Belajar sedikit konfigurasi mesin 2-tak : tunggal dan parallel..

Berikut penjelasan kecil mengenai dua konfigurasi pada mesin “2-stroke”.

Dalam mesin dua tak, piston turun memampatkan campuran bahan bakar di bawahnya, kemudian menghembusnya kedalam silinder. Setelah campuran ini masuk, ia sekaligus mendorong gas hasil pembakaran keluar.

Campuran bahan bakar dimasukkan kesilinder melalui “transfer port” yang ada di dinding silinder. Piston kemudian naik, menutup transfer port itu, kemudian mengkompress campuran bahan bakar. Langkah ini juga menciptakan suatu keadaan vakum dalam crankcase dibawah piston, sehingga campuran yg baru pun turut tersedot masuk. Kemudian Busi menyulut campuran yg telah mampat, dan gas yang terbakar mendorong piston ke bawah.
Langkah tersebut lalu diulang kembali..

Kenapa dinamakan 2-stroke? Piston naik.. piston turun, hanya dua itu.

Mesin 2 tak Single Cylinder 


Karakter : powerful dg banyak torsi, tidak mahal, RPM tinggi, dan ringan beratnya menjadikan tipe ini populer pada motorsport dan trail sekitar tahun 1985.
Satu kekurangan yang utama yaitu polusi,  dibanding 4-tak karena oli dan gas sama-sama dibakar untuk membuat mesin bekerja


Mesin 2 tak Parallel Twin

Karakter : lebih banyak power dan torsi, lebih cepat dan rpm lebih tinggi.. sayangnya seperti pada silinder tunggal, polusi yang diakibatkan juga semakin besar. Diproduksi hingga 500cc, mungkin mereka adalah mesin motor terbaik yang menkompromikan keringanan, efisiensi, pada ukuran yang relatif kecil.  http://www.totalmotorcycle.com/

Catatan kecil :

Dari sedikit uraian diatas, mungkin dapat disimpulkan:
– Mekanisme 2 tak lebih sederhana, tanpa valve inlet dan outlet seperti halnya mesin 4 tak, yg membutuhkan camshaft..
– Untuk ukuran yang sama mesin ini lebih ringan dan efisien memproduksi energi dan torsi
– mesin parallel lebih kaya power, torsi dan rpm tinggi, namun tingkat polusi pun berbanding lurus.

Ya, itulah penjelasan kecil, silahkan ditambahi. Namanya aja belajar sedikit hehehe
monggo.. (gianluigimario)

Advertisements

50 thoughts on “Belajar sedikit konfigurasi mesin 2-tak : tunggal dan parallel..

  1. scnk says:

    mongtor idaman ku dulu nich 😀

  2. H3 says:

    Reed Valve yg muantap merk BOYESEN.
    Punya 2 lembar plat (besar & kecil)

    RPM rendah buka yang Kecil.
    RPM tinggi buka keduanya.

    Ninja RR >> Reed Valve BOYESEN >> Irit ok >> Top speed JOSSS.

    Ini celah modif owner Ninin RR yg ingin Irit & kuencang.

  3. Hanggar PS says:

    kurang mengerti soal motor deh

  4. yayaeucup says:

    Di awal baca semoga ada gambar motorku, woalah ternya si kakak yang nongol RX KING.
    Polusi.. Si NINI buktinya bisa lolos uji emisi, satu-satunya motor 2 tak yang masih di produksi masal.

  5. raya says:

    selain reed valve ada juga mesin 2tak yang pake rotary valve, contohnya mesin aprilia buat gp 125 atau 250cc..

  6. kharis27 says:

    jadi inget RX KING,.,.,.

  7. sinbe says:

    King koq ga dibangkitkan dr kubur ea? Dirubah jd 4tak dg tenaga dahsyat kn mantep tuh!

  8. gogo says:

    jadi teringat motor bokap.. knalpotnya kemebul..

    simpe diprosesnya tp ribet dipembuangannya

  9. e63 says:

    sip mas mario, diulas jg tentang motor2 lain. Biar yg awam macam ane nambah ilmu

  10. Dr.Feelgood says:

    gk kebayang larinya mesin motor 2 tak lebih dari 1 silinder wuiiihhhhh….. gesit dan lincah pastinya.
    ——————————————————————————————
    dulu pernah punya satria 120 RU yg masih dri duit ortu. selama kurang lebih hampir 3 tahunan, 1 silinder aja udah ngeri mas gk berani gas poll klo dua tak. 😀

  11. enth says:

    2 tak memang konstruksinya sederhana, tapi untuk ngorek mesin 2 tak jauh lebih sulit daripada 4 tak. ngorek lubang transfer sama bikin kubah kepala silider itu lho yang bikin stress

  12. zulfauzi says:

    2 tak emang sik asik
    motorku susuki bravo soale, hehe 😀

  13. kiplly says:

    saya bru bly f1z thn 92 harga 2jt mhal ap gk itu

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s