Menilai karakter motor dari data Power dan Torsi (1) : sedikit uraian..

Sering kita dengar ” motorku jauh lebih baik dan lebih cepat dari motormu“, ” power motor ini lebih baik, torsinya juga lebih besar, dsb“. Jawabnya, tidak ada motor yang sempurna.. tiap motor menawarkan perpaduan power-torsi dan karakternya masing-masing.

Sebagian besar karakter dan style dari suatu motor, berasal dari engine, yang merupakan jiwa dari sebuah sepeda motor.

Seperti halnya tidak ada sepeda motor yg sempurna, demikian pula tidak ada mesin yang sempurna untuk semua tipe pengendaraan. Biasanya kita menilai seberapa baik suatu mesin itu dari mengetahui tentang berapa Power (HP) maupun Torsinya.

Secara singkat dapat dikatakan bahwa:
Horsepower = (top)speed
Torsi = gaya tarikan/ akselerasi

Misalkan dicontohkan berikut ini :
Motor “A” : 100HP, torsinya 15 Nm
maka kecepatan puncaknya akan sangat tinggi, namun untuk mencapainya perlu waktu sedikit lama..

Motor “B” : 15 HP , torsinya 100 Nm
maka akselerasi akan sangat cepat dilintasan, namun kecepatan puncaknya tidak akan terlalu besar..
(http://www.totalmotorcycle.com/)

Yup demikianlah cara mudah untuk menilai apakah suatu mesin akan berkarakter jarak pendek ataupun jarak jauh. Tentu untuk keseluruhan performa sepeda motor dipengaruhi juga oleh rasio gir, ukuran roda, gaya merunut power mesin dsb.. Tapi secara umum data torsi dan power dapat melukiskan style mesinnya seperti apa.

Untuk yang menyebutkan pencapaian di rpm berapa, itu akan coba saya tuliskan di artikel berikutnya. Untuk sekarang, saya pikir sedikit ini cukuplah😀
InsyaAllah. semoga bermanfaat..(gianluigimario)

60 thoughts on “Menilai karakter motor dari data Power dan Torsi (1) : sedikit uraian..

  1. REC*303 says:

    Kombinasi torsi dan speed maksimum ada pada Yamaha FIZR karena mesin tipe oversquare 2tak (bore x stroke sama)

  2. e63 says:

    keren bgt mas mario ini, heheheee… Tak tunggu sampe anget

  3. zaidanFarros says:

    Brarti klo liat spec motor dr hp n torsi dah bs ditebak top speednya ya mas

    • bukan angka topspeed langsung, namun karakternya mas.
      misalkan HP tinggi, berarti topspeed umumnya lebih cepat dari mesin yg HPnya lebih kecil.
      kalau soal topspeed berapa km/h itu masih dipengaruhi faktor lain misalnya berat pengendara, angin, roda, dsb

      Kalau yg Torsinya lebih besar, berarti karakter mesinnya cenderung kuat di akselerasi atau tarikannya. Soal berapa detik menempuh berapa meter, itu juga tidak bisa langsung ditentukan.
      imho
      semoga tidak mengecewakan..😀

      • S2 Tekhnik Engine says:

        (tambahan)..Sama kyak mobil Truck walau CC nya puluhan Ribu belum tentu dia dapat mengejar sedan yang hanya seribu cc dijalan lurus dan jauh karena dirancang untuk angkutan jadi membutuhkan torsi yang besar dibandingkan kecepatan/power,begitupun sebaliknya sedan..jadi intinya.. karakter mesin itu ada 2 tipe satu untuk kecepatan/High Power atau satu Tipe Untuk Tenaga awal / High Torsi..thxs..

  4. yayaeucup says:

    Menilai karakter motor dari data Power dan Torsi (1) : sedikit uraian..
    =======================================================
    edisi 1: menunggu edisi selanjutnya.. mudah di pahami

  5. GrandV says:

    Mobil diesel torsinya gede-gede, kenapa tarikannya pada lemot ?😀

    • barangkali karena memang brg yg diangkut berat? hehe
      atau mesinnya rata-rata uzur.. hehe nggak tahu😀

      • S2 Tekhnik Engine says:

        mobil yang terlalu tinggi di torsi pasati rendan di power untuk yang mengedepankan torsi..jadi torsi kuat kecepatan memang lemot..tapi untuk angkat beban 10 ton sekalipun masih beguyur bro..dibandingin sedan yang walau dirancang untuk kecepatan/high power diiisi beban langsung mati dah dia karena kurang torsi..thxs

      • wuhhh,, ilustrasinya sip banget😀

  6. yayaeucup says:

    setelah tanya mbah google ada situs yang membahas performa mesin besin Vs mesin diesel. maaf saya belum bisa memahami betul
    http://www.situsotomotif.com/smart-driver/general-tips/mesin-bensin-vs-mesin-diesel-mana-yang-harus-anda-pilih

  7. zulfauzi says:

    itu ya, mudheng saya
    pantes traktor, stom, conveyor, bogey, buldozer, truk, bus
    pada pake mesin diesel

    thx a lot to admin🙂

    titip jemuran dulu :
    http://zulfauzi.blogspot.com/2012/03/phone-wallpaper.html

  8. redbike92 says:

    15Hp 100Nm
    wah dijambak raja setan tuh kak mario😀

  9. gogo says:

    mantab infonya bro.. enaknya emang hp dan torsi suatu mesin proporsional.. gak terlalu njambak dan terlalu melejit..

