Alasan mengapa harusnya CBR 150R nggak overprice..

CBR 150 itu fenomenal.
Sejak versi yang lama, yang harganya sangat fluktuatif, nyampe pernah tanya di dealer surabaya ada yang 38juta rupiah. ckckck..
Begitu mahal pun masih banyak saya jumpai dijalan..

Lha CBR150 yang sekarang kok nggak fenomenal ya? padahal  harganya ‘hanya’ 33 juta.. Kira-kira kenapa?

Secara spek mesin, desain, performa, CBR jelas superior dibanding sport 150cc lainnya (kecuali 2-tak KRR imho). lantas apa sebabnya kok nggak begitu booming penjualannya alias melempem???

Barangkali satu jawabnya : harga 33juta itu, untuk saat ini overprice banget. cmiiw. Gampang sekali jawabnya..😛 Lha bukannya CBR 150 memang untuk kelas premium /yang berduit tebal? Dan CBR yang lama kok 38 juta dulu masih populer? barangkali dulu dan sekarang ada faktor yg membedakan.

mungkin faktor tersebut adalah :
– Dulu kelas premium belum punya banyak pilihan (250cc belum banyak mengaspal )
– Didului oleh kakaknya, CBR 250 yang juga kelas premium
– Lebih disukai modelnya yang lama,
– motor 150CC lainnya sudah banyak yang inovatif.

Nah gampangannya gini, dulu waktu belum ada CBR250 (atau Ninja 250) orang yang berduit dan pengin eksklusif mungkin hanya memilih CBR, kecuali yg speedfreak (aka Ninja KRR). Karena sekarang lebih banyak pilihan, maka segmen eksklusif/premium lebih tersebar.. cmiiw

CBR 250 dihadirkan terlebih dulu imho juga berpengaruh terhadap adiknya. Secara value dan buat yang suka nama besar Honda, rasanya CBR 250 CC tersebut lebih baik, atau kalau bisa tambah ‘sedikit’ duit mending sekalian ambil yang 250.. bukan begitu?

Model CBR yang lama itu lebih wah dan cocok buat kebanyakan orang indonesia, dan secara mesin cmiiw sudah teruji. ada buktinya ? entahlah, yang jelas meski sempat kolaps oleh Minerva, CBR 150 lama masih banyak yang cari sekennya.. bukankah artinya masih banyak yang suka? cmiiw

Terakhir soal motor 150CC yg lain disaat ini.
Memang mesin 150cc DOHC liquid cooled deltabox frame dulu nyaris tanpa lawan (FXR layu sebelum berkembang), namun untuk saat ini sudah banyak kompetitor yang menawarkan beberapa dengan harga lebih rendah. Katakan soal pendingin cairan dan deltabox, itu Piksyen sudah menerapkan, dan laris. DOHC ? Satria FU yg terjangkau sudah mewarisi titisan FXR, laris manis juga. Harga keduanya jauh lebih rasional untuk ditebus.. cmiiw.

Ringkasnya begini :

Kalau dulu memang minim pengganjal, boleh jadi setinggi berapa harga masih dicari. Nah kalau sekarang beberapa unggulannya telah menemui pesaing, mengapa CBR nggak sedikit diturunkan..
Logisnya, kalau sudah ada kompetitor yang lebih disukai dengan harga yg rasional, CBR150 pun baiknya sedikit mengikuti karena sudah ada pola pasar , seperti di India misalnya yg turun harga karena lebih dulu ada R15. Soal pajak yang mahal ? waduw maaf masak nggak bisa diambil celah dikit hehehe atau kapan CKD disini ya?

Beda lagi ceritanya kalau Honda memang kukuh dengan penetapan harganya.. (nggak mau turun kayak India). Yah begini jadinya, agak lesu.
padahal kalo 27~30jt kan lebih rasional ya?, bisa jadi banyak yang berburu (mungkin termasuk saya ) hehe

Bagaimana  pendapat anda? monggo.. (gianluigimario)

52 thoughts on “Alasan mengapa harusnya CBR 150R nggak overprice..

