Seminggu tanpa Rem cakram depan : suka dukanya..

Terakhir pernah ngganti kampas rem cakram (depan) kira-kira setahun yang lalu.. Original Yamaha parts, harganya 70 ribuan kalo nggak keliru. Nah minggu kemarin, Cakram tersebut kampasnya kembali habis dan tinggal besi penyangga ‘asbestos’nya..

Rencananya mau beli kampas yg nggak ori, katanya sekitar 20rb.. memang lebih murah, namun terutama karena kata beberapa mekanik dan teman bilang yang asli malah ngabisin piringannya.. wuihh seremmm (kalau benar). Emang iya tah ? saya belum tahu jawabnya..

Desebabkan bengkel langganan saya orangnya lagi sakit seminggu, dan bengkel pilihan kedua rame terus (antri panjang😦 ), maka satu pekan ini saya hampir tidak pernah memakai rem depan. Berikut suka-dukanya nggak punya rem (cakram) depan tinggal rem belakang yang teromol🙂

Kebaikannya :
– Lebih hati-hati/pelan nggak sruntulan😛
– lebih konsen riding

Kekurangannya (lebih dominan) :
– Nggak pakem (5 meteran baru bisa berhenti total )
– Nyaris kepeleset di jalan paving karena ban belakang sliding
– Agak sulit pas macet/parkir karena satu kaki di pedal rem
– Nyaris nabrak orang (diawal2 belum ngukur jarak hentinya)
– jarang main spido di angka 90 km/h.. , dsb

Pelajaran yang dapat diambil barangkali adalah kita menyadari betapa pentingnya rem depan (terutama cakram), ketika ia sudah nggak bisa dipakai.. bila keadaan memang terpaksa demikian, kita kudu hati-hati dan mengambil jarak aman..🙂

Hehe.. sampean punya pengalaman saat rem hanya tersisa teromol belakang? mungkin tak jauh beda dengan saya..😛 (gianluigimario)

42 thoughts on “Seminggu tanpa Rem cakram depan : suka dukanya..

  1. smartf41z says:

    Mahal juga ya kampasnya vixi

  2. vixy182 says:

    ku juga mke yg 20 rban bro..normal saja..cuman gara2 pernah terlambat ganti…piringan variasi kemakan dan berwarna agak kuning..

  3. c-seratus says:

    wah hati2 bro…tanpa rem depan, ga bisa ‘late braking’ tuh.. hehe

  4. kharis27 says:

    ane pernah 2 harian ga pake rem depan jalan ga berani kenceng ,,.,.,.

  5. redbike92 says:

    wah ati2 bro
    kalau bisa segera diganti rem depannya
    bahaya lhoo

  6. ax125 says:

    Bahaya banget masbro,,,,ban e bisa ngesot terus…..hiiiiiiii

  7. wahh, ngeri tuh sob… ane jg prnh ngalamin ky gni. rem ckram ane rusak, dn akibt’a ane hmpir tbrakan ma mobil. (hari sial)

  8. onesetia82 says:

    hati-hati gan bawa kendaraan tanpa rem cakram …🙂

  9. Ach Zacky M says:

    sip yang penting selamat… kata temanku dulu gitu kampas gak usah asli.. biar piringannya gak cepet kalah..sampe sekarng pakai yang baisa

  10. Hoeda says:

    fungsinya rem kan emang buat ngebut…
    kl ga ada rem mana berani ngebut, pembalap motogp jg kl ga ada rem ga bakal ngebut…. #anAliza ngawur

    btw gambar paling bawah itu roda depan FXR ya gan…penampakannya kok mirip tunggangan ane…

  11. Dr.Feelgood says:

    wah mas kenpa gk cari aja yg bukan orisinil tetapi tetap berkualitas sama seperti yang orisinil, selain harga lebih murah dan tetap bagus pula daya cengkraman kampasnya… coba pake merk daytona…..

  12. sinbe says:

    Srunthulane tobat sek seminggu…:mrgreen:

  13. jangan pakai yg imitasi mas… bahaya..
    kena hujan licin, nggerus cakram, malah pernah ada kaasus kampas lepas dari dudukannya…

  14. Hoeda says:

    FXR Ane thn 2003 gan.
    dipake bwt harian, jd msh standar ga ada yg di ganti kecuali kmpas rem sm rante.

  15. bimo96 says:

    ngerii…eh gas polll malah ngeremmmmmm blong😀

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s