Antara Byson dan Vixion : komparasi kecil

Iseng saya ingin membandingkan Byson dengan kakaknya, si Piksyen.. Mencoba membandingkan secara asal-asalan aja nggak serius serius amat. Sudah sering saya meng-kompare antar saudara, dan dua kakak adik ini bolehlah ambil giliran.. Piss 😀

*gambar dari mas rosso99

Di kompare segi apa aja? ya terserah.. mulai aja dari desain ya 😀

kalau merujuk tentang bodi, maka secara umum byson lebih unggul cmiiw. desain bison kekar dan gagah, sedangkan abangnya agak cungkring dan ramping. Hal ini diamini oleh YIMM yg memang secara khusus menyatakan kalau si kebo itu “buat yang nyari sport modis” cmiiw. Sebenarnya hal ini buat saya relatif saja, meskipun memang kebanyakan kalau dipolling menyukai desain bison misalnya, namun sebenarnya vixion pun tak kalah hehehe. Untuk yg tubuhnya kekar atau tinggi besar jelas Byson pantes tapi kalo yg relatif “kecil” rasanya desain Vixion lebih pas.. cmiiw

Lanjut ke engine. Di bagian ini, rasanya secara data sulit dibantah bahwa sang kakak sedikit lebih superior. Baik dari sisi kecanggihan ataupun performa. Si kebo mampu memuntahkan tenaga 13.6PS dibanding Vixion 14.9PS. Untuk torsi si kakak sedikit tertinggal setengah Nm, yaitu 13.1 vs 13.6.. Power to weight ratio rasanya Vixion masih lebih galak cmiiw..

Nah soal handling bila merujuk dari sasis tentunya Vixion sedikit lebih baik dari sang saudara mudanya. Deltabox kan terkenal kemantapannya cmiiw. Namun bila melihat bobot byson yang 12 kilo lebih berat (125 vs 137) mungkin kalau untuk turing dia lebih anteng cmiiw.

Harganya gimana? karena secara power atau teknologi selangkah didepan ideal rasanya jika Vixion dihargai lebih mahal.. bisa jadi terpaut 1 jutaan.. tapi kalo urusan inden mungkin Byson lebih panjang imho cmiiw.

Bila parameternya adalah penjualan, maka Vixion unggul. Byson masih di peringkat 4 dibawah NMP dan ninja150 sedangkan Vixion stabil di puncak, dg marketshare sekitar 36 % cmiiw. Mungkin memang dari YIMM-nya byson tidak digadang2 terlalu muluk, cukup buat memecah sales NMP. Kalau harus mendongkel si kakak rasanya susah.. hehe imho

Pilihannya? wah tergantung kebutuhan konsumen, namun tak ada salahnya untuk mengikuti saran Yamaha ” kalau mau Desain gagah pilih Byson, mau  canggih ya lirik Vixion”. Performa? mungkin 11-12 lah hehe. kalau mau performa yah ada produk lainnya, yaitu scorpio.. 😀 ini pendapatnya Yamaha loh hehe..

Nah.. suka yang mana??? boleh yang mana aja asal rukun.. kan masih saudara :mrgreen:  (gianluigimario)

Apa benar Honda bakal mengeroyok Vixion?

saya tertarik dengan beberapa artikel blogger papan atas mengenai AHM dan sport-nya tahun ini. Pak Tua bilang petinggi si sayap mengepak ini sangat optimis menguasai motor sport, trus mas IWB membocorkan kalau akan ada 2 motor sport Honda tahun ini, atau berita mas taufik dulu, juga mas Eko Deby yg menganalisa strategi seperti apa yg sedang dilancarkan dan akan dijadikan senjata utama meringsek pangsa motor sport tanah air..

Saya pribadi merasa nggak ahli dalam menerawang dan membuat analisa seperti mereka para senior, tapi kalau sekedar membuat prediksi dan analisa kecil yang (bisa jadi) tak berbobot, saya bisa..

