Mengira-ngira rupa Honda Teralis.. : sebuah tulisan ringan.

Honda Teralis belum ada kabar lagi.. begitu rapatkah disimpan AHM beritanya? Karena belum ada kepastian, maka mari mengira2 bersama seperti apa rupanya.. ๐Ÿ˜›

Pertama : apa tujuan dilahirkannya Si Teralis? imho, menjadi penguasa baru kelas sport . P200NS pun bisa saja menjadi kandidat raja baru (dengan catatan 3S bajaj meyakinkan).. ada lagi? tentu sang pemuncak saat ini, Vixion, yang mau di-Updateย  ๐Ÿ˜€

NMP ? rasanya kecil peluangnya.. Byson? lebih kecil lagi. AllNewCBR150??? ini mah kelas premium, jelas nggak mungkin jadi raja! (kecuali perekonomian tanah air membaik dg ajaib, atau harganya turun sigifikan :sama-sama nggak mungkin tho? ). KTM duke piye? rasanya bakal jadi premium juga tuh ๐Ÿ™‚

Oke katakanlah lawannya adalah P200NS atau updated Vixion(ambil aja R15). Dan karena mesin CBR disebut2 bakal dipasang, maka tabel lengkapnya adalah

Soal mesin, dua kandidat lain masih SOHC liquid cooled, di P200 memasang karburator dan Vixion hampir pasti tetap Injeksi.
Bagaimana baiknya mesin si teralis? SOHC saya pikir cukup, namun kudu hitech (liquid cooled). Injeksi hampir pasti. Transmisi : wajib 6 speed! siapa yg mewajibkan? saya sendiri :mrgreen:

Power atau torsi mesin teralis kudu 11-12 dg vixion Updated nantinya.

Gimana kalau DOHC? bila SOHC cukup, maka DOHC akan jadi senjata sakti motor ini, asal tak melambung harganya.. (kayak mesin FU). Bila tak bisa murah ongkosnya, udaaahh SOHC aja dahhh ๐Ÿ™‚

Chassis ??? Kedua lawannya pakai Deltabox, demikian pula CBR. Kalau memang benar memakai teralis, akan jadi pemandangan baru yang menambah nilai kompetitif.. minimal sama deltaboxnya lahย  ..

Desain? wah ini ranah paling sulit.. mungkin mirip CBR tapi naked ya trus pake sasis teralis hehehe ๐Ÿ˜€ sekali lagi, ini hanya perkiraan saya.. Speedo meter? digital tentunya bakal mantap apalagi NMP aja udah duluan .. RDB jelas hampir mesti..

Terakhir, namun yang paling penting : Strategi harganya. Harga wajib tidak jauh dari Vixion Update atau P200NS. Walau nilainya begitu baik, kalau harga melangit mah sama aja bikin CBR baru.. ๐Ÿ˜€

Singkatnya begini perkiraan saya

Nah, bagaimana perkiraan sampean ?? monggo di share .
(gianluigimario)

Kisah Unta tercepat Rasulullah yang dikalahkan..

ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ู…ูŽุงู„ููƒู ุจู’ู†ู ุฅูุณู’ู…ูŽุงุนููŠู„ูŽ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุฒูู‡ูŽูŠู’ุฑูŒ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุญูู…ูŽูŠู’ุฏูŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู†ูŽุงู‚ูŽุฉูŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุญ ูˆ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ููŠ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏูŒ ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ุงู„ู’ููŽุฒูŽุงุฑููŠู‘ู ูˆูŽุฃูŽุจููˆ ุฎูŽุงู„ูุฏู ุงู„ู’ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฑู ุนูŽู†ู’ ุญูู…ูŽูŠู’ุฏู ุงู„ุทู‘ูŽูˆููŠู„ู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ู†ูŽุงู‚ูŽุฉูŒ ู„ูุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุชูุณูŽู…ู‘ูŽู‰ ุงู„ู’ุนูŽุถู’ุจูŽุงุกูŽ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ู„ูŽุง ุชูุณู’ุจูŽู‚ู ููŽุฌูŽุงุกูŽ ุฃูŽุนู’ุฑูŽุงุจููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ู‚ูŽุนููˆุฏู ู„ูŽู‡ู ููŽุณูŽุจูŽู‚ูŽู‡ูŽุง ููŽุงุดู’ุชูŽุฏู‘ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ููˆุง ุณูุจูู‚ูŽุชู’ ุงู„ู’ุนูŽุถู’ุจูŽุงุกู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽ ุญูŽู‚ู‘ู‹ุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽู†ู’ ู„ูŽุง ูŠูŽุฑู’ููŽุนูŽ ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ู…ูู†ู’ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ูˆูŽุถูŽุนูŽู‡ู

