Semua pabrikan besar kan punya jagoan 250CC yah.. Kawasaki ada Ninja 250 yang kencang, Honda punya CBR250, dan terakhir Suzuki (mau brojolin) Inazuma/GW250. Lha yamaha kapan?
Belum ada gembar gembor mau ngeluarin 250 cc, kenapa ya? apa nggak punya mesin 250cc.
Kalo soal mesin 250cc mah ada (dari dulu) namanya Fazer 250 cc. Apa saja spek mesinnya?
Coba perhatikan tabel berikut :
Dua pesaingnya yaitu kawasaki Ninja dan Suzuki Inazuma sudah 2 silinder, CBR satu silinder tapi sudah DOHC. Nah fazer masih satu silinder dan masih SOHC, jadi secara power masih dibawah ketiga motor tersebut. Torsinya ? SOHC ya lumayan lah sedikit diatas N250 namun juga nggak istimewa karena dibawah Honda dan Suzuki.
Kesimpulannya? yah kalo liat mesin sih kayaknya kakaknya scorpio jadi sudah lumayan menurut saya. Dengan teknologi masih SOHC dan 1 silinder 5 speed pula, tentu harganya nggak bakal terlalu mahal, imho 25~30jt an lah 😛 . Bila dikasih baju yang cocok mesti lumayan buat menarik penggemarnya.. Dan bakal bisa menyaingi para kompetitor dari segi penjualan cmiiw.
Tapi nyaris mustahil jadi paling laris imho
Kok bisa begitu ? kan sedikit nanggung yah. Kenapa nggak sekalian aja ciptain DOHC yang 250CC 6 speed kan nggak susah buat Yamaha.. hehe, apalagi kalo dua silinder wah dijamin head to head sama Ninja 250 !! ya nggak ???
Dengan harga yang kompetitif/ pas, nggak mustahil ngalahin 3 jagoan diatas.. imho
Yamaha kan punya V-star 250 cc juga kenapa nggak itu aja hehehe
Jadi, singkatnya Yamaha punya punya opsi :
1. pake Fazer250 cc ganti baju menarik, murah tapi nggak fenomenal
2. mesin baru DOHC-250cc, supaya kencang tapi harga lumayan mahal
3. pasang aja mesin V-twin 250cc-nya (mungkin nggak ?)
Sampean suka opsi yang mana? monggo.. bebas
Saya pilih upgrade mesin baru aja ah DOHC 6-speed mantaabbbz.. 😛 (gianluigimario)
head to head ama p220 tuh cocoknya . . . .
wokeh cocok banget..
kalo gitu ya buat mesin baru aja yah ? dohc sisan..
thanks mas..
harusnya gitu, jangan mau power disamain ama yang cc nya lebih kecil, apalagi masih kalah jauh dengan p200ns….yang cuma 200cc
ayoooo yamaha buatlah motor kencang irit n vfm value for money gak overpress mulu
wahhh semangat..
ane sependapat.. 🙂
V twin nya ajah
hahaha 😛
keren banget tuh opsinya..
mungkin nggak yah?
ironis, beberapa tahun silam hampir memporakporandakan pertahanan kompetitornya, sekarang ngemposssss….
harusnya dikembangkan yah..
sekarang nggak berdaya..
pilih upgrade dohc atau V-twin ?? hahaha
apapun pilihannya yang penting output atau powernya he2… ane pribadi sih demen yang multi silinder, tapi harganya. intinya satu produknya ga boleh biasa alias kudu fenomenal
kalo gitu opsi nomer satu haram..harus fenomenal..
kalo strategi biasa2 aja bahkan lemah sih ya hasilnya biasa bahkan melempem.. hehe 🙂
menurut ane masih bnyk kurangx dr 3 motor Lainya.power kalah.desain body masih paling jadul,fitur juga kalah…,ciri khas di sukai konsumen tanah air rata2 kan power dan tampilan 🙂
desain tanggung, mesin tanggung, mau jual apa??
