Apa yang bisa dilakukan Xeon untuk bertahan? Analisa ringan..

VarioTechno 125 sudah keluar. Harganya 15,1 dan 15,9(CBS) juta. Trus apa yang akan terjadi dengan Yamaha Xeon?  Bisa jadi market-nya semakin kurus..

Nah kalau tak berbenah, mungkin akan semakin merosot tajam atau hilang ditelan kompetisi, imho.. di belantara persaingan, bila tak mengikuti arus perubahan maka kita bisa tergilas roda perubahan itu🙂 imho

Apa yang kira-kira bisa dilakukan YIMM untuk menjadikan Xeon penantang serius Vario 123 atau bahkan sekedar bertahan?

Pertama bisa di sektor mesin. Jika Vario125 diklaim cepat dan lebih irit 30% dari pendulunya, maka mau tak mau Xeon pun kudu demikian. Mesin sudah 125, diasyl dan forged piston.. tinggal perbaikan sedikit agar secepat si vartech.. ya semacam low friction atau enhanced apa gitu -versi Yamaha, biar makin cepat. Untuk iritnya jelas, YMJET 2 bisa dicangkok mengganti karbu si Xeon..

Kedua, soal tampilan.
Memang desain dan striping itu subjektif namun semakin menarik suatu produk dari luar-nya tentu bakal semakin bikin pecinta motor memperhitungkan produk tersebut. Yah paling gampang bikin aja suatu desain bodi baru yg fresh dan nuansa striping yang elegan, atau warna menawan, tentu bisa jadi nilai tambah.. yamaha kan terkenal jago desain😀

Harga memang penting.
Bila pesaing yg notabene selangkah lebih maju sudah pasang harga ‘edan’, yah pilihan yg tersisa tentunya sulit.. Turunin harga tentunya nyaris nggak mungkin, tapi bisa saja dikasih perang diskon atau hadiah langsung hehehe.. Siapa tahu memang ada pemangkasan harga kalau kepepet?😀

Sesudah tiga hal itu diterapkan, berikutnya buat iklan atau sarana promosi yang mantap agar lebih mengenalkan value-nya pada konsumen. biar umum.. cmiiw. Nggak perlu jor-joran asal menyentuh dan fenomenal. Kalau Agnes jadi ambassadornya Vario, yamaha juga jangan pelit.. gaet bintang yg tak kalah pamornya yg lebih hot🙂

Singkatnya, Value xeon kudu diperbaiki agar setara atau melebihi Vartech125, bisa lewat 3 hal :
– Mesin yg diperbagus atau ditambah injeksi
– Desain yang fresh dan mantap
– Stategi ekonomis yg mengena.
setelah hal ini dipasang, maka promosi yg fenomenal akan melengkapinya menghadapi gempuran Vario, imho

yah iu cuman pendapat ringan saya, yg peduli dg keberadaan Xeon. Barangkali saja YIMM mau menyambut kepedulian saya, siapa tahu:mrgreen:
Monggo dishare.. (gianluigimario)

20 thoughts on “Apa yang bisa dilakukan Xeon untuk bertahan? Analisa ringan..

  1. Dr.Feelgood says:

    pertamax hehe, untuk produk honda yg terakhir ini, sumpah saya salut banget, benar2 value for moneynya tinggi bnget dibanding sekelas dari merk lain.
    nitip jemuran mas gian heheh……….
    https://enginebrakes.wordpress.com/2012/03/07/kendaraan-khusus-kebelet/

  2. tovavanjava says:

    Xeon tinggal diinjeksi + refresh sedikit tampilannya …siap2 dah bertarung lawan pario…
    tpi menurut ku xeon modelnya lebih manis… imho…😀
    http://tovavanjava.wordpress.com/2012/03/07/hati2-penggunaan-rem-tromol-saat-hujan/

  3. Ach Zacky M says:

    Singkatnya, Value xeon kudu diperbaiki agar setara atau melebihi Vartech125, bisa lewat 3 hal :
    – Mesin yg diperbagus atau ditambah injeksi
    – Desain yang fresh dan mantap
    – Stategi ekonomis yg mengena.
    ====================================================
    setuju mas.. klo xeon disuruh bertahan atau bahkan disuruh bertarung ya harus di persenjatai seperti mio J (minimal Injeksi), biar lebih irit. masalah fitur SSS, CBS atau break lock gak yakin akan di kasih.

    • iya, iitu bisa jadi senjata tambahan untuk tetap eksis, atau bahkan jadi juara..
      setujuuu mass🙂

      • Ach Zacky M says:

        setuju mas… tp tetep gak yakin fitur itu akan di kasih, yamaha yang helm in aja gak ada kok, opo mane fitur gituan

      • yah kalau saya pribadi mah cuman bisa berpendapat..
        kalau soal aplikasi, wahhh kagak tahu gimana kebijakan yg bakal diambil YIMM..🙂

      • Ach Zacky M says:

        klo diskusi disini enak mas, gak kayak di blog” atas, pada eyel”an jadi bingung mw koment apa.. hehehehe.

      • yah namanya juga disana blogger papan atas ya banyak pengunjungnya mas, meski kadang saya lihat misuh-misuh nggak perlu..

        kalo disini mah bebas, kan gubuk kecil, mas..
        saya berupaya buat artikel berguna disela kesibukan, dan menyambut setiap ‘tamu’ yang berkunjung..

        “belajar dan berbagi ”🙂

  4. redbike92 says:

    Selain diinjeksiin (kayak komen2 diatas :mrgreen:) Xeon juga butuh bintang iklan yang pas, coba ama Rio Dewanto atau siapa gitu😀 (Kayak Hayate-Irvan Bachdim)
    promosi + iklan jor2an = laris manis
    ya usul doing sih kak😀

  5. H3 says:

    Mending naik kelas (Tampang Premium, Harga Tetap)
    Di model mirip YAMAHA MAJESTY yg keluar thn 2000an (build up)
    Mesin juga 125 cc.

    IMHO….

    • majesty memang luar biasa, juga ukurannya..
      harganya lak malah naik mas her?🙂

    • dide says:

      perasaan majesty 125 bodynya kegedean terus velg nya kecil desain juga mirip pcx cuman disain majesty kelihatan lebih mahal

      lebih baik masukin Yamaha X max 125 aja body keren gak terlalu besar velk 14″

      terus harga disamakan atw sedikit lebih mahal dari xeon jadi selain nyerang pcx juga buat nyerang vario :mrgreen:

      terus xeon disuntik mati aja kalo gak mau turun harga:mrgreen:

  6. sinbe says:

    Xeon elek, vartek 125 ra seneng. Apik suzuki hayate… Jarang sing nganggo:mrgreen:

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s