Mesin sepeda motor bekerja dengan cara yang sama dengan mesin mobil . Mereka terdiri dari piston, blok silinder dan head, yang berisi katup (valve). Piston bergerak naik dan turun di blok silinder, didorong oleh ledakan dari campuran bahan bakar dan udara yang telah dinyalakan oleh percikan api (busi) .
Katup membuka dan menutup untuk memungkinkan campuran bahan bakar dan udara masuk ruang bakar . Piston bergerak naik-turun, memutar poros engkol (crankshaft) , yang mengubah energi dari piston menjadi gerak putar.
Kekuatan putar poros engkol ditransmisikan ke roda belakang sepeda motor setelah melalui “bak transmisi”.
Simpelnya : Energi dorongan dari hasil pembakaran, diubah menjadi gerak lurus oleh turun-naiknya piston. Kemudian gerak lurus ini diubah menjadi gerak putar (karena roda membutuhkan gerak putar, bukan lurus) oleh poros engkol. Pada akhirnya setelah melalui transmisi dan rantai/CVT, gaya ini menggerakkan roda.
Energi ledakan-> gerak lurus piston-> gerak putar poros engkol-> transmisi-> roda
(gianluigimario)
pencerdasar sip…. moga bisa podium
hehe.. dulu wktu sma perna baca buku temen
Milan vs Juve piye masbro?
1-1.
gol milan ada yg gak di sahkan..
juve juga ada satu gol yg dianulir..
Manggut manggut karo ngopi…
wis wayahe turu mas 🙂
perpaduan teori ilmu fisika dan kimia, menghasilkan benda yang sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia 😀
yang nemu mikirnya njelimet tuh.. 🙂
hahahaha, sudah pasti mas itumah xixixi mumet bin pusing tujuh keliling, tetapi kita sekarang bisa menikmati hasil karyanya orang2 jaman dulu. alhamdulilah, manusia diciptakan dengan segenap akal dan kemampuannya oleh Alloh SWT tidak ada yg sia2. 😀
robbana ma kholaqta hada baathila.. ‘ya Tuhanku, tiada yang Engkau ciptakan sia-sia..’ Al imran 190
Mantaf
sangat bagus dan memberi pelajaran buat gue