Membandingkan Megapro dengan Vixion : Impresi berkendara saya.

Saya ingat bahwa MegaPro merupakan lawan seimbang buat Vixion. Keduanya sering dibandingkan, keduanya punya penggemar masing-masing, keduanya sama-sama memimpin penjualan motorsport 150CC, dan kebetulan untuk saat ini Vixion menang.. meski megapro telah resmi bermetamorfosa menjadi NewMegapro, yang asalnya dari India bernama Unicorn Dazzler cmmiw..

Nah yang ingin saya kompare disini adalah Megapro yang lama. Mengapa begitu? karena penulis belum pernah mencoba Megapro yang baru, dan hanya pernah mengetest Megapro yang lama, tepatnya tahun 2009. Penulis mencoba motor tersebut naik ke puncak Air Terjun wonosalam Jombang.

Mari melihat Data terlebih dahulu :

Dari data googling diatas memang karakter kedua mesin ini berbrda. Secara teknologi mesin Megapro masih ketinggalan dari Vixion yang sudah Injeksi, liquid cooled, dan 4 valve. Mungkin karena inilah Secara power maupun torsi Vixion unggul tipis. Memang karakter mesin Megapro tampaknya sedikit berbeda, yaitu tipe Bore, sedangkan Vixion menganut long stroke. kalau soal sasis, rasanya Deltabox pun sedikit lebih mantap, cmiiw

Setelah melihat data teori, maka tiba saatnya impresi testride dilapangan.

Pertama mengenai mesin. Menurut saya akselerasi MegaPro lumayan baik dan terasa lebih bertenaga dari Vixion, barangkali ini karena pengaruh tipe mesin tersebut. Sayangnya ketika saya coba berpacu di trek lurus, untuk mencapai 100km/h rasanya lebih susah ketimbang Vixion. Entah mungkin karena si Megie belum disetting secara pas cmiiw. Diluar topspeed itu, Megapro mantap, Dipakai menanjak 45 derajat di Puncak wonosalam pun tidak mengalami masalah dan masih terasa bertenaga.. 🙂

Kalau bicara Transmisi, saya harus mengakui kelebihan Megapro, karena pepindahan antar giginya, terutama ketika mengurangi persneling, jauh lebih smooth ketimbang Vixion, imho.

Handling megapro lumayan mantap, meski secara teori belum sebaik deltabox namun perbedaan itu tidak begiti terasa. Tikungan U, atau bahkan mendekati  0 sekalipun posisi menurun curam, lancar saja dan tidak ada gejala tidak stabil. Rem depan maupun belakang sama baiknya dengan Vixion cmiiw.

Nah untuk posisi duduk, imho Megapro sedikit lebih nyaman karena dengan tinggi saya 165cm, Mengendarai Vixion agak sedikit menunduk, sedangkan Megapro lebih tegap sehingga beban ditangan tidak begitu terasa. Ada lagi penemuan kecil saya yaitu tentang kaca spion. Kalau sama2 orisinil, maka view Megapro jauh lebih jelas dan jankauannya jauh lebih lebar. Spion ori vixion imho kurang fungsional alias terlalu pendek..

Konsumsi BBMnya piye? wah rasanya 11-12 dengan keunggulan sedikit dipihak Yamaha. Kalau Vixion saya 1L mampu sekitar 45km, maka si megapro mungkin sekitar 40km/l imho.

Kesimpulannya :
Secara umum kedua motor 150cc ini sama mantapnya dan memiliki kekurangan/ kelebihan masing2. Secara Transmisi saya kira Megapro lebih halus, dan mesinnya terasa lebih bertenaga. Posisi duduk maupun view spion Megapro juga lebih nyaman ..
Kalau soal teknologi Vixion lebih mantap, BBM lebih irit, dan imho topspeednya sedikit lebih baik cmiiw.

Demikian impresi saya tentang keduanya, kalau sampean punya pengalaman lain, monggo (gianluigimario)

Advertisements

40 thoughts on “Membandingkan Megapro dengan Vixion : Impresi berkendara saya.