  1. smartf41z says:

    Setelah lihat dijalan dimensinya ga seberapa besar ternyata. Kalo saya sendiri modelnya lebih prefer cbr baru🙂

  2. Ari CX Rider says:

    kalo bagi speedfeaker 150cc 4tak, kebanyakan lebih milih yg old ,
    mungkin secara dimensi lebih ramping

    hehe

    http://areeya2.wordpress.com/2012/02/23/lagi-stripping-cbr-150-with-bendera-inggris/

  3. H3 says:

    Disinyalir bro..Gian lg pengin nambah momongan (CBR-150 old)….he..he..he..

  4. gogo says:

    stlh melihat motornya langsung, cbr emang lebh elegan.. cck buat ngantor.. dah, beli aj bro mario..

  5. sang says:

    klo saya kok lebih suka yang warna biru daripada yang putih hitam, terasa lebih sporty

  6. Yumi Sugimoto says:

    Kemaren pernah lihat CEBOKER 150 Old kayak punyane Blogger Aziz gagap dipajang didepan bengkel ahass
    Jekulo Kudus.
    Dijidatnya dikasih no hp.
    Tak bandingin ma yg baru kok malah lebih sip yg lawas. Aura sport CBRnya lebih nampol gitu.
    Ternyata cakep juga ya.
    Cuman spidonya gak kayak New CEBOKER 150 semi digital.
    Masih analog kayak pikson.
    Kalo yg 250 merah silver emang bener guanteng sekali tampangnya…
    Tapi dari belakang temenku bilang kayak NMP buritane…
    Subjektif lho ya…Beda2 orang…

  7. redbike92 says:

    menurut saya ini motor harganya pantes ama performa dan kelebihannya kak bro😀
    tapi setuju sara kak mario, kalau CBR150 ini harganya bisa disunat jadi 28-29juta aja, pasti jadi senjata ampuhnya AHM

  8. Yumi Sugimoto says:

    Seandaikan lo ya,
    khusus pasar NKRI dianak emaskan Honda AHM lewat CKD / produksi sendiri CEBOKER 150 Old dg kandungan lokal tinggi harga pun bisa sama kayak
    thai & india Plus spido semi digital injeksi.
    Dijamin inden pada mengular & Yamaha norak kampungan gak bisa bikin mesin dohc langsung tiarap bangkrut piksonya gak laku…
    SAYANG hanya mimpi ngarep ma
    honda AHM sialan. Dipikiran mereka jualan tiger picek jadul kemrosak aja banyak yg suka ngapain ckd CBR 150.
    hadoooh..hadoooh…
    Ahm ahm montor premium thai & india 21 juta kok nenggak bensin kismin premium….ckckckc…
    NKRI malangya dijajah jepang…
    Mungkin hanya P200NS nantinya yg akan mengerti apa yg konsumen NKRI inginkan. Mudah2an dg hadirnya ni montor nanti produk jepang fuck semakin gak laku..
    amiiin…

  9. Dr.Feelgood says:

    operprice, turunin dong biar jadi lowprice…… heheh….😀

  10. ex tigi rider says:

    berraaninya nyumpahin doang… motor masih kreditan aja… motor bebeek lagi… kaciann

  11. lostamasta says:

    Masa di bilang gk laku gk jg ah sy aj inden ud 2 mgu blm dpt2 sy tanya sales honda jg list pengindent cukup byk. Jd klo di bilang gk laku ky statement yg gk valid, masalah y justru unit/barang y tidak ready stock jd lama sampai k tangan konsumen(yg sudah inden byk). Btw ini mtor premium jd jgn samakan angka penjualan y dgn vixion or NMP.

    • oche dehh..
      itu hanya pendapat kebanyakan orang.
      bagi premium memang harga nomer sekian, namun bisa jadi kalo pautannya nggak jauh dg premium yg terdekat misalnya kakaknya yg 250, ya pindah kesana deh.

      soal NMP, Vixion, atau FU, itu saya bilang :beberapa fitur yg dulu cuma CBR yg punya, skrng diaplikasikan dibeberapa motor, jadi bahan pertimbangan ”

      makasih bro infonya..

