Seandainya FAZER 250 dikomparasi dengan N250, CBR250, dan GW250..

Semua pabrikan besar kan punya jagoan 250CC yah.. Kawasaki ada Ninja 250 yang kencang, Honda punya CBR250, dan terakhir Suzuki (mau brojolin) Inazuma/GW250. Lha yamaha kapan?

Belum ada gembar gembor mau ngeluarin 250 cc, kenapa ya? apa nggak punya mesin 250cc.
Kalo soal mesin 250cc mah ada (dari dulu) namanya Fazer 250 cc. Apa saja spek mesinnya?
Coba perhatikan tabel berikut :


Dua pesaingnya yaitu kawasaki Ninja dan Suzuki Inazuma sudah 2 silinder, CBR satu silinder tapi sudah  DOHC. Nah fazer masih satu silinder dan masih SOHC, jadi secara power masih dibawah ketiga motor tersebut. Torsinya ?  SOHC ya lumayan lah sedikit diatas N250 namun juga nggak istimewa karena dibawah Honda dan Suzuki.

Kesimpulannya? yah kalo liat mesin sih kayaknya kakaknya scorpio jadi sudah lumayan menurut saya. Dengan teknologi masih SOHC dan 1 silinder 5 speed pula, tentu harganya nggak bakal terlalu mahal, imho 25~30jt an lah 😛 . Bila dikasih baju yang cocok mesti lumayan buat menarik penggemarnya.. Dan bakal bisa menyaingi para kompetitor dari segi penjualan cmiiw.
Tapi nyaris mustahil jadi paling laris imho

Kok bisa begitu ? kan sedikit nanggung yah. Kenapa nggak sekalian aja ciptain DOHC yang 250CC 6 speed kan nggak susah buat Yamaha.. hehe, apalagi kalo dua silinder wah dijamin head to head sama Ninja 250 !! ya nggak ???
Dengan harga yang kompetitif/ pas, nggak mustahil ngalahin 3 jagoan diatas.. imho

Yamaha kan punya V-star 250 cc juga kenapa nggak itu aja :mrgreen: hehehe

Jadi, singkatnya Yamaha punya punya opsi :
1. pake Fazer250 cc  ganti baju menarik, murah tapi nggak fenomenal
2. mesin baru DOHC-250cc, supaya kencang tapi harga lumayan mahal
3. pasang aja mesin V-twin 250cc-nya (mungkin nggak ?)

Sampean suka opsi yang mana? monggo.. bebas
Saya pilih  upgrade mesin baru aja ah DOHC 6-speed mantaabbbz.. 😛 (gianluigimario)

Advertisements

52 thoughts on “Seandainya FAZER 250 dikomparasi dengan N250, CBR250, dan GW250..

  1. zuhry says:

    head to head ama p220 tuh cocoknya . . . .

  2. mas wahyu says:

    V twin nya ajah

  3. smartf41z says:

    ironis, beberapa tahun silam hampir memporakporandakan pertahanan kompetitornya, sekarang ngemposssss….

    • harusnya dikembangkan yah..
      sekarang nggak berdaya..
      pilih upgrade dohc atau V-twin ?? hahaha

      • smartf41z says:

        apapun pilihannya yang penting output atau powernya he2… ane pribadi sih demen yang multi silinder, tapi harganya. intinya satu produknya ga boleh biasa alias kudu fenomenal

      • kalo gitu opsi nomer satu haram..harus fenomenal..
        kalo strategi biasa2 aja bahkan lemah sih ya hasilnya biasa bahkan melempem.. hehe 🙂

  4. vixy182 says:

    menurut ane masih bnyk kurangx dr 3 motor Lainya.power kalah.desain body masih paling jadul,fitur juga kalah…,ciri khas di sukai konsumen tanah air rata2 kan power dan tampilan 🙂

  5. gogo says:

    opsi yang paling memungkinkan untuk bisa menyaingi kompetitornya.. biasanya yamaha kan unggul di desain.. tampang pake basic fazer 1000 cc half fairing yg anggun itu, mesin.. pake ckp pake dohc In-line four, four-stroke. mantabs..

  6. natulive says:

    vstar250cc lebih mantap deh. segment turing sejati 🙂

  7. H3 says:

    Bgmn dg Yamaha R4 (250cc)..?
    Di google ada lho jenis Yamaha ini..
    Kalo punya datanya sekalian kompare.. ya

  8. Randy says:

    Mas bro smua, sy pny info akurat nich dr tmn sy yg krj d pabrik yamaha bagian mtr sport,. Bln nov ini, r15 klr tp namany bkn r15… N bkal ada mtr cc besar msh trial djepang… Spesifikasiny dah msk k pabrik yamaha d indo… Mtr ini bkal jd produk global d slrh dunia…

  9. tergantung keuangan..