mesin baru aja yahh ??? 😛
opsi yang paling memungkinkan untuk bisa menyaingi kompetitornya.. biasanya yamaha kan unggul di desain.. tampang pake basic fazer 1000 cc half fairing yg anggun itu, mesin.. pake ckp pake dohc In-line four, four-stroke. mantabs..
wahh.. belum pernah dengar kelas 250cc yang inline four.. ckckckc..
bakal fenomenal kalo jadi nyata tuh mas 😛
250cc yang inline four ada kok masbro , yg saya tau
1. Honda Hornet 250cc
2. Yamaha Zeal 250cc
Kawasaki juga ada tp gak tau namanya
thanks mas..
saya masih belum banyak tahu.
makasih pencerahannya. 😀
vstar250cc lebih mantap deh. segment turing sejati 🙂
bakal diserbu touring mania donk 😛
Bgmn dg Yamaha R4 (250cc)..?
Di google ada lho jenis Yamaha ini..
Kalo punya datanya sekalian kompare.. ya
saran ditampung 🙂
maturnuwun
yzf r4 basic enjin fzr 250 v4 kemahalan masbro,-
make enjin yz250 single sil udah cukup buat ngasepin kompetitor…
yah yang paling ekonomis tentu peluangnya paling besar..
apalgi kalo performanya sudah cukup 🙂
Mas bro smua, sy pny info akurat nich dr tmn sy yg krj d pabrik yamaha bagian mtr sport,. Bln nov ini, r15 klr tp namany bkn r15… N bkal ada mtr cc besar msh trial djepang… Spesifikasiny dah msk k pabrik yamaha d indo… Mtr ini bkal jd produk global d slrh dunia…
kalo itu mesinnya baru dan bukan fazer yang lama.
thanks banget bro.. jadi gak sabar menunggu 😛
tergantung keuangan..
yah kalo fitur fenomenal dan mesin luar biasa jelas harga mahal 🙂
manteb-manteb, ngarepmode
mantuk-mantuk.. 🙂
suwun pak bons 😛
kalo mainnya yamaha di segment sport full fairing dengan modal yzf-250r4 gimana mas ??hehe

kayak begini nich
http://areeya2.wordpress.com/2012/02/23/modifikasi-ktm-duke-125/
itu juga sangat keren dan menggiurkan
hihi… Fazer 250 dah manteb tuh…meskipun mesin lebih inferior dari CBR250,Ninja250 dan Inazuma. torsi mantap ,top speed juga ga jauh beda.. harga pasti lebih murah.. untuk kelas diatas ada mesin milik Yamaha WR series 250cc mesin injeksi DOHC 6 speed klep titanium bobot motor juga lebih ringan .. Ninja250 aja keok, apalagi lainya.. cari deh di google atau youtube.. WR250x Vs Ninja250.. padahal WR250x adalah supermoto sedangkan ninja pake fairing yang lebih aero dinamis.. tapi kalo mau pake mesin WR Yamaha indo mau dijual harga berapa hahaha…pasti lebih tinggi dari ninja250
wuih supermoto jelas joss 🙂
harganya penting juga yah disini 🙂
tapi kalo untuk kelas premium berkantong tebal barangkali nggak ngaruh.. asal nggak beda jauh 😛
WR250x pake mesinya aja boss, rangka dan body kasih model street bike naked atau fairing..maknyus pastinya
wahh pasti begitu maknyuzz ..
jadi kayak si pio yg ambil desain Sherrow 225 kah? 🙂
Mesin baru donk kalau benar Yamaha mau serius bermain di kelas 250cc, kalau coba2 saja ya mending pakai turunan mesin Fazer yang sedikit dirombak.
tapi agak nanggung ya si fazer??
rombakannya kudu sedikit revolusioner.. hehe 🙂
V-twin cylinder DOHC 6speed hargane pasti muahaaaall…kan yamaha 😀
kalo gitu pilih opsi kedua aja..