Maka diartikel ini saya akan menulis mengenai Honda dan dua (versi kang IWB) motorsportnya. Masih (dan selalu) hanya sebuah tulisan kecil.. :mrgreen:

Mungkin, semua berawal dari kedigdayaan Vixion yang membuat gerah pabrikan sayap mengepak ini. Semenjak peluncurannya, (relatif) pelan tapi pasti Vixion menancapkan kuku secara dalam di blantika sport Indonesia. Dengan adopsi R15 yang disunat jadi 5-speed serta  ditelanjangi sampai naked, langsung mendapat sambutan meriah dimari. Apalagi saat itu (saya lupa berapa pastinya) harga yg dipatok YMKI sangat bijaksana, 17-18juta cmiiw. Kala itu (2007an) an ya, motor dengan teknologi injeksi dan liquid cooled serta 4valve dihargai segitu cukup mencengangkan, apalagi dengan impresi beberapa blogger yg testride secara umum terkesan.. Pelan, tapi pasti satu persatu penguasa terdahulu dikudeta.. Tiger, dan motornya lelaki MegaPrimus (eh, megapro), dipaksa turun tahta..

Singgasana yang direbut melayang hingga kini.. Bagaimana AHM tidak kebakaran jenggot?? bermacam serangan balasan diguyurkan.. Tiger jelas tidak berpotensi merajai lagi (karena kelas 200cc), dan sibuk bersaing dengan Scorpio, si lawan tandingnya.. Maka Megapro-lah yang diplot jadi ujung tombak untuk mengembalikan penguasaan motor lelaki yang dulu digenggam. berbagai pembenahan ditanamkan, dibenamkan, dan difokuskan untuk mendongkrak megapro. Promosi iklan juga tak kalah gencarnya.. Sampai akhirnya AHM banting setir ke startegi lain, Megapro dimetamorfosa dg mesin dan desain baru mencomot dari Negeri Shahrukh Khan,  aka Honda Unicorn CB Dazzler. Memang di sono-nya, kuda besi ini luar biasa menjanjikan dan diterima dengan sambutan yang bagus oleh konsumen india. Maka tertarik untuk mengulang kesuksesannya di Pasar tanah air, si Dazzler resmi menggusur dan melengserkan Megapro (lama), dan memakai namanya yg legendaris menjadi New Megapro, dengan citarasa india kental tentunya..

CB Dazzler memang kesohor di India, dan mendapat penilaian ekselen. Disini pun demikian.. yang pernah test ride, nyaris pasti mengunggulkan handling, akselerasi, impresi, dsb.. dua jempol lah pokoknya.. Bakal jadi penggusur Vixion? eits tunggu dulu.. rupanya mendongkel Penguasa tak semudah membalik buku catatan hehe. Vixion masih awet. Apalgi Yamaha juga turut mendatangkan FZ16 yg dikasih nama Byson untuk menandingi si Dazzler atau NMP. Memang secara impresi mesin atau power masih dibawah NMP dan Vixion, namun Tagline Gagah dan modis cukup untuk mendapat kan simpati pasar beberapa persen. Bukan juara memang, tapi Byson cukup buat membendung agresi NMP meruntuhkan Vixion. Maka singkat kata, karena faktor value vixion yg masih belum tertandingi, dan keberadaan Byson adiknya (dan beberapa faktor lain :)), Honda masih belum berhasil meraih kembali sabuk juara yang beberapa tahun sebelumnya jadi langganan melingkar di sayap mereka.. gigit jari lah ceritanya.

Nah dengan kemenangan di sektor skutik dan bebek tahun kemarin, Si sayap kepak mengusung  taktik lain di kelas sport untuk tahun 2012. Gempurrr!!! Kalau mas IWB benar bahwa Honda mau mempersiapkan dua motor sport, maka Vixion jelas bakal ditawur. Namai saja dua produk itu Si teralis dan Si likuid kul (mengacu kata bocoran atap mas Iwb yg berpendingin cairan). Katakanlah NMP sudah punya pasar 25%, maka kalau digerogoti dg dua (calon/isu) jagoan baru 2012 tersebut, penguaasan Vixion jelas terganggu, dan total pangsa Yamaha disini pun ikut tergerus.. Apalagi bila value yg ditawarkan setara Vixion, dg harga (yg katanya) lebih rendah.. waduw nggak cukup satu, langsung dua pula.. alamat babak belur Piksyen. Belum lagi isu motor lainnya semacam P200NS yg pasti menyedot pasar, berapapun besarnya