  12. twink says:

    tanya sm pemerintah aja knp pajak bea cukai na yg gede?harusnya pajak kendaraannya yg gede?dan pemerintah harus buat kendaraan umum masal seperti di lar negeri yg murah,aman,dan lengkap..biar smua org tdk menggunakan kendaraan secara over acting….jgn menjadi konsumen yg kurang cerdas akibat memikirkan gaya dan gengsi semata…dan kl tdk ada pengkontrolan kendaraan maka terjadi kecelakaan dmn”….karena kita itu menganut sistem hukum adat yg bersifat konkret…..kl ada pengaturan kendaraan bisa menghilangkan geng motor lho?ya minimal 150cc injeksi,motorsport..matic minimal 150 injkesi ber radiator…smua nya harus beradiator…kl mobil minimal cc nya 2000cc aja deh?biar indonesia tuh bebas macet dan kegiatan sehari ” lebih cepat….berbenah dulu sistem tata lingkungan kita..jgn jd konsumen over!!!lebih setuju kl pajak kendaraan dinaikkan 25% bila dibawah 600cc

  13. twink says:

    jd yg di salahkan tuh bkn pihak pavrikan..dia mengikuti pajak bea cukai yg ada!jd patut disayangkan kl pajak mahal tp jalan rusak,kendaraan banyak,ketidaktertiban pengemudi yg memicu kecelakaan menjadi tugas berat para pemerintah…bagaimana??sebenarnya sih nulis gini karena care sm org”….mendingan dukung transportasi massal deh?biar kecelakaan diminimalisir?jgn jd korban gengsi sm mode aja?harus menyesuaikan diri,kl di luar negeri tuh kl ditanya soal kendaraan roda 4 atau 2 pasti jawabnya tidak ingin pmemiliki atau cukup 1motor 1 mobil,karena pajak mahal dan bisa meminimalisir angka kecelakaan per tahun…gank motor pun!! berkurang…(semoga)dan para ridersnya harus lebih waspada mengingat hidup ini nyata

  14. twink says:

    oh iya knp ya para pihak atpm tidak punya program recycle motor lama atau museum motor lawas ya?(dari pihak konsumen..jd ga terlalu penuh dan sempit jalanan di indonesia?syukur” partnya ada?sbenarnya perilaju kita yg msh konkret.mau nya untung malah buntung….saya suka iri mas sm negeri org?yg nyaman,aman,bebas asap knlpot,terlebih isu global warming yg disepelekan…..

    • lama2 ozon lubang dan antartika meleleh kalo nggak go green..
      kalo di recycle ditukartambah barang tahun baru gitu yah mas..? mgk buat mereka nggak menguntungkan..🙂

  15. twink says:

    iya memang perlu transportasi massal…cm kpn realisasinya?kshn liat kecelakaan malah tambah banyak?sory bro ngomong pjg kali lebar gini,abis diberita cm isinya yg aneh”?miris mendengar kata otomotif….
    oya mau tanya yg lain nih?kl cbr 150 kan ada versi repsolnya?kl kaya gbr di atas tuh bakal ada ato ga ya?soalnya di thailand sdh ada tuh?

    • soal realisasi hanya pemerintah yg tahu.. mgkn kereta supercepat yg tahun 2025 selesai itu bs jd salah satu solusinya.

      tampaknya belum terdengar CBR150 disini mau gnti striping diatas,
      thailand mmg pertama, trus india jg mmau ganti motif itu segera.
      indonesia? selain repsol belum terdengar lainnya..cmiiw

  16. twink says:

    iya..menurut dta yg ada lapisan o2/ozon di indonesia sangat tipis!!hanya 10/12% dr 100%..cb gmn ngebayanginnya kl kita hidup tanpa oxigen??ya boleh lah tukar tambah?mending gtu sih?di indonesia harus ada regulasinya mas??cb pasang artikel angka kecelakaan yg terjadi di indonesia?pasti tiap tahun makin nyak kan?kl di luar negeri tuh tidak demikian…jd kita tgu kisah selanjutnya dari mas gian

