Ali bin Abi Thalib : 3 alasan penamaan karamallahu wajhah..

Ali bin Abi Thalib diberikan sebutan karamallahu wajhah; sebutan yang berarti doa “Semoga Allah memuliakan wajahnya” ..

Seingat saya ada 3 alasan pemberian nama ini:

Pertama di antara sahabat Nabi shalallahualaihi wasallam, hanya Ali bin Abi Thalib yang tidak pernah menyembah berhala. Dia masuk Islam dalam usia yang masih kecil sehingga tak sempat beribadat kepada berhala. Artinya, wajahnya tak pernah disujudkan kepada berhala. Ali kecil langsung sujud kepada Allah.

kedua, Ali adalah orang yang dikenal tak pernah melihat aurat, baik aurat dirinya sendiri maupun aurat orang lain.

Ketiga, Ali dikenal sebagai seorang pria yang gagah dan tampan. Banyak hadis yang meriwayatkan Ali memiliki kepala yang agak botak sehingga orang memberikan julukan ashla yang berarti “Si Botak”. Umar bin Khattab pernah berkata, “Sekiranya tak ada si ashla, celakalah Umar!” Ketika banyak sahabat lain mengecam Ali dengan memberikan julukan ashla, Rasulullah saw berkata, “Janganlah kalian mengecam Ali karena ia sudah tenggelam dalam kecintaan kepada Allah.”

Memang ada pendapat bahwa Hadist atau riwayat yang mengisahkan Ali bin Abi Thalib karamallahu wajhah haditsnya lemah, palsu, bathil. Ada pula pandangan bahwa penamaan dengan karamahullahu wajhah tak berlandaskan pada hadits sahih, kecuali hadits palsu semata. (kisah ini diolah dari berbagai sumber) http://groups.yahoo.com/group/Tauziyah/message/12552

Maafkan, saya tak punya banyak ilmu sehingga tak layak memutusi mana yang benar atau keliru, para ulama tentu lebih tahu. Namun dalam pandangan pribadi saya kalau yang mau mendoakan beliau dengan hal tersebut yah silahkan, yang mau mendoakan Radhiallahu anhu pun monggo asal kita tak saling bertengkar.. Bukankah mendoakan kemuliaan itu baik? wallahu alam.

Hanya saja kalau sudah sampai di Ranah bahwa Ali bin Abi Thalib radiallahu anhu atau karamallahu wajhah itu Nabi, saya tidak setuju karena semua umat islam tahu Rasulullah Muhammad shalallahualaihi wasallam adalah “khatamul anbiya wal mursalin“.( penutup para nabi-nabi dan rasul-rasul).

Pendapat saya pribadi adalah yang kisah yang baik dari Ali kita contoh, karena beliau pun termasuk sahabat yang utama dan dekat dengan Nabi Muhammad,  sedangkan perkara yang tidak sesuai akidah kita tinggalkan saja apalagi yg bertentangan Quran-sunnah. Kalau soal saling menjelekkan, wah ini saya paling kurang setuju..

Demikian.. kurang lebihnya mohon maaf, dan bila ada kekeliruan akan saya luruskan.Kalau ada kebenaran itu datangnya dari Allah. Terima kasih.

Monggo..(gianluigimario)

14 thoughts on “Ali bin Abi Thalib : 3 alasan penamaan karamallahu wajhah..

  1. Ach Zacky M says:

    membaca aja, saya gak tau kenapa kok hanya Syayidina Ali bin abi thalib yang beda julukkannya, sedang kholifah sebelumnya RadiAllahuan

  2. dodi says:

    wah kalo yang bahas oang syiah psti heboh tu bro, ada yg sejajarkan sayidina Ali dg Rosululloh…. Syiah nyebut Ali ra, dg Ali alihissalam loh…

  3. Gogo says:

    wah klo di versi shiah dan sunni jelas beda abis neh..

  4. Sepmanteb gan Thanks reques-nya sudah dibahas

  5. bnr bgt mas, yg pnting kita tahu mana batasn untuk kta brbda pndpt tu dah ckup. dn stlh tu sling mmahami dn brtngkar hnya krna mslah furuiyah. krn mmang syogya’a umat Islam itu brsatu,
    lanjutkn posting brmnfaat’a mas 🙂

  6. Dr.Feelgood says:

    mas kalimat yang ini “kedua, Ali adalah orang yang dikenal tak pernah melihat aurat, baik aurat dirinya sendiri maupun aurat orang lain”.
    waduh klo ia bener begitu, salut dah saya. tpi masa aurat sendiri tidak pernah melihatnya, tar klo misal mandi dan buang hajat masa sambil merem…….

  7. Anonymous says:

    Thank you informasinya

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s