Vixion tak dapat disangkal merupakan primadona motorsport (150cc) indonesia. Beberapa lama si leher kuning (kata pak bons) tak tergusur menjadi nomer wahid dikelasnya.. Apa Vixion sempurna? ahhh mana ada motor yang sempurna.. hehehe. Tentu dia memiliki sejumlah kelemahan, paling tidak menurut saya, hehehe
Nggak lazim rasanya kalau nggak menyebutkan kelebihannya terlebih dulu. Baru sesudahnya diskusi mengenai kekurangannya.
Bicara nilai positif Vixion, seperti menggarami lautan, maksudnya sudah banyak diketahui umum dan dibahas para media. Bisa jadi paling mencolok adalah teknologinya, imho liquid cooled 4 valve 150 cc-nya belum banyak disamai, apalagi dengan tambahan injeksi. Lumayan irit jadinya.. Kemudian Rangkanya sudah menganut deltabox frame yg kesohor stabilitasnya. suspensi juga telah memakai monoshock sehingga handling pun lebih mantap cmiiw
Desain jagoan garputala ini pun tak mengecewakan. Mungkin masih kalah gagah dibandingkan sang adik si kebo, tapi sampai sekarang rasanya masih banyak memiliki fans.. Ini tak lepas dari gurat bodi nakednya yg proporsional dg kebanyakan postur orang sini barangkali bisa jadi juga kepopuleranya datang dari sisi futuristik penampakannya.. hehe
Tapi yg susah diingkari adalah valuenya, yg secara umum lebih dari para kompeitornya. Inilah nilai utama yg kita sepakati.. Bila spek dan desain yahud tersebut dihargai lebih tinggi, mungkin plot ceritanya bakal berbeda.
Sekarang mari menuliskan kekurangannya dari perspektif saya. Pertama, menurut saya pribadi Transmisinya agak kasar. akan lebih jelas bila kita telah membandingkan impresi dengan motor yg lain sekelasnya. Muffler pun kayaknya gampang karatan. imho
Kedua, tenaganya diputaran atas agak kurang. Ini bisa dimaklumi karena karakter sohc ya seperti itu, namun disisi lain akselerasinya lumayan. Mungkin akan tereduksi kelemahan ini bila sudah mengadopsi 6-speed. Semoga demikian.
yang nomer tiga yaitu posisi riding yang kurang nyaman. Bila sering bepergian luar kota, mungkin hal ini baru sedikit terasa. boleh jadi pula ini dikarenakan joknya yg kabarnya mmg kurang nyaman.
Empat, motor ini minim upgrade. Karena penjualannya stabil, hanya feslif atau striping saja yg sering dialami. Padahal bila diaplikasikan RDB atau spido digital yg rasanya nggak susah, tentu bakal menyempurnakan superioritasnya.
Terakhir, ini murni pendapat saya, yaitu terlalu umum. Karena sudah banyak ditemui di jalan, jadi saya ngerasa agak gimana gituu .. motor sejuta umat-lah istilah kasarnya,
Kesimpulan tulisan ini adalah, dengan berbagai kekurangan tersebut (biarpun cuma opini saya), seyogyanya diperbaiki YIMM pada New Vixionnya agar tak menjadi titk lemah yang dapat dimanfaatkan lawannya. Kalau semakin baik kan bakal semakin sulit untuk dipatahkan..
Yah begitulah singkatnya, silahkan dishare pendapat sampean. (gianluigimario)
aseekkk…
nunggu gambar faceliftnya masbroo
http://areeya2.wordpress.com/2012/03/18/new-jupiter-mx-modif/
ayo di enteni bareng-bareng wae 😀
New Piksen 2012
Ga usah repot2..Samain model piksennya mas yudi batang aj..
wahh.. kurang fresh mas 😀
Fxr150 thn 2000 an aja udah pake speedo digitall.CMIIW
iyo mas.. RPM-nya juga pake bar graph… keren bgt 😯
yang pengen update…asik
sekedar ber-opini, wekekeke 😀
Absen gan’ 10 bsar
oke dehh
Gan gambar k2 bonus y?? Hahaha,,,,,
semacamnya 😛
Ya, pasaran itu salah satu alesan gw upgrade ke cbr 150r.