    • soal artikel kecelakaan. eyang edo paling lengkap. sampean mungkin sudah langganan baca, atau mas eko deby(cafebiker)..

      saya lmyn tertarik menulis soal ozon😛

  17. twink says:

    kl perlu share ke blog yg lain jg tentang lapisan ozon di indoesia?kasarnya nih percuma mau motor apapun,mobil apapun kl macet,banyak jumlah kendaraannya,dll pasti bumi tambah rusak….kshn kepada generasi penefus kita yg tak mendapat lahan….

  18. twink says:

    iya dong jgn ttg motor aja?sisi yg lain jg dan dpt mempengaruhi faktor sosiologis?kl saya sih setuju kl kendaraan kecil dibatasin sesuai cc na,begitu jg mobil?harus 4tak euro 3….kl ga gtu ozon kita malah habis,volume bertambah banyak,kecelakaan nambah,perusahaan untung,kita dirugikan dari segi apapun…mksd saya perusahaan atpm mobil atau motor…jd biar bisa tertib..cm kpn nih ada yg brani nagih kpd pemerintah???

  19. twink says:

    iya dong jgn ttg motor aja?sisi yg lain jg dan dpt mempengaruhi faktor sosiologis?kl saya sih setuju kl kendaraan kecil dibatasin sesuai cc na,begitu jg mobil?harus 4tak euro 3….kl ga gtu ozon kita malah habis,volume bertambah banyak,kecelakaan nambah,perusahaan untung,kita dirugikan dari segi apapun…mksd saya perusahaan atpm mobil atau motor…jd biar bisa tertib..cm kpn nih ada yg brani nagih kpd
    pemerintah???

  20. twink says:

    saya tagih loh janjinya?hehe

  21. twink says:

    iya nih lg usulkan ke dpr

  22. twink says:

    yoi mas…ayo selamatkan bumi kita!cb bayangin aja dgn aquarim sedang yg di isi dgn ikan agak besar,kan malah ga muat?gtu jg dgn motor…

    • salut mas buat kepedulian sampean..
      ehh tadi smpat browsing, yg merusak ozon tuh senyawa2 CFC.. kayaknya asap motor gak ada.
      kalo pencemaran CO sih pasti cmiiw🙂

  23. twink says:

    iya mas….selain bahas ttg ozon..kl dilihat dr jumlah kendaraan kan jg harus dibatasin?kl pemerintah bs membuat transportasi massal,maka pemerintah bs menghematan pendapatan masyarakat lho??
    trus kl. dilihat dr segi hukum dan gejala sosiologis yg ditimbulkan,jelas merugikan manusia dan bumi…jd gmn nih??buat artikel ttg pembatasan kendaraan bermotor dong mas?sm solusinya..makasih…..

  24. twink says:

    oiya mas,1 hal lg…alasan knp menulis komen ini adalah tidak lain dgn pedulinya terhadap bumi,indonesia,dan jg masyarakatnya…cm skrg..ada yg peduli ga dgn saran saya ini?hehehe

  25. dave says:

    satu alasan yg pasti,,
    kalo dulu mahal kan lewat IU bukan lewat AHM..
    kalo sekarang kan bawaan dari AHM langsung..
    harus nya bisa lebih murah banyak dari IU..
    terus uda di omong2in mulu harga 27-30jt,,
    ternyata 33jt,, ya pasti orang bilang nya overprice.. cmiiw..

  26. gede citra says:

    honda tu terlalu mahal ngasi harga untuk yang 150 cc..gak masuk AKAL tu harga cbr nya

  27. tiko says:

    Dari SD mpe kul taunya honda itu gue banget. Tapi ketika skrng tau hrga cbr 150 yg tinggi trus ada yamaha keluarin produk sejenis dan lalu harganya diturunin bikin eneg. Kliatan klo mainin banget. Jdi skrng honda tdk bangettttt

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s