  10. Bonsai Biker says:

    manteb-manteb, ngarepmode

  11. Ari CX Rider says:

    kalo mainnya yamaha di segment sport full fairing dengan modal yzf-250r4 gimana mas ??hehe
    kayak begini nich

    http://areeya2.wordpress.com/2012/02/23/modifikasi-ktm-duke-125/

  12. Njeplax says:

    hihi… Fazer 250 dah manteb tuh…meskipun mesin lebih inferior dari CBR250,Ninja250 dan Inazuma. torsi mantap ,top speed juga ga jauh beda.. harga pasti lebih murah.. untuk kelas diatas ada mesin milik Yamaha WR series 250cc mesin injeksi DOHC 6 speed klep titanium bobot motor juga lebih ringan .. Ninja250 aja keok, apalagi lainya.. cari deh di google atau youtube.. WR250x Vs Ninja250.. padahal WR250x adalah supermoto sedangkan ninja pake fairing yang lebih aero dinamis.. tapi kalo mau pake mesin WR Yamaha indo mau dijual harga berapa hahaha…pasti lebih tinggi dari ninja250

    • wuih supermoto jelas joss 🙂
      harganya penting juga yah disini 🙂
      tapi kalo untuk kelas premium berkantong tebal barangkali nggak ngaruh.. asal nggak beda jauh 😛

  13. Mesin baru donk kalau benar Yamaha mau serius bermain di kelas 250cc, kalau coba2 saja ya mending pakai turunan mesin Fazer yang sedikit dirombak.

  14. reader says:

    V-twin cylinder DOHC 6speed hargane pasti muahaaaall…kan yamaha 😀

  15. sang says:

    menurut saya kok opsi kedua lebih masuk akal, alasannya kompetitor semua punya mesin DOHC, bila tdk saya yakin akan kebagian sedikit atau bahkan tidak dapat konsumen di sekmen 250cc. klo v twin kayaknya kok gak alasannya sampai sekarng DOHC aja gak buat apalagi yang V twin

    • iyo bro.. di opsi ketiga kan paling pesimis hehe
      kalo opsi petama mah ekonomis, tapi nggak fenomenal alias bisa jadi penjualannya bakalan biasa aja.. hehe 😛

  16. Sauerbraten says:

    Saya lbh prefer Fazer 250 model terbaru yg beredar di amerika latin sono, yg udah pake rear disc brake dan ban+velg gede. Itu aja udah cukup, gak perlu terlalu muluk ngarepin yg wah. Harga jual juga gak tinggi2 banget, jadi bakal kejual lbh banyak ketimbang sekelas Ninja/CBR/GW, hitung2 utk ngejar kerugian omzet jualan si kalajengking/klingon :mrgreen:
    Satu hal juga, bobotnya juga gak bakal seberat motor 250 lain, jadinya lbh nyaman dan mudah handlingnya utk dipake sehari2.

    • sebenarnya memang fazer250 (atau dg penambahan sedikit di mesinnya supaya 11-12 sama kompetitor,) biaya jadi nggak mahal banget.
      Dengan demikian value for moneynya tentu lebih..

  17. Dr.Feelgood says:

    klo pake v-twin engine, harganya bisa jadi lebih mahal kayannya dibndingkan dengan inline…

  18. dide says:

    Fazer gak pantas ngelawan motor disegmen 250 dan kalo yimm mau masukin ke Indo malah jadi blunder soalnya gak ada kelebihan yg diandalkan dari motor ini dari mesin sudah kalah dan desain bodi kelihatan jadul

    kalo untuk motor segmen premium , harga murah gak bisa diandalkan , yang orang indonesia banyak pilih utk motor premium adalah ada sesuatu yang bisa dibanggakan misalnya mesin 2 silinder DOHC utk motor sport atau 2 silinder SOHC untuk motor naked

    dan untuk Scorpio gak perlu di lengserkan untuk digantikan Fazer 250 , cukup bodinya di refresh ganti rangka dan bodi mirip Byson

    kalo perlu biar gak berbenturan dengan Bajaj Pulsar 200ns yang fenomenal , Scorpio bisa dirubah menjadi motor supermoto tampilannya mirip dengan KTM Duke 200 dengan harga Mirip Scorpio . . . kalo scorpio mau dibenturkan ngelawan Bajaj P200ns dijamin susah dari spek mesin , rangka , body sudah kalah jauh ditambah harga pulsar yg murah

    ya semoga curhatan saya ini bisa disampaikan ke YIMM masbro hehehe :mrgreen:

    • curhatan sampean mantap banget mass !!
      mmg kelas premium itu harga bukan masalah utama, seperti artikel saya berikutnya, saya sependapat sama sampean..
      sayangnya saya nggak punya koneksi untuk menyampaikan YIMM 😦
      moga saja mereka dengar sendiri.
      makasih banyak mas bro.. 😛

  19. […] alternatif lain itupun jika yamaha bernyali pake mesin twin milik v-star seperti yang kemukakan bro gianluigimario. Sekalian saja main di blue ocean v-twin memakai model motor cruiser layaknya […]

  20. Taufik says:

    Tinggal price nya aja . . . kalo Fazer 250 dibandrol 25-26 juta kupikir bagaining possitionnya akan menguat, cmiiw, imho 😀

    • Njeplax says:

      like this kang haji… cukup logis kalo di bandrol segitu secara mesin plek dengan scorpio cuman kalo fazer dah injeksi.. tapi kan sekarang ini era injeksi apapun kalo dibuat secara masal pasti jatuhnya lebih murah. apalagi 2014 semua produk yamaha injeksi semua.

    • thanks kang..
      ane sependapat sama panjenengan, karena tanpa banyak perubahan frontal dari scorpio, rasanya harganya nggak mahal.
      kelemahannya : kyaknya dg harga segitu berkesan nggak kelas premium imho 🙂

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s