Memberi diam-diam.

إِن تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِن تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنكُم مِّن سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Al Baqarah 271)

Bismillahirrahmanirrahim.
Saya ingin menulis sedikit tentang sedekah yang rahasia.. Bila ada kesalahan dalam tulisan saya itu dari kelemahan pemahaman saya, mohon maaf dan akan saya luruskan. Kalau ada kebenaran itu datangnya dari Allah.

Sedekah, dalam ayat diatas dibagi menjadi dua :
– Sedekah yang ditampakkan (terng-terangan)
– Sedekah yang disembunyikan (diam-diam/rahasia).

Tersirat dengan jelas bahwa sedekah adalah amalan yang sangat baik dan di anjurkan dalam islam. Sedekah mampu menghapus dosa. Walaupun kita menampakkan sedekah, Allah masih memuji hal tersebut “baik sekali”. Karena tidak semua orang bisa sedekah, dan tidak semua orang yang bisa, mau untuk sedekah..
Sedekah (harta) memerlukan sifat pemurah dan tidak kikir.

وَمَن يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

..Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang orang yang beruntung (Al Hasyir 9).

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. bersabda: Seandainya anak cucu Adam mempunyai dua lembah harta, tentu ia masih menginginkan yang ketiga.. (Shahih Muslim No.1737)

Menurut Al Quran, Sedekah yang rahasia itu lebih baik lagi.. Bisa jadi ini dikarenakan manusia itu punya tabiat untuk Riya atau Sum’ah, sehingga dengan memnyembunyikan sedekah akan lebih bersih amalnya..

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti perasaan si penerima.” (Al Baqarah : 264).

Dari Nabi shalallahu alaihi wasallam., beliau bersabda: Ada tujuh golongan yang bakal dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu: .. seseorang yang memberikan sedekah kemudian merahasiakannya sampai tangan kanannya tidak tahu apa yang dikeluarkan tangan kirinya ... (Shahih Muslim No.1712)

Dalam Hadis ini menegaskan bahwa sedekah rahasia itu lebih utama, saking rahasianya sampai tangan kiri tidak mengetahui apa yang disedekahkan tangan kanan..

Catatan kecil :
– Seluruh sedekah itu baik sekali, mampu menghapuskan dosa.
– Berikan sedekah terlebih dulu kepada kerabat yang lebih dekat.
– Keutamaan sedekah rahasia sudah jelas di Quran maupun Hadis, kita tak perlu memperdebatkannya.

Barangsiapa lebih suka sedekah terang-terangan, silahkan itu dianjurkan oleh Allah. Siapa yang sanggup melakukannya diam-diam, silahkan itupun diutamakan oleh Allah.. Keduanya sama-sama baik dan tidak perlu saling menjelekkan atau menyerang satu sama lainnya. Keduanya sama-sama hal yang utama..
Kamu sekali-kali tidak akan sampai kepada kebaktian (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai...” ( Ali Imran: 92).

Demikian.. monggo.. (gianluigimario)

13 thoughts on “Memberi diam-diam.

  1. sinbe says:

    Lo misal sedekah dr duit yg haram campur ma yg halal gmana brader? Apa msh bs tu membersihkan dosa di diri n harta kt. Kadang para koruptor kn duit halal ma haramnya kan campur tuch. Kadang malah duit korupsi wat umroh kayak seorang oknum hakim dulu yg heboh di tipi.

    • Dr.Feelgood says:

      Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah Maha baik, dan tidak menerima kecuali yang baik…” (HR. Bukhari Muslim).
      Harta yang berkah adalah harta yang disenangi Allah. Ia tidak harus banyak. Sedikit tapi berkah lebih baik dari pada yang banyak tetapi tidak berkah. Untuk mendapatkan keberkahan harta harus halal. Karena Allah tidak mungkin memberkahi harta yang haram. Dalam surat Al Maidah : 100 Allah menjelaskan bahwa tidak sama kwalitas harta haram dengan harta halal, sekalipun harta yang haram begitu menakjubkan banyaknya. Benar, harta haram tidak akan pernah sama dengan harta halal. Harta haram dalam ayat di atas, Allah sebut dengan istilah khabits. Kata khabits menunjukkan sesuatu yang menjijikkan, seperti kotoran atau bangkai yang busuk dan tidak pantas untuk dikonsumsi karena akan merusak tubuh: secara fisik maupun mental. Sementara harta halal disebut dengan istilah thayyib, artinya baik, menyenangkan dan sangat membantu kesehatan fisik dan mental jika dikonsumsi.

    • menurut saya itu tidak diterima, wallahu’alam.
      seperti dalam hadis Arbain no.10 : Allah itu hanya menerima (dari) hal yang baik.. jangankan bersedekah, dlm hadis ini orang yg berdoa saja, menurut nabi, tidak mungkin dikabulkan Allah.. cmiiw
      ini juga mirip kisah sunan Kalijaga yg diingatkan Sunan Bonang : “kamu itu ibarat mencuci tapi pake air kencing “..

      Kalau soal koruptor, yah saya tak bisa berkomentar, tanyalah hati kita sendiri apa kita termasuk koruptor atau tidak.
      Saya lebih suka dengan pernyataan untuk mengoreksi diri sendiri yaitu : “saya mengingatkan dan saya berupaya menjaga agar tidak makan barang haram, semoga Allah menerima. Soal orang lain, mereka lebih tau dirinya, dan perhitungannya terserah Allah.. “

      • Dr.Feelgood says:

        ia mas gian, memang benar hal-hal yg tdak baik sudah tentu tidak akan diterima oleh Alloh SWT. heheh thanks juga mas gian sudah kasih masukan.
        hehehe klo soal koruptor hheheh kyaknya mmang sudah jelas hal itu sangat merugikan bnyak orang. kecuali terhadap orang2 yg mau bertaubat.

      • ochee dehh 😛
        mari diskusi, saling menghargai, dan sama-sama belajar 🙂

  2. Dr.Feelgood says:

    thanks mas gian, selalu mengingatkan. 😀

  3. panijo says:

    Artikel yang menyentuh hati untuk selalu bersyukur

  4. sang says:

    Intinya yang penting sedekah, sedekah untuk membuka pintu rizki.
    klo sudah bisa mengendalikan riya’ dan sum’ah yo gpp biar di contoh sama yang lain, klo gak bisa yo disembuyikan… intine sepakat poooll

    • benar mas.. yang penting sedekah.
      kalo bisa dicontoh malah bagus, kalaupun rahasia, juga bagus..
      yg penting gak di perselisihkan lah 😛
      suka yg mana ya lakuin saja pokoknya sedekah lha wong sama-sama ada dalilnya 😀
      maturnuwun mas.. Cerme bar udan sedilut.. yaopo ABR?

  5. sang says:

    tadi hampir semua Gresik kota grimis, sekarang tinggal mendungnya aja

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s