Perhatikan tabel berikut ini :
Jika kita perhatikan warna hijau dan kuning tabel tersebut, maka akan dapat diambil beberapa poin kecil berikut :
– Karakter mesin cbr adalah tipe bore, R15 itu long stroke (cenderung square)
– teknologi mesin keduanya nyaris sama, hanya beda dohc vs sohc
– transmisi sama-sama 6 speed
– CBR unggul power (0,8PS), R15 unggul torsi (2.3Nm)
– rangka dan berat total hampir sama
Dari poin tersebut, maka bila Honda mengambil basis mesin CBR, maka meski di downgrade barangkali si teralis takkan jauh dari spek tersebut.. Karakter power maupun torsi telah diketahui, demikian pula estimasi speed yg kabarnya 150km/jam. Ini lumrah karena tipikal dohc kitiran atasnya lebih ganas, apalagi cbr mencapai puncak performa di rpm 10500. cukup tinggi..
Nah bila teralis merupakan downgrade dari CBR, bagaimana kalau vixion ambil R15?
Jauh lebih mudah!!! apalagi ada sebuah bocoran kalau R15 mmg didatangkan hanya saja belum jelas rupa atau namanya. Jika memang demikian, maka basis rangka maupun mesin Vixion sekarang akan sangat mudah mengadaptasinya. Tinggal ganti gear set gearbox/ratio dan set ECU New Vixion (kalau itu namanya nanti) yg merupakan turunan R15 bakal cukup mampu mengatasi si teralis reinkarnasi CBR itu.
Walaupun didowngrade, mungkin karakter utama mesin tersebut takkan berubah total. Disini nantinya teralis akan mengandalkan speed yg mungkin dicapai kala touring luar kota, sedangkan New Vixion adalah motor torsi yg cocok untuk perkotaan mantap untuk stop and go di trek pendek, hehe
teralis dan new Vixion sama punyai nilai jual dan kelebihan yang bagus, hanya tinggal desain barangkali (seperti di artikel sebelumnya). Jika salah satu lebih menarik, itu akan menjadi nilai lebih buat konsumen menjatuhkan pilihan dg catatan harganya head-to-head.
Tidak sulit untuk yamaha mencaplok mesin torsi si R15, dan tampaknya pertarungan ini bakal tetap berlangsung antara DOHC lawan SOHC. Lumayan berimbang dan ada diferensiasi. Ketimbang YIMM kembangkan DOHC yg jelas perlu waktu 😀
Piye pendapat sampean? menang mana?
monggo disharing (gianluigimario)
V-ixion bukan ganti gearset,,, tapi gearbox / rasio
oke 😀
sesuai masukan sampean, sudah saya ganti 🙂
kalau gear set lak kebayang rantai, hehehe maturnuwun 😛
kurang yakin ane kalo vixion nambah jadi 6tranmisi..kalo cakram dan velg lebar dah pasti…tu.. Soalx apa gak tambah gede harga vixion kalo di jual di sini..,tapi gak tau juga lah..mudahan saja jadi 6
mudah-mudahan.
kalau lawannya 5, mungkin 5 saja cukup.. 6 bakal jadi nilai lebih mas putra 😛
kita liad aja nanti,,
masi kepikiran gmn c teralis..
wekekeke..
wait and see, cuma itu yg kita bisa.. (selain analisa ringan)
pilih FU aja dah 😀
kemarin di redbike lengkap tuh ulasan FU 😀
salute to sohc…
yang ini kereeen…
baca ya .
oke, setuju brooo.. 🙂
Aku ga bisa komen Brooo… Intinya aku setuju banget ama ini artikel…klop dech sama jalan pemikiranku…. Josssss….. Karena orang ambil unit motor itu meliputi: Design,Power,Rego…, tak nyimak wae lahhh…..
sekarang masih gak bisa broo???
padahal wis bebeasin semua gak pake syarat. apa wordpress bibinperbaruan ya? maaf
Maksudnya aku dah setuju banget ama tulisan sampean… Padat singkat dan gampang di cerna….. [Si teralis juga was_was sama design and spenk engine si new Pikson, dan new pikson juga nunggu teralis mbrojol….,biar bisa ngimbangin serangan si teralis] kayaknya bakal perang harga nech…secara spek mesin ga akan beda jauh…., memang sech DOHC lebih Wah…tapi perawatannya juga wah tentunya…lha wong CAM_nya Dobel je…. Tentu klo ada masalah di part Cam_nya akan keluar duit lebih banyak di banding singgle CAM…yo opo ora?
iyooooo…!
walahh tak pikir komen ra gelem melbu.
tiwas ae tak doleki sebabe.. 😀
pilih teralis ajalah…sudah DOHC (mungkin) 😛
oke, dicatat deh.. 😀
DOHC aja yakinlah bro..
Yg penting olinya mahalan dikit
makyus tarikanya…
wuhhh jelas yakin lebih maknyus
masalahnya bro, sangat nggak yakin yamaha mau buat dohc 150cc 😀
Masalahnya diantara next vixion & si teralis ada bang pulsar 200 ns… yang mampu nyembur sampe 23 HP…..
wihh perang memang melibatkan tiga jagoan itu.
p200ns juga calon kuat raja..
seandainya saya jadi calon pembeli
(seandainya lho yo, karena sekarang belum bisa cari duit dewe)
mungkin ngambil Vixion, dengan pertimbangan jarang ke luar kota, dan rute yang sekarang diambil muacet edan 😀
wahhh.. pertimbangan yg bijak.
vixion ane ape tak lego, mau? wekekeke
Ojo di Dol… Di rawat wae… Aku jupiter Z ejih mak nyuss…., mending duitnya buat beli sawah aja daripada buat beli besi xixixixixixi…..
wehehe. becanda..
saya pernah pnya jupie Z 2006, tapi seminggu setelah beli Piksyen dijual 9.8jt bekne (nov2009) 😛
new vixion mungkin udah bisa di kira2,
Teralis masih katanya mesin turunan cbr, intinya masih masih misterius.
klo perpaduan antara kebutuhan dan keinginan mesin SOHC dah cukup, buat harian (dalam Kota) sesekali aja buat jarak jauh.
memang lebih dari cukup 😛
aku selalu setubuh sama sampean mas mario, heheheheee…
toss ae mas,, 🙂
maho detected,,
kan cuman nerima trofi mas
maksud nerima trofi?
itu sama e63 setubuh mulu,, serem jg.. hii..
kabuuurrrrr…
ayo ayo yamaha keluarin dong motor DOHCnya, lebih banyak persaingan lebih bagus, biar honda selalu berinovasi. jgan kaya dulu2 taon 90-2000an awal, honda yg minim inovasi xixixix….
wah perlu waktu dan dana yg tak kecil kayaknya mas 😛
pokoknya kalo teralis footstepnya kyk mega pro gak mau beli aku. titik gak pake koma
wahh mantep banget filosofinya.. kukuhh 🙂
r15 ke indonesia???????
imporrrrrr
http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/22/tralis-datang-bukan-untuk-mematikan-nmp-mungkinkah/
mungkin cuma basis mesin, (transmisi 6 speed, dsb ) hehe.
kalo VIxion mah overall sudah seperti R15 (tapi naked), 😛