  1. H3 says:

    Absen …

  2. sinbe says:

    Mbae manis tenaaan… Motore mah buluk koyo ra dicuci :mrgreen:

  3. smartf41z says:

    Gl series, motor penakluk pegunungan 🙂

  4. Gogo says:

    untk jok harus ane akui klo megapro lbh nyaman.. vixi cepet pegel..

  5. redbike92 says:

    megapro lama katanya lebih disenengi daripada megapro baru
    kenapa yo megapro kok mesinnya malah disunat
    kalau vixion sih semua orang senang 😀

  6. REC*303 says:

    Wah, bahasa ulasan artikelnya enak dibaca gak berat sebelah seperti bloger lainnya… Saya bakalan pantengin terus dah blog ini

  7. yisha says:

    wah,fotonya lucu bangets…. kenalin dong…. 🙂

  8. secara kecanggihan memang Vixion selangkah lebih maju, kalau soal yg subjektif maka beda penilai bisa beda hasilnya 🙂

  9. H3 says:

    Mega Pro / Honda
    Karbu Keihin (Pilot jet lebih besar dari mikuni)
    Kurva karbu : Pilot jet ke main jet (rpm rendah ke tinggi), grafik NAIK HALUS.
    Keunggulan : Stater pagi mudah + di tanjakan naik konstanl + rpm rendah – menengah ngisi.
    Kerugian : RPM Atas kering (irit) >> terasa lama / getar.

    Yamaha Karbu
    Karbu Mikuni (Pilot jet kecil – Main jet besar)
    Kurva Karbu : Pilot jet ke Main jet (Grafik NAIK TAJAM) cenderung basah.
    Keunggulan : Saat panas / di jalan datar akselerasi spontan + Rpm atas stabil / stir anteng.
    Kerugian : stater udara ingin / di pegunungan akselerasi mbrebet (kebanyakan bensin)

    Ada solusinya : Pilot jet naik 1 step (1 step = naik angka 2,5).
    Ini Memperbaiki : KURVA KARBU + STATER PAGI
    Kalo BeRes yamaha tidak jual Pilot jet, cari di toko asesori.
    Merk bisa : Kitaco atau yg lain.
    ———————————-
    Untuk VIXION
    Sudah Injection >>> ECU >> Remapping >> (belum pernah nyoba)

    CMIIW

  10. H3 says:

    Bro.. Saya lagi order Diagnostic tool for Motorcycle injection.
    Nanti kalo sudah datang, Bro Gian mau ulas alat tsb…?

    Semoga bisa utk Remapping ECU.
    Mohon email ke ane, no bro Gian yg bisa dihubungi…

    Pisss

  11. Ach Zacky M says:

    megapro memang enak, dari malang ke pandaan berdua dg yang punya, saya di suruh di depan, saya betot sampai 125km (spido/jalan turun) belum mentok harus ngerem karena jalan rame, setelah itu gak berani diatas 100 km (takuuuuttt), tp perasaan kurang nyaman karena biasa ngiring bebek, di suruh pakai motor laki, kayak stir jauh. klo vixion belum pernah coba… hehehehe

  12. Anonymous says:

    dasar bego ketauan banget ini mah fbh menang”in honda

  13. kapan2 Ulas juga tentang Satria FU ataupun CBR 150 R ya kang.

    abiss kedua motor itu emang HYPER di kelasnya

  14. punggawa says:

    Megapro _ _ _
    ‎​. ( | MANTAB ! | )
    _____ \ \ / /_____
    (____ _) \ / (_____)
    (_____ ) _)_ (B)_ _(_ (______)
    (__ ___) )– |  |– ( (_ ____)
    (_____) __/ / .. \ \_ _ (_____)
    _/_/ \_\_…
    Bisa buat dagang sayur di pasar…….

  15. Anonymous says:

    kalu di megapro , yang sering terjadi kerusakannya
    di bagian mananya
    terus bensinnya boros dak …

  16. Anonymous says:

    asik..

  17. Anonymous says:

    wlah jd bingung plih yg mna yh..

  18. Anonymous says:

    ok trima kasih atas informasinya….

  19. ym says:

    kalau vixion menurut sya tarikannya enteng ketimbang megapro tapi buat touring enak megapronya. jadi bingung sendiri, mau pilih mana ? tolong saran

  20. ym says:

    lgi bingung niiih

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s