Ini soal peringkat dua dan tiga penjualan bebek nasional tahun 2011 kemarin (dari data eyang edo ).
Ayo dianalisa kenapa kedua motor ini laris, dan khususnya kenapa Vega ZR lebih laris..
Kalo melihat situs harga-motor.com kedua varian bebek ini harganya persis yaitu 12 Jt pas (revo yg std). Secara umum, mungkin inilah penyebabnya kenapa dua motor ini ada di nomer 2 dan 3 penjualan terbaik. Yaitu harga yang relatif murah.. di jajaran bebek Yamaha, Vega ZR termurah (setelah Vega R, tapi di situs YIMM sudah tidak ada), sedangkan Revo Absolute STD adalah bebek termurah Honda setelah Revo fit..
Kan Titan dari suzuki yg notabene sama2 low end harganya lebih murah (10,8Jt)?
Wahhh.. kalo gitu jawaban ringannya gini aja :
” Vega ZR dan Revo Abs ada di tiga besar terlaris karena harganya relatif murah (menyasar kelas low end), dan masih membawa nama besar Yamaha dan Honda “
Gimana jawaban saya? boleh setuju boleh tidak, namanya saja ulasan ringan.. 🙂
Sekarang mari pertandingkan face-to-face Vega vs Revo Abs..
seperti biasa, saya sertakan tabel mesin untuk memudahkan analisa..
Dari mesin secara dramatis Revo sebenarnya unggul tipis. Aneh ya? dengan kubikasi yang lebih besar, Vega ZR justru inferior pada power maupun torsi dibanding Revo.. ckckck. barangkali jawabannya adalah teknologi EFT honda yg diklaim low friction itu ??? bisa jadi bro.. tapi cuman terpaut dikit kok (11-12).
Akan tetapi imho, mesin Vega ZR ini kan generasinya Vega yang dulu terkenal kuat, sedangkan mesin Revo relatif baru , bukan generasinya Grand/Supra yg legendaris itu. jadi imho konsumen low end yg tidak banyak kenal teknologi mesin rasanya bakal lebih prefer ke Vega yg lebih kesohor cmiiw 😛 bukan begitu?
Nah sekarang soal desain. Meskipun bicara desain sangatlah subyektif namun imho VegaZR lebih menarik cmiiw. Kombinasi warnanya, motif stripingnya, gurat body-nya sedikit lebih ‘berjiwa muda‘ ketimbang revo. Revo secara bodi lebih gendut, dan ini terbukti dari tabel diatas. Berat kosongnya Revo sama dengan VegaZR yg sudah isi.
setuju kah?..
Last but no least, Resale. Menurut pak bons, harga VegaZR relatif lebih stabil dibanding pasukan Honda, termasuk Absolute revo. Jadi secara value, yang untuk kelas low end cukup penting, VegaZR lebih bagus cmiiw. Untuk tahun yang sama, harga secondnya bisa terpaut skitar 500rb.
Jadi, kesimpulan ulasan ringan ini adalah :
” VegaZR lebih disukai konsumen karena secara mesin lebih terpercaya, desain lebih berjiwa muda, ramping dan resale nya lebih bagus. Meskipun secara teknologi mesin EFT Revo mengungguli VegaZR namun untuk kelas low end yang kurang memperhatikan teknologi, hal ini dinilai kurang penting.. “
Demikianlah akhir dari uraian ini.. Tidak setuju ? boleh.. 😛
Mau nambahin ?? silahkan..
(gianluigimario)
CC lebih besar tapi koq tenaga lebih loyo?! Inikah yang dinamakan teknologi juara?
masih ditulis mas hehehe
barangkali teknologi low-friction atau EFT itu yah jawabannya ??
kenapa Vega ZR lebih laris, menurut saya ya karena bodi Vega ZR lebih sporty
itu bener mass
tapi belum selesai saya tulis hehe 😛
thanks 🙂
hmmm…… ko titan gk dimasukin, kan sama2 bebek low segment xixixix….