mesin baru hehehe 😛
menurut saya kok opsi kedua lebih masuk akal, alasannya kompetitor semua punya mesin DOHC, bila tdk saya yakin akan kebagian sedikit atau bahkan tidak dapat konsumen di sekmen 250cc. klo v twin kayaknya kok gak alasannya sampai sekarng DOHC aja gak buat apalagi yang V twin
iyo bro.. di opsi ketiga kan paling pesimis hehe
kalo opsi petama mah ekonomis, tapi nggak fenomenal alias bisa jadi penjualannya bakalan biasa aja.. hehe 😛
Saya lbh prefer Fazer 250 model terbaru yg beredar di amerika latin sono, yg udah pake rear disc brake dan ban+velg gede. Itu aja udah cukup, gak perlu terlalu muluk ngarepin yg wah. Harga jual juga gak tinggi2 banget, jadi bakal kejual lbh banyak ketimbang sekelas Ninja/CBR/GW, hitung2 utk ngejar kerugian omzet jualan si kalajengking/klingon
Satu hal juga, bobotnya juga gak bakal seberat motor 250 lain, jadinya lbh nyaman dan mudah handlingnya utk dipake sehari2.
sebenarnya memang fazer250 (atau dg penambahan sedikit di mesinnya supaya 11-12 sama kompetitor,) biaya jadi nggak mahal banget.
Dengan demikian value for moneynya tentu lebih..
klo pake v-twin engine, harganya bisa jadi lebih mahal kayannya dibndingkan dengan inline…
iya, kalo overprice mah bahaya.. 😛
Fazer gak pantas ngelawan motor disegmen 250 dan kalo yimm mau masukin ke Indo malah jadi blunder soalnya gak ada kelebihan yg diandalkan dari motor ini dari mesin sudah kalah dan desain bodi kelihatan jadul
kalo untuk motor segmen premium , harga murah gak bisa diandalkan , yang orang indonesia banyak pilih utk motor premium adalah ada sesuatu yang bisa dibanggakan misalnya mesin 2 silinder DOHC utk motor sport atau 2 silinder SOHC untuk motor naked
dan untuk Scorpio gak perlu di lengserkan untuk digantikan Fazer 250 , cukup bodinya di refresh ganti rangka dan bodi mirip Byson
kalo perlu biar gak berbenturan dengan Bajaj Pulsar 200ns yang fenomenal , Scorpio bisa dirubah menjadi motor supermoto tampilannya mirip dengan KTM Duke 200 dengan harga Mirip Scorpio . . . kalo scorpio mau dibenturkan ngelawan Bajaj P200ns dijamin susah dari spek mesin , rangka , body sudah kalah jauh ditambah harga pulsar yg murah
ya semoga curhatan saya ini bisa disampaikan ke YIMM masbro hehehe
curhatan sampean mantap banget mass !!
mmg kelas premium itu harga bukan masalah utama, seperti artikel saya berikutnya, saya sependapat sama sampean..
sayangnya saya nggak punya koneksi untuk menyampaikan YIMM 😦
moga saja mereka dengar sendiri.
makasih banyak mas bro.. 😛
[…] alternatif lain itupun jika yamaha bernyali pake mesin twin milik v-star seperti yang kemukakan bro gianluigimario. Sekalian saja main di blue ocean v-twin memakai model motor cruiser layaknya […]
TKP ahh 🙂
Tinggal price nya aja . . . kalo Fazer 250 dibandrol 25-26 juta kupikir bagaining possitionnya akan menguat, cmiiw, imho 😀
like this kang haji… cukup logis kalo di bandrol segitu secara mesin plek dengan scorpio cuman kalo fazer dah injeksi.. tapi kan sekarang ini era injeksi apapun kalo dibuat secara masal pasti jatuhnya lebih murah. apalagi 2014 semua produk yamaha injeksi semua.
ane ikut mendukung era injeksi 🙂
thanks kang..
ane sependapat sama panjenengan, karena tanpa banyak perubahan frontal dari scorpio, rasanya harganya nggak mahal.
kelemahannya : kyaknya dg harga segitu berkesan nggak kelas premium imho 🙂