Komparasi CBR150 dan Scorpio, kapasitas cuma 66% tapi power 98% sama..

Salah satu artikel khas warung ini, yaitu komparasi tabel mesin dengan ulasan ringan.
Kok cuman ringan? yahhh mampunya warung ini sampai segitu, kalo yang ulasan kelas berat ya yang mampu cuman blogger papan atas macam Kang taufik, pak Tua, ato mbah dukun..
Sesuai kapasitasnya lah :mrgreen:

Nah sekarang mau saya kompare antara CBR150 dan Scorpio2011.
Kan beda jauh toh? iya, tapi kan powernya nyaris setara, jadi sdikit ‘dipaksa’ bolehlah.. 😛

.

.

.

.

mari mengawali dari melihat tabel..

Soal  kubikasi, CBR memang cuman 66 % dari si Pio, namun power yang mampu di keluarkan nyaris setara , 98% dari tombak yamaha itu. Meski RPM untuk mencapai itu beda 2000, karena CBR perlu bergasing di 10.500 untuk mengeluarkan tenaga puncak. untuk urusan Torsi CBR harus takhluk, karena tertinggal 5Nm dari pesaing ini.

Darimana asalnya power yang nyaris sama tersebut padahal kubikasi 2/3-nya? Secara teknologi jelas kalajengking bertekuk lutut. DOHC, liquid cooled, Injection, full transistorized jelas jauh lebih canggih. Tapi masak itu yang bikin efisiensi power?
Transmisi CBR memang 6-speed, namun itukah yang buat powernya seimbang? rasanya bukan (cuman ) itu .. imho
Apa karena CBR tipe “big bore”? lah si pio juga sama kok, liat aja diameter pistonnya yang besar.. cmiiw

Apalagi ya jawabannya? hehe nggak tahu pasti karena saya bukan lulusan mekanik 😛

Barangkali kalau boleh berspekulasi, maka perkiraan saya adalah power yg sama tersebut datang dari DOHC yg dipadu dengan Injection yg efisiensinya lebih sempurna, ditambah dengan suatu rancangan mekanisme khusus di transmisi mesin honda yang lebih mantab.. imho. Yang pasti secara berat relatif sama 🙂

Hal yang bisa kita ketahui dengan mudah adalah, harganya tidak sama yang terpaut sekitar 10juta, meski CC lebih kecil.
Lazim? tentu saja, karena CBR memang kelas premium.. hehe 😛 ada segmen nya sendiri. laris atau tidaknya tentu soal yang relatif.. 🙂

Sampean tahu darimana asalnya power yg menyamai tersebut?
monggo.. (gianluigimario)

Advertisements

32 thoughts on “Komparasi CBR150 dan Scorpio, kapasitas cuma 66% tapi power 98% sama..

  1. vixy182 says:

    kalo duel start awal menang scorpio… Akselerasix awal emang gila… 🙂 ..pernh coba scorpio tipe awal dulu

    • melihat spek torsinya, pantaslah begitu..
      thanks sharingnya 🙂

    • jhon says:

      sory bro klo aksel mang mnang pio tp top speed jangan harap dh pio cm mntok di rpm 9000 jg dah ngap ngapan tp cbr bs lbih dr 1000.jujur aja pio 225 cc klo di adu sama tiger jg msh bs mnang tiger bro.knp dmikian cdi tiger unlimited bro.cb lu klo punya tiger ganti tuh piston sama punya honda mega pro primus kompresi jd naik karena piston mega dome nya lebih jenong lebih nampol buat tarikan bawah al hasil bahan bakar yg trbakar sempurna tdk tersisa.

      cbr gw dah coba top spd nya tembus 149 kpj di rpm 10500-an,scorpio 140 di rpm 9500-an kurang dikit,tiger pk piston mega pro primus tembus 146 kpj di rpm 10000 pas.

  2. sinbe says:

    Sing numpak scorpio gayane senonoh bgd :mrgreen:
    kalo klingon menurut ane kudu ganti tampilan aja deh kayak byson kn gagah tuch.

