Siapa ya yang paling merasakan akibat DP 20% ?

Karena peraturan baru tentang uang muka perkreditan, rasanya akan sedikit banyak berprngaruh pada penjualan motor di Indonesia..

Bagaimana tidak, DP yang biasanya 500rb pun boleh, sekarang minimal 2 juta (kalau untuk motor 10jt).. Apa konsumen bakal banyak berburu motor bekas? hehe rasanya nggak langsung begitu..

Nah, kira-kira tipe apa yg paling kena dampak peraturan tersebut?

Yang pasti kebal ya kelas premium 😀 cmiiw. Bagi yg mengincar si premium yg harganya diatas segmen umum kan biasanya berkantong tebal.. Jadi  mungkin tidak perlu lagi pertimbangan DP. Bila sudah jadi lifestyle atau hobi, harga menjadi kurang ‘penting’ untuk segmen ini.

Berikutnya secara merata semua sport, skutik maupun bebek jelas terimbas. Katakan saja Vixion. Memang tak sedikit yang beli kontan (tak terprngaruh nilai DP), namun pasti banyak juga yg lewat kredit. Jika harganya 22 juta misalnya, perlu 4,4 juta untuk menebus secara kredit.. suatu besaran yg relatif memberatkan tentunya..

Bebek dan Skutik yg secara umum peminatnya sama tentu juga merasakan itu. Mungkin untuk awalnya bakal terjadi semacam penurunan volume penjualan yg lumayan, namun jika memang motor  adalah kebutuhan fungsional, bisa jadi tren salesnya akan normal kembali, imho..

Jadi menurut pendapat kecil saya pengaruh tersebut hanya di awal saja, kemudian industri motor akan kembali normal seperti biasanya.. 🙂

Ada pendapat lain? (gianluigimario)

Advertisements

28 thoughts on “Siapa ya yang paling merasakan akibat DP 20% ?

  1. yayaeucup says:

    awalnya yang merasakan dealer, selanjutnya yang kredit..dit..dit

  2. wahh… brat jg y mas, g jd ganti motor deh. :mrgreen:

  3. good day says:

    Wah tinggi nie Dp p200ns?? Ga kbeli dah’ jd pengagum doang ><`

  4. panijo says:

    Kepingin punya motor aja kerja sampai tahunan dan sekarang malah dipersulit dengan dp minim 20%. Menurut saya ya Mas, pemerintah indonesia itu belum bisa mensejahterakan rakyatnya. Jujur saya pribadi gak bisa mikir kenapa Indonesia tercinta ini dari harga2 apa pun kok tinggi sekali, gak sebanding dengan penghasilan yg di dapat. Saya salut dengan negara Korea Mas karena dari harga2 apapun sangat terjangkau, walaupun masalah kenaikan seperti BBM gak berpengaruh sama sekali dengan kebutuhan apapun. Saya mau cerita dikit Mas tentang kehidupan di Korea?

    Sebelumnya saya minta maaf bukannya pamer hanya kepingin ngasih gambaran aja.

    Di sini saya bekerja di pabrik plastik dengan gaji per bulan 1.800.000 Won setara Rp. 14.400.000 dan gaji segini bisa dibelikan motor, kulkas, tv, samsung galaxi, pokoe masih cukup Mas uangnya. Motor disini sangat murah hanya 300.000 Won jenis matic dikarenakan orang sini kebanyakan pakai mobil semua. Harga mobil jenis city car sekitar 9.000.000 Won, jenis sedan 13.000.000 Won, jenis MPV 16.000.000 Won dan jenis SUV 21.000.000 Won, murah kan Mas sebanding dengan pendapatan per bulan disini yang rata2 orang Korea gajinya 2.500.000 Won ke atas, Coba kalau di indonesia kerja di pabrik rata2 Rp. 1.500.000 sedangkan harga motor dan mobil sangat gak terjangkau. Makanya banyak sekali orang2 yg nekat melakukan perbuatan yg melanggar hukum. Masalah kebutuhan pokokpun juga sangat2 murah meriah mulai dari:
    Beras 20 kg cuma 36.000 Won
    Telur 1 kg 3.000 Won
    Rokok harganya sama semua 2.500 Won
    Bensin 1 liter 1.800 Won
    Solar 1 liter 1.650 Won
    Bus angkutan kota jauh dekat 1.100 Won
    Dan masih banyak lagi yg lainnya………
    Intinya kebutuhan hidup disini sangat terjangkau dari tahun ke tahun, andai kata ada kenaikan harga itu pun gak terlalu banyak.

    Inilah sedikit cerit dari Korea yang pemerintahannya benar2 mensejahterakan warga negaranya.

    Salam persahabatan ya Mas dari temen2 di Korea.