mas gian nitip tulisan ane yg ala kadarnya ya mas hehehe, liat aja gambarnya ixixixix..
http://enginebrakes.wordpress.com/2012/02/19/gantungan-kunci-bentuk-sirkuit-atau-sirkuit-yang-digantung-ya-heheh/
TKP..
titan kan no 9 mas?
masa no 9 jauh amat hehehe……
kena span mas komentku 🙂
sudah dibebaskan juragan, sudah saya suap polisi wordpressnya wkkkwkwwk….
kalo mau lengkapnya simak di situs eyang edo :
http://edorusyanto.wordpress.com/2012/01/15/wow-omzet-bebek-rp-38-triliun/
penjualan titan no9, nggak nyampe seperlima VegaZR.
coba cek di TKP 😛
sip mas, oke langsung ke tekape heeheh 😀 mksih bnyk….
nama besar masih jadi rujukan konsumen. Vega zr kalah sama supra x 125, absolute revo kalah sama vega zr
boleh.. sependapat..
nama besar memang meyakinkan, tak prlu ragu lagi.. 😛
Beruntunglah mereka yg mempunyainama besar 😉
http://javabiker.wordpress.com/2012/02/19/ktm-duke-200-vs-suzuki-gw250/
hehe.. oche 😛
tkp
kl gak salah vrga zr termasuk irit bbm di kelasnya sama seperti pendahulunya vega r, soalnya dl pernah punya jg :D.
kl revo blm tau konsumsi bbm nya krn bm pernah coba :D.
bener juga yah.. ntar coba nyari tau mileage nya..
makasih Aak.. 😛
kalau . . . . .aku mlh vega r. Ktmbng ZR. ZR . .geber vegar . .ngacir. . Ktgalan
pancen apik sing lawas kuwi..
Padahal suzuki bagus lho, sayang kalah nama… Spare partnya jg ga semahal yg ane byangkan. 😆
sebenarnya secara kualitas suzuki sangat kuat..
nyaris semua teman saya yg pake bilang begitu..
saya juga kurang mengerti kenapa suzuki bisa kelam begini ?? 🙂
Jawabane jelas Mas Bro, ABS Revo dan Revo Vit ngitungnaya dipisahkan. Kalau digabung Supra X pun lewat.
hehe.. memang harus adil satu-lawan satu..
thanks 😛
mnurt ane yg uda nyoba kedua motor di atas, 22nya bgus kok tp revo napas gigi 1 n 2 nya pendek bnget jd hrus sring oper gigi, beda ama vega yg gigi 1,2 n 3 nya nampol tp 4 nya memble… n 22nya suara mesinnya agk “berisik”/ kasar d bnding jupie Burhanq… oh iya revo n vega rntai nya cpet bget kendor, jd kudu sring2 ngecek deh
saya setuju, bahwa Vega gigi 4 nya payahh..
kayak jupiter juga 😛
thanks mas infonya
emang dari seri awal vega sudah terlihat lebih elegan dan stylish.. mngkin orang2 dah terlanjur cinta dg vega..
cinta pada pandangan pertama berarti.. hehe
thanks mas dwi.. 😛
sipp mas
yang ringan2 saja.. 😛
thanks mas..
Jgn lupa Kualitas fairing punya honda selalu bunyi, krn dia pake cekak n sedikit baut terutama di bagian lampu dan spidometer. bkn aja generasi bebek generasi motor Sport jg bgt. tmn g yg pake NMP udh bunyi dibagian headlamp pdhl cm pake 3bln, ujung2nya dia jual n ambil KRR 150dah
supra yg lama juga demikian. disekitar spido biasanya 😦
vega zr lebih enak buat ngebut ditanjakan, xixixi
buktikan balap ditanjakan 30-40derajat sepanjang 1KM, gigi 3-4 vega zr lebih bertenaga
wuokehh bro.. makasih share pengalamannya.. 😛
Tapi di jalanan jepara kayaknya lebih sering terlihat revo ketimbang vega
mungkin distribusi penjualan dibeberapa daerah berbeda bro..