  3. kharis27 says:

    stroke pendek cuman 47.2 ,doch 4 valve, mungkin powernya dpt disamai d rpm tinggi,
    kalo salah, mungkin ada susuatu di mesin cbr nya,
    hehe

  4. REC*303 says:

    Coba di compare sama CBR versi Thailand yang 19.9ps

  5. Njeplax says:

    untuk stop n go masih mantap Pio… akselerasi menang Pio..part juga lebih murah Pio..ketersediaan part juga gampang Pio… perawatan juga gampang Pio… buat trabas keluar masuk hutan juga menang Pio..

    Untuk urusan Gengsi ya CBR 150 unggul lah… kan barang mahal.

  6. dave says:

    ky nya kalo bilang dohc + injeksi jd power segitu,,
    menurut saia,, imho,, ga jg,,
    soal nya cbr 150 yg jadul belom injeksi,,
    tapi power nya mantep jg tuh,, hehe,,
    cmiiw..

    • iyo massss.. bener juga ane baru nyadar..
      berarti mekanisme lah yg lebih penting 🙂

    • dave says:

      hehe,, berarti ada teknologi apa gt di dalem cbr,, cmiiw..
      btw salam kenal mas..

      • iya salam kenal mas.. eh boleh tanya juga ya..
        power cbr yg lama tepatnya berapa? apa betul 19.9PS?
        seingat saya dibawah cbr150 yg injeksi cmiiw.. 😛
        thanks

      • dave says:

        waduh,, kalo soal itu saia kaga tau mas,,
        cm kalo baca dari komen2 yg ga tau bener ato salah,,
        power yg lama c kata nya lebih gede,,
        sebelom yg new launching,, bilang nya yg new lebih besar..
        tapi seuda launching bilang nya power gedean yg lama,,
        itu jg kata komentator,, kalo benernya saia ga tau,,
        buat lebih jelas nya bisa di tanya ma mas taufik,,
        ato di azizyhoree.wordpress.com
        dia punya cbr lama + dah test ride cbr baru,,

      • oke mas.. nanti kalo lengkap sekalian bisa buat artikel baru yang khas 🙂
        thanks 😛

      • dave says:

        lha? kok malah thanks sama saia?
        sante aja.. 😀
        ditunggu artikel baru nya.. hehe..

      • thanks for sharing and comment..
        i am very appreciate that .. 🙂

  7. sang says:

    nyimak aja gan

  8. Aa Ikhwan says:

    vote cbr150 tapi harganye muahhal :D,.. new scorpio masih ambles gak ya sok belakangnya?

  9. abdullah says:

    ada beberapa faktornya IMHO:
    1. rancangan DOHC 4 Katup
    2. Rasio bore vs stroke
    3. EFI
    4. Liquid cooler
    5. jenis part mesin yg ada di CBR
    6. derajat lifting noken as (bukaan katup)

    silahkan ditambahi ya

  10. eki says:

    Mas, bro, mas bro, gan, om, kang, cak, boy, jeh dll dsb.. ^^
    Tlg petunjuknya, mana yg lebih siip! Antara CBR 150R yg baru ini ama CBR yg lama masi sistem carburator..? Kalo dinilai dr greget speed, design, kbutuhan spart, dll..
    Sdangkan aku, TB 165cm, BB 50kg.. Ga mau menggunakan duit scara sia2.. ^^
    Jwb an bsa d posting di sini Ato k email ekilamoheki@yahoo.co.I’d
    Thx b4

  11. eki says:

    Mas, bro, mas bro, gan, om, kang, cak, boy, jeh dll dsb.. ^^
    Tlg petunjuknya, mana yg lebih siip! Antara CBR 150R yg baru ini ama CBR yg lama masi sistem carburator..? Kalo dinilai dr greget speed, design, kbutuhan spart, dll..
    Sdangkan aku, TB 165cm, BB 50kg.. Ga mau menggunakan duit scara sia2.. ^^
    Jwb an bsa d posting di sini Ato k email ekilamoheki@yahoo.co.id
    Thx b4

  12. Fia aprialia says:

    Coba aja mas scorpio mas ganti yang pilot jet ama air jet.nya murah cumal 12 rbuan . . .
    Di jamin deh scorpio mas tembus 160 mas . . . 😀

    • ingintau says:

      mungkinkah Fia aprialia ?
      pilot jet ukuran berapa ? air jet ukuran berapa ?
      setau saya pilot jet dan air jet hanya untuk rpm rendah-menengah saja.
      main jet nya mungkin yang diganti ya, ukuran berapa ?
      gir belakang ganti juga gak ?

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s