
9. Titan 115
10. Supra x125 Helm In.

Sekarang topiknya adalah mengapa Supra X125 ada diperingkat pertama dengan selisih yang lumayan telak (20%) lawan peringkat runner-up Vega ZR (<14%) , Revo abs (12%), dan Jupiter MX (11%)?

ayo dianalisa secara gampangan.. perkara benar tidaknya yah tentu perlu dikoreksi😛 IMHO saya ajukan 4 faktor untuk analisa ini, (kalau kurang silahkan ditambahi )
1. Imej (image)
2. Mesin
3. Fungsional
4. Harga

Kalo supra lawan Vega langsung jelas bukan lawan yang tepat, jadi imho kalau di peringkat 10 besar ini sebenarnya Supra sedang melawan MX secara penjualannya (kelas hampir sama), sedangkan Vega lawannya ya Absolute revo (dibahas di artikel berikutnya)

Pertama, soal citra/image.
Supra X125 mengusung nama besar yang sejarahnya sangat panjang yaitu Honda Astrea Supra, yang cmiiw keluar tahun 1997. Supra, yang mewarisi mesin GRAND nan legendaris itu, sangat mendapat tempat di hati rakyat indonesia, karena memiliki 3 kelebihan sekaligus setau saya yaitu Mesin yang bandel, Branded honda(FBH), dan harga jual kembali yg lumayan tinggi. imho. Jupiter MX? nama yg relatif baru, jadi meski secara mesin lebih canggih namun masih kalah kondang. Maka SupraX unggul di sektor ini..

Kedua, mesin.
Yamaha Jupie MX memang tak kalah tangguh dibanding mesin suprax125, namun menurut saya teknologi yg lebih maju, maka buat rakyat kebanyakan agak takut jika tidak familiar atau sulit merawatnya imho. Biarpun kubikasinya 10cc lebih besar, mesin supraX lebih disukai karena masyarakat masih belum siap dengan teknologi baru tsb.

  

.
.

.

.

.

Ketiga,Fungsional.
IMHO jupie MX tuh cocok buat anak muda dan yang demen speed ataupun gaya. Nah kalo Supra lebih umum, alias nyaris semua kalangan pantas. anak muda nggak terlihat ketinggalan jaman, dan bapak2/ibu masih pantas. Buat harian pun rasanya masih lebih nyaman Supra.. dengan demikian, imho, bisa dikatakan bahwa pasar pengguna supra lebih luas..

Empat : HARGA.
berdasarkan situs harga motor, maka Supra X berbandrol 15.600.000 (OTR jakarta) dan Jupie MX 16.500.000 . Dengan selisih 1 jt( blm trmasuk diskon ), namun secara historis nilai resale supra lebih bagus, maka konsumen bakal lebih melirik jagoan honda tersebut. cmiiw.

Begitulah analisa saya soal kemenangan telak Supra dari Jupie MX tahun 2011. Sampean punya pendapat lain ? monggo..
(gianluigimario)

64 thoughts on “Mengapa SupraX125 jauh mengalahkanJupiter MX di tahun 2011?

  1. Dr.Feelgood says:

    Image, marketing yg gencar, serta jaringan 3s yg mumpuni itulah yg selalu menjadi kekuatan Honda selama ini. tetapi untuk produknya sendiri hehehe, Insya Alloh merk lain sangat cukup kompetitif untuk kelas yg sama.

  2. athleter says:

    Sepertinya setelah hengkangnya rossi….
    Lorenzo gagal mengambil hati masyarakat indonesia sebagai ikon yamaha…..
    Imbasnya kekalahan dari honda…..

    *analisa pribadi….xixixi….

  3. vixy182 says:

    iritnya itu lo yg sdh mnjadi ciri khas…🙂 pdahal yg lain juga bnyk yg irit.., dari jaman honda astrea dulu di knl bnget irit nya sama kaum bapa2.🙂

  4. athleter says:

    Tambahan:
    Kok atlit nggak masuk 10 besar ya????(‾̴̴͡͡ε‾̴̴͡͡•)~ uumm…

  5. athleter says:

    Tambahan;
    Kok atlit nggak masuk 10 besar ya??hmmm…

  6. kharis27 says:

    “honda astrea” mendengar namanya saja sudah teringat akan daya tahan mesinnya yang awet+irit,supra X125 desain bebek yang elegan, kalem dan klimis menurut saya heheheh

  7. Ari CX Rider says:

    dari efisien bahan bakarpun kalah telak.
    Dan imho lebih nyaman supra

    http://areeya2.wordpress.com/2012/02/17/suzuki-gw-250-itu-keren-kok/

  8. smartf41z says:

    Motore bapakku Karisma, adikku supra x.. mesinnya handal, bisa buat ngirit luar kota juga joss katanya

  9. aamanis88a says:

    punten ahh…..

    secara di daerah banyak yang bilang motor tu…honda

  10. redbike92 says:

    ikutan komen
    Supra X 125 sama Jupiter MX kalau soal top speed memang menang Jupiter MX, tapi (pengalaman saya) kalau di macet2an enakan pake Supra X 125.

