Beberapa nilai Kebajikan..

لَّيْسَ الْبِرَّ أَن تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَآتَى الْمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَالسَّائِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا ۖ وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ ۗ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ

Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa. ” Al Baqarah :177.

Ayat ini mengingatkan kepada kita bahwasanya kebajikan itu banyak macamnya, dan bukan hanya menghadapkan wajah ke timur atau barat.

Pertama iman. Iman merupakan salah satu hal yang utama dalam agama islam. Dalam ayat ini disebutkan 5 rukun iman, dan dalam hadis Nabi shallahu alaihi wasallam ada 6. Hal tersebut patut kita cermati karena hadis Rasulullah itu menjelaskan Quran.
– Iman kepada Allah,
– Hari kemudian
– Malaikat
– Kitab,
– Nabi, serta
– Qadha dan Qadar ( sesuai hadis Nabi menjawab pertanyaan Jibril)

Besedekah adalah kebajikan. Secara kudrati manusia mencintai harta dan enggan mengeluarkannya, maka Allah memerintahkan untuk bersedekah.. Di ayat ini disebut beberapa sasaran sedekah :
1. Kerabat
2. Anak Yatim
3. Orang miskin
4. Musafir
5. Orang yang meminta-minta (sa’ilin).
6. Memerdekakan sahaya.

Mendirikan shalat. Shalat adalah tiangnya agama, shalat amalan pertama kali dihisab, Shalat diperintahkan langsung dari sidhrotul muntaha, menjadi pembeda orang beriman dan kafir.. Demikian pentingnya shalat, jangan sampai meninggalkannya dengan sengaja..

Megeluarkan Zakat. Ini merupakan salah satu rukun islam, maka bila tidak dikeluarkan Islamnya belum sempurna. Dalam harta kita ada hak yang harus dikeluarkan, demi menyucikannya ini harus dikeluarkan bila mencapai nasabnya..

Memegang janji. Salah satu sifat orang beriman adalah menepati janji, sebaliknya ciri orang munafik diantaranya adalah khianat. Bila berjanji harus diupayakan menepatinya, seraya mengucap InsyaAllah..

Bersabar. sabar merupakan salah satu akhlaq Nabi yang utama. sabar banyak disebutkan dalam Quran, salah satunya sabar memerlukan pengetahuan. Maksudnya dengan mengetahui hikmah sebuah kejadian maka kita lebih bisa bersabar karena telah mengetahui kebaikannya. Diayat ini sabar diebutkan dalam 3 kondisi : kesempitan, penderitaan, dan peperangan .

Dengan mengamalkan kebajikan-kebajikan tersebut, insyAllah kita termasuk orang yang telah benar (imannya) dan menjadi orang yang bertaqwa.. amin.

Secara ringkas, kebajikan dalam ayat 177 albaqarah itu adalah :
– Iman (meliputi enam rukunnya)
– bersedekah
– Shalat
– Zakat
– Menepati Janji
– Bersabar atas kesempitan, derita dan peperangan.

Apa kita sudah melaksanakan kebajikan-kebajikan itu??? Kalau sudah, istikamahlah.. Jika belum, mengapa tidak memulainya sekarang.. 😛

Demikian.. semoga berguna..(gianluigimario)

12 thoughts on “Beberapa nilai Kebajikan..

  1. Aa Ikhwan says:

    mari kita berlomba2 melakukan kebaikan serta kebajikan sesuai tuntunan yang lurus.

  2. sang says:

    I like dies mas…

  3. kasamago says:

    masih terus berjuang bwt memenuhi semuanya.. thx bro mario ats wejangannya..

  4. sinbe says:

    Pengajine mantep cak… 😀

  5. Dr.Feelgood says:

    thanks mas gian, mari kita bersama-sama melakukan setiap kebajikan dari yang paling mudah sampai yg paling susah tingkatannya, agar hidup kita selalu dirahmati Alloh SWT. amin….

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s