Saya ingat bahwa MegaPro merupakan lawan seimbang buat Vixion. Keduanya sering dibandingkan, keduanya punya penggemar masing-masing, keduanya sama-sama memimpin penjualan motorsport 150CC, dan kebetulan untuk saat ini Vixion menang.. meski megapro telah resmi bermetamorfosa menjadi NewMegapro, yang asalnya dari India bernama Unicorn Dazzler cmmiw..
Nah yang ingin saya kompare disini adalah Megapro yang lama. Mengapa begitu? karena penulis belum pernah mencoba Megapro yang baru, dan hanya pernah mengetest Megapro yang lama, tepatnya tahun 2009. Penulis mencoba motor tersebut naik ke puncak Air Terjun wonosalam Jombang.
Mari melihat Data terlebih dahulu :
Dari data googling diatas memang karakter kedua mesin ini berbrda. Secara teknologi mesin Megapro masih ketinggalan dari Vixion yang sudah Injeksi, liquid cooled, dan 4 valve. Mungkin karena inilah Secara power maupun torsi Vixion unggul tipis. Memang karakter mesin Megapro tampaknya sedikit berbeda, yaitu tipe Bore, sedangkan Vixion menganut long stroke. kalau soal sasis, rasanya Deltabox pun sedikit lebih mantap, cmiiw
Setelah melihat data teori, maka tiba saatnya impresi testride dilapangan.
Pertama mengenai mesin. Menurut saya akselerasi MegaPro lumayan baik dan terasa lebih bertenaga dari Vixion, barangkali ini karena pengaruh tipe mesin tersebut. Sayangnya ketika saya coba berpacu di trek lurus, untuk mencapai 100km/h rasanya lebih susah ketimbang Vixion. Entah mungkin karena si Megie belum disetting secara pas cmiiw. Diluar topspeed itu, Megapro mantap, Dipakai menanjak 45 derajat di Puncak wonosalam pun tidak mengalami masalah dan masih terasa bertenaga.. 🙂
Kalau bicara Transmisi, saya harus mengakui kelebihan Megapro, karena pepindahan antar giginya, terutama ketika mengurangi persneling, jauh lebih smooth ketimbang Vixion, imho.
Handling megapro lumayan mantap, meski secara teori belum sebaik deltabox namun perbedaan itu tidak begiti terasa. Tikungan U, atau bahkan mendekati 0 sekalipun posisi menurun curam, lancar saja dan tidak ada gejala tidak stabil. Rem depan maupun belakang sama baiknya dengan Vixion cmiiw.
Nah untuk posisi duduk, imho Megapro sedikit lebih nyaman karena dengan tinggi saya 165cm, Mengendarai Vixion agak sedikit menunduk, sedangkan Megapro lebih tegap sehingga beban ditangan tidak begitu terasa. Ada lagi penemuan kecil saya yaitu tentang kaca spion. Kalau sama2 orisinil, maka view Megapro jauh lebih jelas dan jankauannya jauh lebih lebar. Spion ori vixion imho kurang fungsional alias terlalu pendek..
Konsumsi BBMnya piye? wah rasanya 11-12 dengan keunggulan sedikit dipihak Yamaha. Kalau Vixion saya 1L mampu sekitar 45km, maka si megapro mungkin sekitar 40km/l imho.
Kesimpulannya :
Secara umum kedua motor 150cc ini sama mantapnya dan memiliki kekurangan/ kelebihan masing2. Secara Transmisi saya kira Megapro lebih halus, dan mesinnya terasa lebih bertenaga. Posisi duduk maupun view spion Megapro juga lebih nyaman ..
Kalau soal teknologi Vixion lebih mantap, BBM lebih irit, dan imho topspeednya sedikit lebih baik cmiiw.
Demikian impresi saya tentang keduanya, kalau sampean punya pengalaman lain, monggo (gianluigimario)
Absen …
OK DICATAT MAS.. 🙂
Mbae manis tenaaan… Motore mah buluk koyo ra dicuci
wkwkw syg nggak pny nomernya 😀
Gl series, motor penakluk pegunungan 🙂
di penanjakan bromo, semua motor ojek pake GL pro ,,,
untk jok harus ane akui klo megapro lbh nyaman.. vixi cepet pegel..
barangkali pengaruh posisi ridingnya mas dwi? 🙂
iy jg, tp utk jok lbh empukan mp
wah ergonomi atau bahan jok vixion berarti kurang sip hehe
megapro lama katanya lebih disenengi daripada megapro baru
kenapa yo megapro kok mesinnya malah disunat
kalau vixion sih semua orang senang 😀
wah soal megapro sunat2an kurang tahu, barangkali AHM memang mengubah strateginya karena mau merefresh motor tersebut.. 🙂
Wah, bahasa ulasan artikelnya enak dibaca gak berat sebelah seperti bloger lainnya… Saya bakalan pantengin terus dah blog ini
🙂 makasih mas..
