Komparasi topspeed Vixion dg CBR, Ninja, SatriaFU, Supra : Pentingkah ?

Mungkin buat beberapa orang, top speed sangat penting.. apalagi buat motogp 🙂
Apakah buat motor harian penting? jawabannya bisa jadi sangat subyektif..

Top speed Vixion saya (versi spido) mungkin nggak jauh dari 125km/jam. Lemah??? boleh jadi, kalau dibanding FU, CBR150 atau malah  Ninja 250 Vixion terlihat cupu.

Mungkin beberapa rekan lain yang punya Vixion bisa jadi lebih cepat dari saya.. Bisa 130(umumnya), 135 (jarang), atau 140 (mas yudi batang contohnya).

Bisa jadi faktor berikut mempengaruhi top speed:
– Setting CO atau karbu
– Berat pengendara
– Ukuran ban
– Modif mesin, misal pake busi iridium
– skill pengendara
– Faktor angin
– dsb

Saya pernah mendengar FU bisa 140-150km/h, CBR 150-160 km/h, Ninja150RR bisa 180 km/h, atau Ninja 250 tembus 205 km/h.. semua jauh melebihi si Piksyen. Saya angkat topi dan mengakui kekalahan si Piksyen.. memang motor saya tak kencang benar, mungkin termasuk lemot namun saya terima julukan itu karena memang kenyataan demikian 🙂

Tapi apakah memang topspeed sedemikian penting, atau sekedar gengsi/panas kalau topspeed kita dikalahkan?
Tentu buat para crosser, pembalap, polisi, dsb topspeed penting.. tapi apa untuk harian juga penting?

Tanpa mengurangi respek buat rekan yang menyukai kencang, maka saya berpendapat kencang memang bagus, keren, membanggakan, namun buat harian imho kencang bukan tolok ukur utama. cmiiw

Saya kira bila kita menggeber penuh power motor, maka dijalan umum diatas 130km/jam potensi bahaya semakin besar cmiiw. Katakan ada seorang penyeberang jalan, belum tentu kita ngatasi mengerem.. atau bila ada lubang di jalan masih mampukah kita menghindari.. Apalagi bila suatu mobil didepan kita berhenti mendadak, bukankah kebanyakan kecelakaan terjadi pada kecepatan tinggi?

Memang betul, pelan tak menjamin keselamatan.. Takdirlah yg menentukan, namun bukankah upaya hati-hati lebih dekat dengan keselamatan..

Saya suka dengan pesan manajer saya : ” Yang paling penting itu bukan seberapa kencang kita bsa memacu motor, namun sampai seberapa cepat kita masih mampu mengendalikan.. ” Karena itu, saya tak bilang kencang itu buruk, namun kalau memang masih mampu mengendalikan motor yah monggo asal jangan membahayakan orang lain..

Ati-ati bro.. 🙂

bagaimana pendapat panjenengan? silahkan.. (gianluigimario)

45 thoughts on “Komparasi topspeed Vixion dg CBR, Ninja, SatriaFU, Supra : Pentingkah ?

  1. sinbe says:

    Ane mah ga trlalu pnting top spid, yg pnting askelerasi, ngemeng2 mbaknya manis juga tuch…! :mrgreen:

    • 😛

      yang penting nggak malu2in 🙂

      • BOSSnada says:

        maaf mas mario aku punya v-ixion 2007 serba standart bisa tembus 140 on spido… cuma berani ngetest 2 kali tok, itupun diwaktu berbeda, pertama jalur pantura surodadi Tegal, kedua setelah 2 tahun subah – Batang…. desember kemaren udah tak jual… 😀
        dah banti Repsol 150i

      • waw mantap mas.. bersyukur mas, bisa sama kayak mas yudi..
        punya saya hanya sekitar 125km/jam di jalanan deket suramadu, barangkali anginnya kencang atau spido saya yang kurang akurat atau skill mencapai topspeed saya yang kurang.. 🙂

      • BOSSnada says:

        maksud E GANTI yg ada tulisan Repsol 😳

      • CO-nya masih +1 mas?

    • Anonymous says:

      kalau menurut saya….gimana mas bro…bawanya aja!..saya pake vixi bisa nebus angka rpm diatas 130…itu masih bawaan pabrik

  2. Mas bro pinter naikin trafic. Jaga pandangan, jagalah hati. Aa Gym mode on 🙂

  3. dave says:

    yg penting yg naek ninin merah di atas sapa nama nya? :mrgreen:

  4. zaidanFarros says:

    mnurut ane sih Top speed itu sangat penting mas bro,walapun ga hrs slalu kita pake,tp apa kita mau beli mtor ninja or cbr klo top speednya cm 100?? Walaupun GA smua makin mahal mtor mkin tinggi jg top speednya

  5. klo mnrt ane mah, top speed g trlalu pnting bro. toh ane jg g brani kbut2an. slow but sure, plan2 j yg pnting nyampe.
    btul jg pndpt ente, klo d jalan raya jg tuk ngebut tuh susah. kondisi jalan yg rusak, kemacetan, atau penyebrang jalan jg hrs jd bhan prtimbngan. dr pd nti ngrenggut nyawa orang, kn lbh bahaya. :takut: :peace:

  6. sang says:

    ” Yang paling penting itu bukan seberapa kencang kita bsa memacu motor, namun sampai seberapa cepat kita masih mampu mengendalikan.. ”
    ======================================================
    betul mas… saya bawah motor 70km dan gas udah di lepas masih terjatuh karena gak bisa mengendalikan motor dan saya pernah udah 60 km liat lampu merah masih tak tarik gasnya bisa mengendalikan motor dg baik tidak menabrak yang dah berhenti.