Turun tahtakah si Vixion??? Vixion nggak tinggal diam. update sedang disiapkan dan bisa jadi Sang Raja tetap meski prosentasi tersedot. Maka secara umum, dg banyaknya varian yg value-nya bagus sangat mungkin Honda bakal menguasai total motor sport. Melengkapi sabuk juara skutik dan bebek yg terlebih dulu sudah diraih.. Ini mirip dengan kronologi Mio yang (tagline-nya) “otomatis duluan” menjadi raja, kemudian lengser dan honda mengambil alih total pasar. Kondisi tahun kemarin malah Beat sudah nyaris menjungkal Mio dari singgasana..

Nah apakah benar begitu? time will tell. Juga bergantung produk dari Honda itu sendiri, kalau canggih namun mahal, mungkin skenario diatas gak terwujud. Namun jika benar si teralis atau si liquid kul bakal fenomenal dan harga dibawah Vixion, bisa jadi tak hanya total penjualan yag dimenangkan Honda, Vixion pun akan terkudeta. pantaslah kalau petinggi AHM optimis, seperti kata pak tua. Ini pun dipengaruhi juga seberapa hebat update vixion nantinya meyakinkan konsumen tanah air..

Rame betul ya? kita nikmati saja persaingan sehat itu.. toh kita juga diuntungkan dengan semakin wah-nya fitur yg ditawarkan para pabikan tersebut,, ya tho??? Pilih Vixion update atau Teralis, atau si likuid kul? atau P200NS hehehe semua terserah panjenengan.. 😀

Terimakasih untuk atensi atas artikel kecil tak berbobot ini, Monggo dishare pendapat sampean.. (gianluigimario)

Rasanya, saya sedang sakit…

Rasanya benar bahwa iman itu adakalanya yazid(bertambah) dan yankhuz(berkurang), masalahnya adalah saya sepertinya sedang berada di titik nadhir.. saya tak tahu pasti apa tanda iman yg sedang berkurang, namun hati kecil saya berkata saya sedang mengalaminya.. ingin rasanya menangis, namun apa gunanya kalau tak memperbaiki iman tersebut.. 😥

Beberapa hal ini :
– Lama tidak rutin membaca Quran
– Lama tidak salat malam
– Sering telat jamaah salat
– Tidak lagi mengintropeksi diri
– Bicara kadang menyinggung orang lain..
mungkin bisa menjadi pertanda sakitnya iman saya T_T

Apakah hati sedang sehat? sangat boleh jadi hati saya sedang sakit parah.. Memang apa tandanya hati yg parah atau mati? kalau hati yg mati seingat saya bila tidak lagi merasakan kala berbuat baik atau maksiat sama saja perasaannya, dan hati keras tak mau menerima nasihat saat itulah hati telah mati..
Soal hati yang masih sehat dan hidup saya lupa, namun mungkin hal berikut menjadi pertandanya :
– Bersedih sekali ketika jauh dari Allah
– Menangis pilu ketika kehilangan waktu salat
– Sangat menyesal dan sedih saat terlewat salat malam
– Hati tak mau didekat maksiat, bila kita memaksa maka ia meronta meminta segera pergi dan menangis
– Sering memeriksa diri sendiri dan waktu yang telah dilalui

Hampir pasti hati saya sedang tak sehat, dan tombo ati ada lima, namun mengapa begitu susah meraihnya.. Apakah tekad perlu dikuatkan, atau belum bertaubat dari kerusuhan hati? saya belum tahu jawabnya..

Tapi saya akan berjuang.. dan mengharap pertolongan Allah. Kalau sudah rejekinya takkan meleset, keyakinan ini belum pudar.. Subhanallah..