    • salam persahabatan mas..
      wah jadi pengin ke korea juga nih 😀

      yah mungkin akar masalah di indonesia sudah demikian akut sehingga memperbaikinya membutuhkan upaya keras dan waktu..
      rasanya yg kaya semakin sejahtera dan yg miskin makin terjepit, mungkin karena di tingkat birokrasi terkecil pun korupsi sudah susah dihapuskan, apalagi level papan atas..
      Yah saya cuman bisa berharap semoga upaya penyembuhan negara tercinta kita ada hasilnya, entah setahun atau dua tahun lagi 🙂

      makasih sharingnya mas.. nice info.
      semoga nggak lupa tanah air, hehehe

  5. panijo says:

    Kalau disini maslah hukum gak pandang bulu Mas, kaya dan miskin sama saja. Hukum disini sangat tegas dan gak bisa ditawar, Pokoknya gak ada kata2 WANI PIRO….?
    Makanya Korea menjadi negara maju, aman dan sejahtera.
    Saya hanya seorang pekerja Mas dan insyaallah akhir bulan ini habis kontrak 6 th dan pastinya saya pulang ke tanah air tercinta, walaupun pemerintahannya amburadul dan pejabatnya saling memperkaya diri sendiri sama sekali gak memikirkan jeritan rakyatnya.

  6. panijo says:

    Amien ya rob Mas……..

  7. panijo says:

    Betul…. betul….betullll…….

  8. Dr.Feelgood says:

    disinyalir motor2 2nd yg ada di showroom bakalan laku keras mas heheh……..

  9. dave says:

    tp klo saia ngeliat gini banyak motor baru yg mo keluar,,
    terus antusias yg beli gini banyak,,
    pengen nya ky di luar negeri aja d,,
    transportasi umum nya di bagusin,, di bikin murah,,
    yg penting AMAN + tepat waktu,,
    jadi ga puseng liad kemacetan di jakarta..
    liad motor tuh uda ky apa tau,, mobil banyak banget.. ckck..
    dulu pp jkt-bgr naek bus 1-2 jm,, sekarang 2-4jm..

    • Gianluigi mario says:

      oke deh sudah di transfer sesuai alamat amplop 😀
      semakin macet makin bikin stress mas.. 😦

    • dave says:

      mantap mas.. hehe..
      betul2,, saia sangat senang ngeliat pertumbuhan teknologi motor jaman sekarang,, semakin banyak saingan,, semakin banyak motor2 keren, hi tech, tapi murah.. mantep tuh..
      tapi disisi laen,, macet nya,, ga tahan..
      kalo ky di luar negeri emang kendaraan mahal, pajak mahal, ini itu mahal,, bbm mahal,, tapi transportasi umum nya bagus,, aman, nyaman, tepat waktu, selalu ada..
      yg paling penting tuh pendapatan perkapita nya jg tinggi,,
      misal nya:
      pertamax bisa 20rb/liter di luar negeri..
      di sini 10rb/liter..
      tapi gaji disana bisa 10jutaan / bulan / orang fresh graduate,,
      (inget temen ngomong di singapore gaji = 1500usg, 1500*7000(kurs)=10.500.000..
      lah disini? paling gaji 2-3jt..
      harga bbm beda 2kali lipet,, beda gaji 3-4kali lipet..
      sekarang bbm mo di samain ky di luar negeri, kata nya bbm disini terlalu murah,, liad dari pendapatan nya aja dah beda banget.. itu kata nya untuk mengurangi kemacetan,, jadi yg mo beli mobil motor berkurang gara2 bbm mahal,, parkir mahal,, ERP,, segala macem.. tapi kenapa ngeliat nya selalu naikin harga? kenapa ga liad,, perbaiki transportasi masal nya,, bikin aman nyaman murah tepat waktu,, di luar negeri seperti itu lho,, kenapa bukan itu yg di contek? kenapa yg di contek nya naekin harga? harus nya naikin GAJI.. hehe,,
      duh jadi curcol,, sori kalo oot..

      • harusnya memang ada keseimbangan dengan meningkatnya pendapatan mas.
        kalau nggak gitu, namanya mencekik kesejahteraan rakyat.
        mas Panijo salah satu pembaca yg merantau di korea, juga bilang kalau gaji disana mmg sebanding dengan harga kebutuhan, nggak seperti disini yg njomplang.. 😀

      • dave says:

        that’s what I’m talking about,,
        disini cm mo naek harga nya aja,,
        tp pendapatan ga sesuai dengan yg di luar negeri,,
        mobil motor mo dikurangin supaya ga macet,,
        tapi transportasi umum nya ga bagus,,
        emang yg saia rasain tuh emang rakyat nya di cekik oleh pemerintah..
        rasa nya ky di jajah oleh pemerintah sendiri,, cmiiw..

      • muga aja dlm beberapa waktu kedepan hal tersebut dapat dibenahi 😀

      • dave says:

        amin..

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s