saya akan berupaya independen dan tidak memihak 😛
wah,fotonya lucu bangets…. kenalin dong…. 🙂
😛
yang mana ???
untuk keseluruhan masih enakan vixion..imholho ya… 😀
http://tovavanjava.wordpress.com/2012/03/05/adakah-motor-yg-bener2-irit-tidak-ada/
secara kecanggihan memang Vixion selangkah lebih maju, kalau soal yg subjektif maka beda penilai bisa beda hasilnya 🙂
Mega Pro / Honda
Karbu Keihin (Pilot jet lebih besar dari mikuni)
Kurva karbu : Pilot jet ke main jet (rpm rendah ke tinggi), grafik NAIK HALUS.
Keunggulan : Stater pagi mudah + di tanjakan naik konstanl + rpm rendah – menengah ngisi.
Kerugian : RPM Atas kering (irit) >> terasa lama / getar.
Yamaha Karbu
Karbu Mikuni (Pilot jet kecil – Main jet besar)
Kurva Karbu : Pilot jet ke Main jet (Grafik NAIK TAJAM) cenderung basah.
Keunggulan : Saat panas / di jalan datar akselerasi spontan + Rpm atas stabil / stir anteng.
Kerugian : stater udara ingin / di pegunungan akselerasi mbrebet (kebanyakan bensin)
Ada solusinya : Pilot jet naik 1 step (1 step = naik angka 2,5).
Ini Memperbaiki : KURVA KARBU + STATER PAGI
Kalo BeRes yamaha tidak jual Pilot jet, cari di toko asesori.
Merk bisa : Kitaco atau yg lain.
———————————-
Untuk VIXION
Sudah Injection >>> ECU >> Remapping >> (belum pernah nyoba)
CMIIW
wah mendalam sekali.. 🙂 2 jempol mas Her!!
remapping ECU, untuk saat ini tampaknya susah.. tool belum mendukung.. 🙂
Yamaha Scorpio >> contoh yg Pilot Jet kekecilan >> tutup gas >> knalpot nembak.
Solusi : naikan Pilot Jet 1 step >> atur setelan angin.
hebat mas.
sampean betul2 paham mekanika praktis.
nomer saya sudah tak kirim ke email sampean..
Bro.. Saya lagi order Diagnostic tool for Motorcycle injection.
Nanti kalo sudah datang, Bro Gian mau ulas alat tsb…?
Semoga bisa utk Remapping ECU.
Mohon email ke ane, no bro Gian yg bisa dihubungi…
Pisss
oke mas. InsaAllah kalau bisa membantu.
kata Aak ikwan bro Vanz sudah bikin?
megapro memang enak, dari malang ke pandaan berdua dg yang punya, saya di suruh di depan, saya betot sampai 125km (spido/jalan turun) belum mentok harus ngerem karena jalan rame, setelah itu gak berani diatas 100 km (takuuuuttt), tp perasaan kurang nyaman karena biasa ngiring bebek, di suruh pakai motor laki, kayak stir jauh. klo vixion belum pernah coba… hehehehe
iya mas mantap.. apalagi jalan turun..
thanks mas 🙂
dasar bego ketauan banget ini mah fbh menang”in honda
😛
kapan2 Ulas juga tentang Satria FU ataupun CBR 150 R ya kang.
abiss kedua motor itu emang HYPER di kelasnya
sippp..
Megapro _ _ _
. ( | MANTAB ! | )
_____ \ \ / /_____
(____ _) \ / (_____)
(_____ ) _)_ (B)_ _(_ (______)
(__ ___) )– | |– ( (_ ____)
(_____) __/ / .. \ \_ _ (_____)
_/_/ \_\_…
Bisa buat dagang sayur di pasar…….
haha,, sipp
kalu di megapro , yang sering terjadi kerusakannya
di bagian mananya
terus bensinnya boros dak …
bensinya kira-kira 40kpl. soal durabilitas mesin, rata-rata tergantung perawatan mas..
asik..
wlah jd bingung plih yg mna yh..
ok trima kasih atas informasinya….
sama sama
kalau vixion menurut sya tarikannya enteng ketimbang megapro tapi buat touring enak megapronya. jadi bingung sendiri, mau pilih mana ? tolong saran
lgi bingung niiih