Serunya perang skutik dan sedang sepinya kelas bebek..

Rasanya di kuartal awal tahun ini perang paling seru terjadi di segmen skutik ketimbang bebek. Akhir-akhir ini tren demikian terus berlanjut.

Mulai dari Yamaha yg memperbarui seri Mio nya yg lama berkuasa dengan brojolnya Mio J dan Mio Fino yang mengusung injeksi. Disinyalir hal ini belum berhenti berhenti sampai disini, beberapa varian mungkin akan dikeluarkan lagi untuk menguatkan penetrasi yamaha di kelas ini. Xeon pun mungkin akan mendapat rekan baru untuk membendung serangan pabrikan lainnya. Apa itu Nouvo SX? ahh belum tahu..hehe

Honda tak mau ketinggalan, dan bahkan terkesan lebih agresif. Vario 125 dilepas untuk menegaskan dominasi vario yg terlebih dulu populer. Dibekali mesin kubikasi baru dan ditemplokkan sistem starter canggih ala skutik premium pcx beserta fitur tambahan lainnya, jadilah varian anyar ini kandidat baru favorit konsumen. Keberadaannya melengkapi banjirnya skutik si sayap mengepak yg sudah dipenuhi oleh beat spacy skupy, maupun vario std.  PCX 150 diprediksi akan meperdalam cengkraman Honda di kelas bebek premium kalau jadi diboyong.

Suzuki pun tak kalah rame. Hayate dan Nex adalah jawaban utuk tantangan itu, setelah dinasti spin, skiwave maupun skydrive telah dikenal masyarakat. Kedua produksi suzuki tersebut tak sekedar numpang lewat. Meski masih karbu namun keiritannya dapat dibandingkan, belum lagi fitur lainya.

Lengkaplah sudah perang skutik.. Genderang sudah ditabuh lewat perang irit, untuk membius konsumen yg terbiasa dengan mindset bahwa matik itu boros. Apakah anggapan tersebut akan sirna? waktu adalah jawabnya, dan arah menuju ke situ semakin jelas..

Disisi lain, kelas bebek nyaris anteng2 saja, belum ada berita heboh soal 3 pabrikan tersebut melaunching atau merenovasi produk ini.

Apa ini tanda skutik semakin mendesak bebek? rasanya begitu.. Apa bebek akan tewas nantinya? Ngawur!!! terlalu jauh.. meski tanda kesana mulai ada hehehe.. (imho)

apa pasalnya? barangkali pemikiran konsumen sekarang itu 2 cabang: kalau mau performa lirik sport, jika memilih kemudahan nan ekonomis gamti lirik skutik. apalagi sekarang matik makin irit..
Lha bebek dimana? diantara lirikan kedua sorot mata.. hehehe.

Kita harapkan saja bebek juga menyusul untuk menelurkan inovasi barunya, jangan sepi.. paling tidak bebek sport lah hehehe

Piye pendapat sampean? monggo (gianluigimario).

18 thoughts on “Serunya perang skutik dan sedang sepinya kelas bebek..

  1. c-seratus says:

    hehe…bebek akan tetap ada..di inggris sj msh dijual. Antara matik, bebek, sport (small), sport (medium), sport (big), touring dsb kan hanya diferensiasi kebutuhan…spt city car, small car, medium car, sedan, suv (small), suv (big), van (panel), high van dsb…imho. Trend mjd faktor kunci disini. IMHO🙂

  2. scnk says:

    emang lagi demam perang perangan kayanya:mrgreen:

  3. Aa Ikhwan says:

    tempat ane masih laku..apalagi bebek goreng kremes xixixi

    mungkin pabrikan menilai/melihat fenomena di jalan di mana metik2 lebih gampang bermanuver atau lincah sehingga disukai sebagian konsumen jadi laku😀, padahal hal tersebut bisa membahayakan pengendaranya.

  4. Dr.Feelgood says:

    ane masih pecinta mbebek mas hehehe, lebih enak ada gigi ama koplingnya, jadi tetap ada seninya berkendara. tekan kopling > tekan tuas persneling, tarik gas, ber……ngacir.. di rem ada enginebrakenya😀

  5. yayaeucup says:

    sebelum matic seramai ini, teman saya berkelakar “enak kang naik matic, gak usah masukin gigi langsung ngacir bebek kalah stat..”
    matic emang mudah di kendarai dan lebih fungsional. konsumen semakin di manjakan namun dari sisi seni (kata Dr.Feelgood) gak ada. lagi bomingnya matic, mungkin beberapa bulan lagi dah biasa lagi

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s