Telah menceritakan kepada kami Malik bin Ismail telah menceritakan kepada kami Zuhair telah menceritakan kepada kami Humaid dari Anas radhilayyahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mempunyai seekor unta. menurut jalur lain dia menuturkan; dan telah menceritakan kepadaku Muhammad telah mengabarkan kepada kami Al Fazari dan Abu Khalid Al Ahmar dari Humaid ath Thawil dari Anas mengatakan;

Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam mempunyai unta yang diberi nama ‘Adhba’. Unta itu tak pernah terkalahkan (jika pacuan). Selanjutnya ada seorang arab badui diatas unta mudanya dan berhasil mengalahkan unta itu. Hal ini menjadikan kaum muslimin merasa terpukul dan mereka berujar;ย  “Hah, Unta ‘Adhba’ terlampaui, unta ‘Adhba’ menjadi terlampaui.” Kontan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “merupakan hak bagi Allah meninggikan sesuatu, kemudian suatu hari pasti merendahkannya.” Hadith Bukhari

Catatan kecil :

Hadis ini bisa jadi analog dengan mobil/motor yang dibanggakan sebagai tercepat, suatu ketika pasti menemui ada yang melebihinya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasallam memberi contoh kepada kita mengenai suatu predikat keduniaan.
Suatu ketika, Allah bisa saja menganugerahkan seseorang itu kendaraan yang tercepat, atauย  sesuatu dengan predikat terbaik.
Namun tidak ada hal di dunia ini yang abadi, demikian pula predikat tercepat atau terbaik itu suatu saat pasti ada yg akan mengalahkannya.

Sifat Bijak Rasul yang patut kita teladani disini adalah, memandang sesuatu predikat dunia itu biasa, tidak kecewa ketika kalah, tidak memperturutkan ambisi, dan mengembalikan hal itu kepada sifat Allah yang Maha tinggi.. Subhanallah.

Demikian.. (gianluigimario)

Mengenai Takabbur (khutbah jumat)

Mari memasuki menu khas warung ini : berbagi sedikit ingatan soal resensi kutbah jumat. Tema pak khatib di masjid Maspion V adalah Takabur.

Takabur itu ada didalam hati.ย  Takabur dapat diartikan sebagai ‘sombong’, namun menurut pengertian Rasul, takabbur itu ada2 :
– Menolak kebenaran
– Meremehkan orang lain
disebutkan bahwa orang yang punya takabur dihatinya , meski kecil, tidak dapat masuk surga.

Abdullah bin Mas’ud mengatakan bahwa Nabi Shallalahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Tidaklah masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat takabur seberat zarrah atau atom”. Seorang laki-laki bertanya kepada Nabi Shallalahu ‘alaihi wassalam, “Bagaimana dengan seorang yang senang dengan pakaian dan sandal yang bagus?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu Mahaindah, Dia mencintai keindahan. Takabur adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain”. (HR Muslim)

Takabur ada 3 macam :
– Takabur kepada Allah
– takabaur kepada Rasul
– Takabur sesama manusia

Tkabbur kepada Allah itu bermakna enggan beribadah dan menaati syariatnya, kebanyakan takabur ini terjadi saat mereka merasa berkecukupan, seperti disebutkan dalan Quran :

ูƒูŽู„ู‘ูŽุง ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ุฅูู†ุณูŽุงู†ูŽ ู„ูŽูŠูŽุทู’ุบูŽ ู‰ูฐุฃูŽู† ุฑู‘ูŽุขู‡ู ุงุณู’ุชูŽุบู’ู†ูŽู‰ูฐ

Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas,ย  karena dia melihat dirinya serba cukup. ( Al-Alaq 7-8)

Takabbur kepada Rasul berarti tidak mau melakukan sunnah beliau, tidak mengakui atas apa yang diturunkan kepada Beliau. Hal ini seperti keadaan kaum Quraish dahulu, yang telah datang kebenaran kepadanya namun mereka berpaling dari Rasul dan bersikap sombong..

