Sekilas tentang “disc brake” / rem cakram..


Roda depan dan belakang dengan sepeda motor masing-masing memiliki rem. Pengendara akan mengaktifkan rem depan dengan handel, sedangkan rem belakang dengan pedal kaki kanan.

Rem cakram terdiri dari cakram baja, yang terpasang pada roda dan terjepit di antara bantalan rem. Saat pengendara mengoperasikan salah satu rem, tekanan hidrolik bergerak melalui saluran rem, menyebabkan bantalan rem untuk menekan kedua sisi cakram. Gesekan menyebabkan cakram yang terpasang pada roda untuk melambat atau berhenti.

Bantalan rem harus diganti secara berkala karena permukaan nya akan habis setelah pemakaian berulang-ulang.

Bagian-bagian rem cakram :

Cakram (disc)
Piringan bulat yang dipasang pada roda yang memperlambat putaran ketika bergesekan dengan  bantalan rem.
Caliper
Bagian yang berfungsi memuat piston,dan memegang/menjadi support bagi bantalan rem.
Saluran rem (brake line)
Tabung membawa minyak rem, yang menjadi bertekanan ketika pedal/ handel rem ditarik/diinjak.
Piston
Bagian yang bergerak oleh tekanan hidrolik, yang mendorong bantalan rem untuk menekan Cakram.
Bantalan/kampas rem (brake pad)
terdiri dari pelat logam yang dipegang oleh caliper, dan ditutupi dengan bahan tahan panas yang menggesek cakram untuk memperlambat putaran.

Ringkasan :
Prinsip kerja rem cakram :
Handel/pedal ditekan -> saluran rem ->menekan piston secara hidrolis ->mendorong bantalan rem ->bantalan rem menggesek cakram ->roda melambat/berhenti

Demikian sedikit tentang rem cakram, tidak begitu rumit ya ? (gianluigimario)

Advertisements

30 thoughts on “Sekilas tentang “disc brake” / rem cakram..

  1. antare5 says:

    jadi udah tau khan kalo rdb bwt vixion penting khan bos hahahaaa…pisss.ane dl jg make vixion.

  2. aldyazgn says:

    wew nambah pengetahuan nih bro hehe … sekalian bro sama rem tromol juga *lha koq request 😀
    http://aldyazgn.wordpress.com/2012/03/07/wohh-gta-versi-tugu-tani-nih-bro/

  3. H3 says:

    Cek kampas rem, Jgn sampai “GAS POL REM BLONG”

  4. zamrinata says:

    praktek saya kemaren selasa ya ini,,,bongkar2 rem cakram ma Booster…

  5. sinbe says:

    Cakram depan blakang baru maknyoz…

  6. Ach Zacky M says:

    kok gk sekalian diulas bagian” dari master rem cakramnya mas.. tanggung tinggal dikit dan komplit-plit

  7. Dr.Feelgood says:

    rem cakram untuk saat ini sudah menjadi keharusan apapun itu tipe motornya, klo gk pake cakram serasa gimana gitu xixixi….. :mrgreen: selain lebih safety, tahan lama, juga lebih terlihat gaya ya kan mas gian heheh….. ::D

  8. Gogo says:

    ngarep bisa pake cakram bikinan brembo..

  9. bimo96 says:

    supra depan belakang cakram..

    vixion??? tromoll

    *kabuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuur

  10. kaloonk says:

    Mantap tu MasBro, maju terus, ulas yg lebih detail. Salam kenal buat semua. Bravo.

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s