itu perkiraan ringan saya
sepertinya masih unggul revo,bagasi, kunci kontak, dan speedometer lebih baik.
oke deh bro..
nais info.. 🙂
kalo sy sih lbih milih ABS REVO soalnya pernah punya ZR tapi sy joal gara2 bodynya kurang ok, dari sisi tenaga jg ABS REVO lebih unggul, kedua motor ini udh pernah sy pake tapi sy kurang srek sma tenaga n tampilannya..akhirnya ya sy meminang SATRIA FU soalnya lebih sip n mantab d liat dari sisi mana aja 😀
FU ancen rajanya bebek 😛
dari cc ampe tampilan munk paling unggul.. pa lagi bwt nyari cwe d samarinda 😀
hehehe
sip mas, tanpa cela..
uda dapet cewe berapa mas?
[…] Honda Lampaui 60%PT Astra Daihatsu Motor Jobs Recruitment D3, D4 – Lowongan Kerja …Vega ZR vs Absolute Revo : Ulasan ringan.. body.custom-background { background-image: […]
😀
saya choqo dari semarang.mau tanya vega zr saya taun 2009 ud saya rombak dengan piston ukuran standart pabrik yamaha 100,0 dan carburator neotech.tapi setelah saya coba dengan new jupiter z dengan ukuran piston masih standart pabrik/belum dirombak,kog zr saya malah k.o dg jarak 1 ban blkang jupiter z new ea?tolong dijawab pertanyaan saya trmksih,salam otomotif
2 teman ane pake revo abs and vega zr, beliny duluan vega 1 bln, di kilometer ke 50.000 thn ke 3,antara keduamotor ; vega zr udah duluan muncrat olinya alias rembes….jadi harus nambah oli trusss….di revo bodinya gan parah, untuk akselerasi perkotaan vega unggul tipis tapi untuk kenyaman revo jagonya…
kesimpulan untuk ketangguhan mesin revo lebi unggul di km 50.000, vega teman sy sudah mau bongkar mesin..akibat oli rembes…
soal bbm…kayanya vega lebi sering mampir spbu
Zr white 2010 ku ‘roso’ di tajakan, di kndal tnggara ; bbm irit 55 – 60 kml, topspeed 105 kpj,
VEGA ZR ituh menag gaya body aja bro…………..?
d,bandingkan mesinya dgn absolut revo …ituh lebih bandel…?
untuk perjalanan jauh 300 km-an, jelas revo lebih unggul dari vega, terbukti di tanah sumatra,,,,
Klo menurut ane sih vega zr itu topspeednya payah,minim teknologi,spidometer jadul,boros bensin tapi akselerasinya patut diacungi jempol untuk bebek kurbikasi 115,stripping keren
Klo revo body geter,kurang meruncing,lampu belakng kaya pantat monyet,tapi irit,top speed amazing,awet,body oke,canggih,spidometer stylish,nyaman,aman
Jadi
Vega zr:2 poin
Abs revo:9 poin
berdasar pengalaman sehari2 saya vega zr itu yg tahun 2012 enak bgt buat ngebut sendirian klo pke pertamax bsa smpe 120 km/jam top speednya nyampe 110 km/jam pake premium kondisi msh standar semua…tp kalo gigi 2 sama 3 nya kurang nggigit menurut sy…apalagi klo buat boncengan ama org yg beratnya 80 kg keatas terasa bgt ngedenya…klo pgn motor larinya kenceng yg penting perawatan pribadinya…sy ganti oli sebulan dua kali karna tmpt krja p-p 52 km…trus rante seminggu sekali di sikat…sm d setting kekencanganya…inssyallah vega anda larinya ngacir ky punya sya….
tambahan lg berdasar pengalaman klo vega d bawa 110 kpj stang depan stabil tp klo revo/smash goyang
Iya betul tuh bro… (Y)
Thank you a bunch for sharing this with all people you actually know what you are talking
about! Bookmarked. Please also consult with my web site =).
We could have a hyperlink change arrangement between us