  7. Skipz says:

    Betul Mas intinya kta bsa mengendalikan kendaraan dgn baik & aman, Klo skr mau test topspeed sulit lho Mas Ane aja bawa Ninin150 kecepatan tertinggi wktu ngeKips gear 3 aj paling 100Km/h mau narikk lagi gak ada nyali padahal gas masih sisa banyak.(Jadi ya percmua )

    • iya mas.. pengendalian itu berhubungan dg keselamatan/nyawa.
      kalo mmg tataq di kecepatan tinggi sih boleh, tapi baiknya ngebut kan ada tmpatnya (sirkuit) 😛
      makasih sharingnya mas utomo..

  8. ryo says:

    imho… buat harian torsi (apalagi dah kluar di rpm rendah) jauh lebih penting daripada topspeed…

  9. destri says:

    speed manh ga penting……
    yg penting cewenya gan…
    mau di entot pa ga…..

  10. emont says:

    pnya aq 135 km mas bro’ vixion bw tongkrongan boleh lah’

  11. kalo aku lebih suka sma tenaga motornya 😀 cz aku suka cari jalan yg agk rame tp gak macet dan bru disitu aku test kemampuan aku untuk bermanufer, kadang suka aku waktuin smpe tmpt tjuan brpa waktunya 😀 gk bhong kok, aku tinggal di daerah karawang dan disini jalanan panjang dan lumayan ramai jdi enak dipake buat latih skil aku hehe, tpi tetep yg diutamakan keselamatan org lain no.1 aku pernah tabrakan 3x dan itu nghindarin org semua hehe, dan 1x mtor ancur abis, dan yg ke 2 kaki aku hampir patah ketarik footstep dan yg terakhir aku slip di waktu hujan, ini pengalaman pribadi kok, hehehe jangan ditiru ya teman2 semua, dan skrg aku masih aktif test kmampuan au tapi skrg di jalanan batam cz aku lgi kuliah di batam heehee ad org batam dan karawang kah disini ehehe 😛

    salam kenal semuanya, maap curcol sedikit hehe bagi2 pengalaman aja 😀

  12. in0, says:

    vixi q lawan satria f 150,menang punya q tapi jarak 300 meter,
    .sama megapro,n bys0n msh menang q,

  13. hanif says:

    setuju sama kmu mas,,,,,,,pnya sya smpe 140

  14. tony j visa says:

    satria fu kondisi standar cuma 127 di versi spido bawaan nya…
    tp memang iya bisa ngalahin vixion…

    tp akselerasi vixion mantap gan… enak buat stop n go… di tunggangi nya jg nyaman..
    klo satria fu buat stop n go kurang nyaman…
    rpm kisaran 1000 sampe 3000 motor terkesan brebet.. tp rpm 3000 keatas wow keren….

  15. umar says:

    vixi q bisa tembus 145 km/h pada gigi 5 rpm nya blum mentok klo mentok mungkin bisa 150 km/h . masih standart. cuma ganti ban agak kecil bro depan 225 blakang 250.

  16. mr.true says:

    yo
    mstio goblok banmu cilik spidone ra akurat cupu lue

  17. bejo says:

    perlu diingat claim topspeed menurut pemilik motor dengan brand yang berbeda2, bahwa speedometer ditiap motor ada yang tidak sama brand a dengan brand b, selisih beberapa angka/digit,, jadi klo mau sama2 adil tesnya bsa lewat dyno,, cmiww

  18. davi says:

    jual ajj ..
    .. ganty ma fu
    … percuma body gedhe..
    lo cuman 130 …

  19. harie says:

    betullll…….
    motor semakin banyak….yg penting ati² bukan kebut….

    sekarang enaknya yg modis donk…..dan pix-ion…pilihan ku…mantep bro….

    kalo niat balap….di sirkuit aja…..

  20. Anonymous says:

    Jangan ngebut awas ada polantas

  21. ekoy says:

    v-ixion q bisa tembus 140 rpm nya …

  22. bone says:

    betul sekali bang. Ngapain ngebut, rossi ajja kalo di jalan raya santai-santai aja. Kalo mau ngebut sana disirkuit, paling selisih ma orang yang ngebut sekitar 10-15 mnt doank. motor awet resiko kecelakan kurang. Sering2 aja liat video abis kecelakaan, mungkin nantinya akan mikir2 kalo ngebut. wkwkwk

Please leave a comment, thanks..