  11. widi says:

    Kayaknya antara supra x125 & jupiter mx 135 udah beda kelas mas bro.
    Supra x125 pantesnya disandinkan jupiter Z lama.
    Jupi MX disandingkan CS1 & FU 150 serta tormax 150.

    Orang indonesia suka ama motor yg awet & irit.
    Motor awet & irit identik dg motor berkomprsi rendah….dg kata lain org idonesia gak kuat beli pertamax plus utk ngasih mimik motornya.

    Andai supra X125 dikasih kompresi 11:1…..pasti lgsung gak laku. Cz akan berdampak boros, bbm harus pertamax plus, harus radiator minimal oil cooled…..yg pasti harga jd muahal….

    • thanks masukannya..😛
      boleh jadi mmg begitu.
      kalau Jupiter Z yang baru kan masih 113-115CC jadi masih sdkt beda kelas.
      jupiter Z ya sama Blade.
      kalo Vega ZR sama Abs Revo..

      Cocoknya kalo supra 125 ya sama shogun 125.. biasa maupun injeksi sama-sama ada..
      kalau MX135 cc mmg agak repot mau dimasukiin mana, dimasukin FU juga selisih 15cc cmiiw
      makasih bro

  12. Aa Ikhwan says:

    mungkin supra x 125 nyaman di bawa pelan n kenceng, kl mx mesti knceng😛.

    tp sepertinya nama supra x msh terngiang ketangguhannya, ane jg msh ada supra x 100 2004 n mh bgus mesinnya :))

  13. ya2kzzz says:

    manteb bro..

  14. nyantai says:

    honda bikin motor kenceng bisa saja.tapi itulah honda dengan cerdik memanfaatkan fungsionalnya sebuah kendaraan.maka desain yang universal.

  15. panijo says:

    Menurut pengalaman pribadi saya Mengapa Supra X 125 jauh mengalahkan Jupiter MX karena Jupiter MX nggak seirit Supra X 125 dan yang terakhir rondone Jupiter MX turun drastis

  16. sang says:

    menurut saya karena irit dan mesin, pintarnya honda itu di beberapa varian motornya mengunakan basic mesin yang sama, klo mesin bagus pasti akan di rubah dikit kasih baju baru, untuk suku cadang akhirnya juga ngikut begitu.

  17. sang says:

    mungkin mas… namanya jualan, klo barang bagus laris opo yo mau di otak atik iya klo tambah bagus lah klo tambah jelek gimana, membaca di tulisannya mas tentang vixion, sampai sekarang belum ada upgrade yang berarti karena laris. coba klo dah turun penjualannya

    • dilematis juga..
      beberapa pengguna baru barangkali memang cukup puas dg apa yg sudah ada, namun para penggemar lain yg menghendaki tambahan ingin sebaliknya..
      tampaknya titikbalik Vixion bakal terjadi pada saat muncul Teralis atau P200NS, atau apapun yg berpotensi mengancam pasarnya🙂

      kalo masi adem ayem, rasanya YIMM bakal memilih diam .. imho

      • sang says:

        mungkin begitu… upgradenya disimpen, ya kayak maen bola, bila pemain di lapangan dah kewalahan, baru pemain cadngan masuk.
        kembali ke topik.
        kayaknya supra membawa nama besarnya terbukti hingga di podium, kayaknya ini yang mau di coba sama “yuk Mia” dengn finonya untuk tetap menguasai pasar matic

      • nama memang sesuatu yg penting..
        kalo sudah tersohor, bakalan punya tempat khusus, dan penerus2nya bakal dikasih atribut nama itu 😛

  18. bimo96 says:

    wah motor ane nomer 1…….seneng dah rasanya😀 .. emang supra itu tangguh .. ane gak kapok piara supra… ngisi seminggu cm 12rb itu pun kenceng bisa nyampe 120kpj..jossssssssssssss

  19. jepang says:

    down payment honda supraX125 cukup dengan 500ribuan aja udah bisa bawa pulang, jupiterMX minimal 1,9juta..

    • wahh strategi harga..
      tapi (dulu), strategi MX malah sangar, yaitu diskon. Saya sempat ditawari diskon 1,5 juta dari harga brosur (barangkali karena dulu kurang laris?)
      makasih mas..🙂

  20. dara says:

    Di tabloid otomotif… kayaknya bukan lawannya dah…
    Kan digolongin ama FU dan CS1 tuh MX….golongan bebek super cmiiw
    dah bagus laku segitu…xixixi

  21. Appreciate it for helping out, excellent information.

  22. juminten uye says:

    bagus sangat artikelnya hahahahahhahahah!!!!!!
    oh yeah mama!!