  10. change says:

    manfaat bgt bro thx y…ditunggu artikel selanjutnya

  11. ax125 says:

    Klo RX. King brapa ya mas???

    🙂

  12. Arif Vixion says:

    KABAR GEMBIRA BUAT PEMILIK VIXI, VIXION KEMUNGKINAN BESAR BISA DIMODIF MENJADI DOHC NIH BUKTINYA

    http://husqvarna-motor-indonesia.com/motorcycles/enduro/te-125/
    headnya bisa ngambil punyanya motor enduro husqvarna …😈

  13. H3 says:

    Motor bisa kompromi (Torsi & Top speed)
    Syarat nya :
    # Bore & Stroke sama
    # Gigi 1-3 >> Gear rasio ringan / akselerasi >> Ecu / CDI mapping Torsi.
    # Gigi 4-6 >> Gear rasio berat / Topspeed >> Ecu / CDI mapping Peak RPM.

    Motocross 2T Special Engine, Bore & Stroke sama / mendekati.
    ——————————————–

  14. H3 says:

    Untuk Ignition gunakan type gabungan AC & DC (2 busi lebih baik).
    Pengapian DC unggul di Akselerasi.
    Pengapian AC unggul di Top Speed.

    CDI / Mapping ECU nya harus smooth saat (perpindahan DC ke AC ignition nya).

  15. H3 says:

    Throttle Body / Injection menganut YM-Jet.

    Knalpot ada tembolok nya (TEC) nya Pulsar (torsi).
    Silencer (ujung knalpot) type panjang kaya Moge (high power)

    Kalo kayak gini engine >>> tinggal cari frame / body motor…
    ———————-
    Di jamin mak nyuusss

    • luar biasa mas..
      ilmunya begitu meledak-ledak..
      artikel yg ringan jadi terlupakan namun tambah sempurna.
      makasih mas her, piye kabarnya sama temen adik?

  16. H3 says:

    Minggu kemarin ada saudara main ke malang,,
    Belum sempat follow up Scan tools…
    Sori bro…….

  17. e63 says:

    mas mario… klu pun bs di jadiin dohc apa masih mungkin bs ganas n berpower di rpm atas layaknya mesin over bore, melihat vixion strokenya panjang gt. Lagian sbg contoh cs1, g usah perlu cam dohc buat cari sensasi high rpm. Tp over bore sohc 2klep masih mirip2 fu karakternya, mungkin rasio r15 bore up dikit sm remap ecu lebih yahud mas klu di banding dohc, …. Biar anget mas

    • iyo mas meski dohc kalau rasio bore dan strokenya maknyus ya bisa bersensasi DOHC,
      muga aja karakternya R15 (yg katanya mau gantiin Piksyen), kayak gitu gaharnya,. hehe
      makasih mas..

      • e63 says:

        wuih…. Mas mario malah udah tau penggantinya vixi tu r15. Ini sih bukan bocor lg tp banjir bandang sampe2 ngalahin bocornya warung2 gede.. Heheheheeee… Tp satu hal yg g di punyai sohc tu suara tonjokan langsung kem ke klepnya itu lho kayak suaranya si fu…. Kemplothak gimana gitu…

      • banjir bandang kecil, hehehe
        tentu suaranya dohc khas, dan menurut saya malah berkarakter banget.. wekeke

      • e63 says:

        jd mungkin itu alasan yamaha selama ini belum bikin dohc, karena mungkin dg pembuatan mesin dohc dibutuhkan rombakan dan riset besar2an dilakukan yg butuh dana tidak sedikit. Tp moga aja ntar itu bukan hal yg g mungkin klu yamaha mau sekalian terjun ke mesin baru racikan baru, moga aja ikutan ke 250cc biar rame sekalian

      • iyo bener mas.. sori baru koment.
        kalau sekalian riset yg berbiaya besar, ya keluarannya jangan nanggung😛

      • S2 Tekhnik Engine says:

        ga begitu besar sih pengaruhnya..benar kata mas Mario..yang penting setingan antara Bore x Stroke nya dulu yang penting..kalo soal teknologi twin cam sih hanya menambah mempermudah ringannya kinerja mesin aja..

      • bener banget mas..

  18. Dr.Feelgood says:

    dan berat kendaraan juga berpengaruh kepada torsi dan power ini, contoh saja di motor ane, power gede torsi juga cukup gede, tapi karena berat 108kg + 60kg (berat badan) + 1kg (toolkit) + 2,60kg(notebook, suka dibawa biar bebas ngenetnya) wkwkwkwkwk blum sama sepatu, jaket, tas, aduh….. jadi lemot mas xixixi….:mrgreen: mklum mongtor ane cman mbebek mas😀

  19. S2 Tekhnik Engine says:

    CONTOH Motor dengan Kecepatan Tinggi Seperti Dua Perbandingan ini yang kita ambil contohnya di motor yang satu pabrikan.Seperti:
    1. Honda CS1 yang mengutamakan Kecepatan dan yang ke-
    2. Motor Dengan Torsi Tinggi adalah
    Honda Supra X 125 yang lebih mengedepankan TORSI.
    Dari Kedua motor tersebut mencontohkan antara Mengedepankan
    Power atau mengedepankan Torsi.Tinggal para SOB yang
    memilihnya..,Semoga menambah pengartian pelajarannya.

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s