Abis males pernah satu waktu ada 5 vixion jejer di lampu merah yg sama dgn gw. Capede, padahal dulu waktu pertama beli tahun 2008 ngerasa paling keren sendiri.. Hehe..
wakakakakak
nggak nyangka ada yg setuju sama alasan terakhir saya 😀
tossss masss 🙂
Ane pribadi jika menilai sbg konsumen si vixi msh cukup mumpuni sie gan’ tampang ok, mesin mantaap, fitur lumayan lh gan ketimbang sport laen n 1 yg maxooos dari si vixi’ harga gan’,,,,,,,itu semua jdi senjata si vixi untuk bertanding menjadi juara dkelas sport 150 cc, dgn visi sekarang tinggal menunggu kompetitor laen datang baru kemudian upgrade next vixi dari desain, mesin, n fitur’, tpi harga sebisa mungkin jgn dupgrade yah gan’ menurut ane sie’ hehehehe,,,,,,,,bravo yamaha fazer250 mantaaaap
iyo mas, sudah juara bertahan, tapi kalo udah dapet agresi trus pangsanya kegerus baru terasa 😛
Benar gan’ tpi toh ampe saat nie lom ada yg baru jd si raja msh aman dtahtax untuk beberapa bln kdpn’ hehehe,,,,,,tar lo dh keluar yg laen bru dkeluarkan seluruh kemampuan si raja gan’,,,,,,gmn gan???just share lo gan’ hehe,,,,,
bener banget mas..
kalo udah ada lwan baru kelabakan 🙂
pertamax di blognya mas mario. Satu hal yg menurut saya akan menambah kesempurnaan dr segala tetek bengek lainnya adalah, head cylindernya tolong ganti dohc, lebih2 kubikasinya diarahkan ke over bore. Sumpah mati gile deh….. Jagad permotoran.
itu harapan terbesar saya mas.. namun rasanya sulit diwujudkan sama YIMM.. sejarahnya yamaha keluarin double cam di sini kan belum ada. sy pesimis bisa dohc, meski kalo jadi nyata tentu geger deh otomotif indonesia.
welcome to my blog mas.. thanks..
dari kota mana?
dari kota pati punya mas… Hihihii narsis nie ye, saya senang sm tanggapannya mas mario yg anget.
sedapatnya akan selalu saya sambut mas..
semoga tak mengecewakan 🙂
smoga kekurangan vixion sebaiknya memang di sempurnakan sama new vixion.,,. mantap ,,.,.
wokeh.. dukung penyempurnaan..
thanks 😀
ya, namanya juga ciptaan manusia mas, pasti akan selalu saja ada minusnya hehehe….. 🙂
wekeke.. biar nggak dianggap sempurna, maka kita ingatkan 😀
Dilihat secara design Vixion mirip Ninja 150L >> Lampu bulat (awal) >> shroud radiator >> monoshock.
Dan durasi Ninja cukup lama (15 th-an).
YIMM tolong tiru Ninja >> dengan Engine sama >> 2 versi Ninja L & Ninja RR >> Ninja L (fungsional ok) >> Ninja RR Performa TOP.
Jadi >> Vixion Naked (dipertahankan) >> Release Vixion Fairing 6speed – Throttle Body diperbesar – Mapping ECU Peak Power >> MUANTAP.
sejak dulu saya selalu ingin ada dua versi Vixion..
namun tampaknya Yamaha nggak ada rencana kesana.. tapi siapa tahu ❓
makasih mas 😛
jadi mending FU kang :D… dirilis donk kelebihan kekurangan satria FU 😀
iya bim, request ditampung dulu..
sudah siap kok tinggal edit dikit.. hehe
kalo lagi stabil emang gt,, minim upgrade,,
bahkan yg paling gampang ky rdb pun kaga di tambah,,
itu buat senjata andalan kalo saingan muncul,,
jadi tambahan kecil yg berarti,,
“berarti” karena dah bertaun2 tunggu vixion kaga pasang2 cakram,, 😛
wekeke penghilang dahaga..
tapi sy lebih suka upgrade engine, kalau musuhnya betul cadas.. 🙂
tapi kalo upgrade mesin kan susah mas,,
ky nya setelah sekian lama para fans menanti rdb,,
gt di kasi pasti pada seneng d,,
ga usa upgrade mesin segala.. 😛
itu lah siasat yamaha ga mo kasi rdb dr dl,, 😆 imho..
iyo mas pasti susah sekali.
itu jg saya tulis di akhir artikel 🙂
sep
wokeh dehh 😀