Xeon dan Vario : sebuah pertikaian papan atas..

Memang, masih ada PCX dan piagio yang betul2 premium, namun mengapa xeon dan vario disebut papan atas? cmiiw karena dua matik ini ada diatas dari matik pabrikan masing2 yg lain.

Untuk Xeon, dibawahnya masih ada Mio sporty, mio soul (mau diskontinyu?), mio J dan mio Fino.. Bagi Vario malah banyak memiliki adik, dari Beat, spacey, sampai skupy.. Bisa jadi yg termahal adalah Vario CBS dg combibrake-nya, namun saya ingin sdikit bicara menegnai Vario baru : Click 125 (nama Thailand-nya).

Saya belum pernah nyoba Xeon (maaf ya?) namun saya pernah memakai Mio Sporty dan Vario. Skuter yamaha itu selama 3hari menemani saya keliling pulau dewata, dari Jimbaran sampai seputar denpasar.. Sedangkan Vario, salah satu rekan kerja punya dan saya pernah memakainya 🙂

Kalau impresi soal mio sih handlingnya saya pikir baik sekali, mantap melibas jalanan kota maupun pantai di Bali, atau jalanan desa hingga kota Gresik saya juga pernah, Kalau soal tarikan mesin dan konsumsi BBM, saya kira Vario lebih mantap (imho) cmiiw. padahal masih 110cc ya?

Xeon ??? 125cc, Body-nya pun mantap secara grafis hehe. Lha kenapa kurang begitu populer? imho karena adiknya, mio sporty, lebih dipilih konsumen.. Memang tak dipungkiri sedikit banyak pembelian matic itu terpengaruh lumayan dominan dengan harganya. Secara kualitas mesin, kecanggihan, kubikasi, dan desain Xeon jelas bagus, namun harga mungkin mempengaruhi pilihan akhir konsumen..

Vario ? saya ingat perkataan Agnes Monica “inilah skuter matic terbaik..”. Saya lumayan setuju, meski belum 125cc dan belum injeksi, impresi saya terhadap Vario sangat mantap, ini diperkuat dg pendapat banyak teman2 yg (hampir)selalu memujinya.. 🙂
Kalaupun Vario kalah laris dari Beat, itu memperkuat kesimpulan bahwa matik memang pasarnya sangat dipengaruhi harga. Namun bicara kualitas Vario jelas superior cmiiw.

pertarungan Xeon dan Vario tidak seimbang. Dg harga yg 11-12, xeon sudah 125cc, vario masih 108cc. Meski begitu, rasanya vario lebih laris dipasaran, cmiiw. barangkali karena sudah memiliki nama baik terlebih dulu ya cmiiw.

Nah ketika Vario bertranformasi jadi 125cc dan injeksi, head-to-head menjadi lebih seru secara mesin. Maka disini harga bakal sangat berandil besar.. Kalau si skutik terbaru Honda itu harganya secara psikologis (katanya dibawah 16jt) sangat tepat, maka pasar Xeon, yang tanpa refresh niscaya makin sepi.. Ini dipengaruhi juga dg kehadiran saudaranya yg injeksi dan lebih murah, juga suzuki Nex.

Jadi, imho, kalau Xeon tetap seperti sekarang, rasanya bkal semakin tertinngal dari Vario 125.. Apa mungkin sampai disuntik mati? aduhh jangan, saya suka sama modelnya 😦

bagaimana pendapat sampean?.. monggo(gianluigimario)

40 thoughts on “Xeon dan Vario : sebuah pertikaian papan atas..

  1. H3 says:

    petromax…

  2. vixy182 says:

    punya vario techno di rmh..kalo jln rusak pernh mmbandingkan make mio..ternyata enak vario ato beat apabila di bw di kondisi jln rusk.ga tau knp :-)..hnya feeling .

  3. Ari CX Rider says:

    pasti nantinya xeon kalah pamor. Beda lagi kalo nouvo yg d vietnam sana hadir. Cmiiw

    http://areeya2.wordpress.com/2012/03/03/new-megapro-ready-to-touring/

  4. tovavanjava says:

    Xeon ??? Fitur injeksinya serta kubikasi barangkali fenomenal diawal kehadirannya, body-nya pun mantap secara graafis hehe.
    —————————————————————————-
    baru tau klo xeon udah injeksi..? 🙂

  5. redbike92 says:

    baru komen kak bro
    sorry kemaren masih repot
    pndapat sayA mending Xeon di setting biar irit aja, soalnya Xeon kalah ama Vario ya soal borosnya itu kak (kan ada isu premium naek).

  6. dide says:

    xeon belum injeksi masbro :mrgreen:

    kalo xeon penjualan kalah dari vario ya sama seperti kata masbro diatas matik memang pasarnya sangat dipengaruhi harga

  7. dide says:

    juga ditempat saya banyak yang ngira vario techno itu sudah 125cc karena bodinya gede :mrgreen: termasuk sy juga dulu

  8. ane lbh milih vario, lbh nyaman j. 🙂

  9. sinbe says:

    Xeon bukane msh karbu mas gian? 😆 mungkin lo xeon v2.0 uda YMJET-FI

  10. sang says:

    belum perna coba ke duanya, padahal si vario tiap hari parkir depan saya… males pinjemnya

  11. Bonsai Biker says:

    wah terus papan tengahnya giman gan! 😀

  12. Gogo says:

    benar2 sengit dah..
    klo ane pilih piaggio lx 125..

  13. bimo96 says:

    megapro = bapak
    vario = emak
    supra = anak pertama
    revo = anak kedua
    blade = anak ketiga
    scoopy = anak keempat
    beat = anak cewe terakhir

    tiger = kakek

    😀 wkwkwkwk

  14. sinbe says:

    ABR = deket samsat kah?

  15. Dr.Feelgood says:

    dari pada terus bertikai, mending kita damai aja yuk. xixixi…… :mrgreen:

  16. enth says:

    vario 125 juga pasti nggak bakalan laku seandainya
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    dia keluaran suzuki

Please leave a comment, thanks..