  23. Resa xxx man palangkaraya says:

    saya pengguna supra x 125,udh 6 tahun dari 2007,sekrng km dr pertama bli 000000 kembali lg ke 000000 skrng jln 60ribu,mesin oke suarax masih bening kcptn masih tembus 120km/jam. Baru 1kali gnti piston/ring,kampas gnda dn kopling,2 kali keteng,blm pernah turun mesin,bnding mx pnya teman km baru 70rbu udh trn mesin 2 kali gnti blok dn kampas kopling,mesinx kasar kletek2 ,sampai kocekx bolong,katax awet lah bro mtrmu,seperti masih baru katax.

  24. Resa xxx man palangkaraya says:

    klu mau mesin awet,kencang,bt turing kencang nyaman irit,hanya honda supra x 125,onderdil enak carix,bkn fanatik memang kenyataan gue yg alami.bndingkan shogun susah sparepart,boros,kurang durabilitas,yamaha mx,ah embel2 kencang,diasil silinder,kenyataan kasus stangx piston melintir,gocak,boros,pokokx honda no 1 lebih presisi.

  25. Zainal Saputra says:

    Hem , pa kbr smua , mas brow , nyatanya supra x saya pernah di tes sama jupiter mx alhamdulilah . .

  26. Anonymous says:

    sory mas bro mx te2p lbih hebat dari supra

  27. angghi dimas says:

    untuk body kayaknya lebih sporty new jupiter z dibanding supra x 125.karna saya punya jupiter z 2011 dengan sedikit sentuhan sudah terlihat gaya dan modis.utk masalah mesin,aku lebih suka yg kuat nanjak,itulah kelebihan yamaha satu-satunya,jika dibandingkan supra x 125 dengan jupiter z top speed di jalan nanjak supra x 125 tertinggal jauh dibelakang,karena saya udah pernah mengalami,disaat jalan lurus jupiter z saya tertinggal jauh dibelakang supra x 125,tetapi setelah jalan mulai menanjak aku coba performanya,ternyata si supra x125 tertinggal jauh dibelakang saya.mungkin kekurangan yamaha hanya 1:boroooos bahan bakar

    • marquesno says:

      knapa supra x 125 pelan nanjak,karna gir belakang kecil

      • marquesno says:

        untuk jupter mx non kopling tarikan gas nya kasar nyundul-nyundul ga enak di bawa pelan apalagi di jakarta,klo di geber pulang kampung lewat pantura ok mantap.. kputusanya sy pilih supra x 125 tarikan empuk pelan maupun knceng yg bonceng pun trasa nyaman (kta cw saya) pengalaman pribadi.

  28. marquesno says:

    untuk jupter mx non kopling tarikan gas nya kasar nyundul-nyundul ga enak di bawa pelan apalagi di jakarta,klo di geber pulang kampung lewat pantura ok mantap.. kputusanya sy pilih supra x 125 tarikan empuk pelan maupun knceng yg bonceng pun trasa nyaman (kta cw saya) pengalaman pribadi.

  29. choiri says:

    menurut saya jup MX itu bozox ijik apik $upra X125

  30. Anonymous says:

    Itu mungkin di sekitar anda.. di tempat lain belum tentu honda dengan adanya YAMAHA,. YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN Honda itu motornya ibu/bapak.. YAMAHA mesin,motif,lits,body,OK.. makanya beli YAMAHA Biar tau beda nya..

  31. HONDA SUPRA X125R
    THE POWER OF RIDING

  32. HONDA SUPRA X125R
    THE POWER OF RIDING

    Nih mas bro supra x125 tuh bisa mengalah kan jupiter mx

    walau pun jupiter mx 135cc tpi…aku yakin supra x125R bisa mengatasi nya

    by:Refan the al fans

  33. Anonymous says:

    supra x motor nya bapak bapak

    • R15 performance says:

      dirumah ane ada supra x.125, punya bapak. dan jupie mx punya ane versi kopling.menurut ane tarikan gak jauh beda,kalo irit supra x125 kmana2,nyaman,bagasi luas.kadang kalo suprax punya bokap lagi gak kepake ane tukeran motornya,anonymous kayaknya udah kecuci otaknya sama iklan yamaha yang kenceng dan bisa bikin orang celaka karna kenceng2an di jalan,

  34. mijan says:

    bingung nih duit nyesek mo beli bekas niatnya.
    mending so supri ato mx nya aj ya kang?

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s