Takabbur kepada sesama manusia terjadi bila kita merasa lebih pandai, lebih baik, lebih mulia, dsb dari orang lain , tidak mau bergaul dengan mereka.
Contohlah Rasul yang selalu menerima hadiah dari siapapun, menghadiri undangan dari siapa saja bahkan terhadap orang yang miskin. Nabi memenuhi undangan orang miskin untuk jamuan yang amat sederhana. Bahkan, kata Anas bin Malik, pria bersahaja ini pernah diundang untuk sebuah jamuan roti gandum dan minyak yang sudah tengik. Nabi mendatangi undangan tersebut dan menikmatinya. Dalam memberikan perhatian, Nabi tak membedakan antara orang kaya atau miskin.

Bagaimana memerangi takabbur? salah satunya adalah dengan sering bergaul kepada orang yang kurang mampu..

catatan kecil :

– Definisi takabbur adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain
– Hendaknya kita selalu beribadah baik dalam kecukupan maupun kekurangan,
– senantiasa mengikuti sunnah Rasul
– Serta tidak mengaggap diri lebih baik dari muslim lainnya dan meremehkannya.

Monggo..(gianluigimario).

Komparasi topspeed Vixion dg CBR, Ninja, SatriaFU, Supra : Pentingkah ?

Mungkin buat beberapa orang, top speed sangat penting.. apalagi buat motogp ๐Ÿ™‚
Apakah buat motor harian penting? jawabannya bisa jadi sangat subyektif..

Top speed Vixion saya (versi spido) mungkin nggak jauh dari 125km/jam. Lemah??? boleh jadi, kalau dibanding FU, CBR150 atau malahย  Ninja 250 Vixion terlihat cupu.

Mungkin beberapa rekan lain yang punya Vixion bisa jadi lebih cepat dari saya.. Bisa 130(umumnya), 135 (jarang), atau 140 (mas yudi batang contohnya).

Bisa jadi faktor berikut mempengaruhi top speed:
– Setting CO atau karbu
– Berat pengendara
– Ukuran ban
– Modif mesin, misal pake busi iridium
– skill pengendara
– Faktor angin
– dsb

Saya pernah mendengar FU bisa 140-150km/h, CBR 150-160 km/h, Ninja150RR bisa 180 km/h, atau Ninja 250 tembus 205 km/h.. semua jauh melebihi si Piksyen. Saya angkat topi dan mengakui kekalahan si Piksyen.. memang motor saya tak kencang benar, mungkin termasuk lemot namun saya terima julukan itu karena memang kenyataan demikian ๐Ÿ™‚

Tapi apakah memang topspeed sedemikian penting, atau sekedar gengsi/panas kalau topspeed kita dikalahkan?
Tentu buat para crosser, pembalap, polisi, dsb topspeed penting.. tapi apa untuk harian juga penting?

Tanpa mengurangi respek buat rekan yang menyukai kencang, maka saya berpendapat kencang memang bagus, keren, membanggakan, namun buat harian imho kencang bukan tolok ukur utama. cmiiw

Saya kira bila kita menggeber penuh power motor, maka dijalan umum diatas 130km/jam potensi bahaya semakin besar cmiiw. Katakan ada seorang penyeberang jalan, belum tentu kita ngatasi mengerem.. atau bila ada lubang di jalan masih mampukah kita menghindari.. Apalagi bila suatu mobil didepan kita berhenti mendadak, bukankah kebanyakan kecelakaan terjadi pada kecepatan tinggi?

Memang betul, pelan tak menjamin keselamatan.. Takdirlah yg menentukan, namun bukankah upaya hati-hati lebih dekat dengan keselamatan..

Saya suka dengan pesan manajer saya : ” Yang paling penting itu bukan seberapa kencang kita bsa memacu motor, namun sampai seberapa cepat kita masih mampu mengendalikan.. ” Karena itu, saya tak bilang kencang itu buruk, namun kalau memang masih mampu mengendalikan motor yah monggo asal jangan membahayakan orang lain..

Ati-ati bro.. ๐Ÿ™‚

bagaimana pendapat panjenengan? silahkan.. (gianluigimario)