Ada apa dibalik meledaknya Byson kemarin?

20120117-byson-1

Catatan eyang edo kemarin menunjukkan sebuah fenomena menarik: si Kebo mengamuk!! Merusak apa saja tanduknya? tidak tangung2, NMP dan Vixion cukup terberai.. Yamaha Byson mencatat penjualan 20ribuan unit periode Januari-Februari 2012, menguatkan pasarnya dari hanya berkutat di 8%an, menjadi sekitar 20 %. NMP dan Vixion masing-masing 23 dan 40%..

Peluncuran Byson kan sudah lama.. kok baru bertaji sekarang?

Jika melihat tabel, rasanya mmg tak ada yg istimewa betul dari motor ini, kecuali karakter torsinya yang terkesan lumayan ganas, 13.6 Nm di 6000rpm. Berarti motor ini cocok untuk pemakaian putaran menengah, namun agak kuwalahan kalo menyangkut topspeed dan rpm atas, apalagi beratnya yg cukup tambun 137 kg.

Teknologi dan fiturnya? masih mengusung era konvensional..

Memang, senjata utama BYson ada pada rupanya yang menawan. Siapa yang melihat mungkin terkesan, dan yang bersebelahan di parkiran mungkin minder (lebay:mrgreen: ). Cakep lah pokoknya.. hehe apalagi dg kesan turing yg gagah dibekali spido digital yg lumayan, lengkaplah sudah tampilannya..

Harga pun masih dibawah sang kakak, Vixion dg margin sekitar 1 juta..

Trus meledaknya kemarin karena apa? Saya ajukan 3 faktor berikut :
– Desain yang gagah menjadikan banyak inden motor ini
– Warna baru yg lebih disukai
– Keran produksi yg diperbesar (kabarnya mencapai 10rb/bln cmiiw)

Nah karena banyak yg jatuh hati namun indennya panjang, penjualan Byson tersendat.. Ketika Produksi di genjot dan hampir bersamaan di munculkan warna/livery baru maka buat para pengantri bak gayung bersambut.. Kini penjualan si Kebo patut diperhitungkan, meski jelass susah menjadi nomer satu.

Barangkali yg jadi pertanyaan adalah apakah tren 20% ini konstan atau hanya 2 bulan pertama? patut ditunggu.. Yang pasti meskipun banyak yg mencibir motor ini lemot, namun kudu diakui desainnya mantap dan pembeli yang inden lumayan besar.. (gianluigimario)

49 thoughts on “Ada apa dibalik meledaknya Byson kemarin?

  1. redbike92 says:

    Pertamax
    walaupun kalah mesin sitik dari NMP, Byson gede dan gagah
    bahkan lebih bongsor timbang Vixion.
    hahahaha:mrgreen:

  2. asli modelnya keren banget…
    kalo si kebo keluar tahun 2007, pasti saya milih ini..😀

  3. thole says:

    ini bagian strategi, tdk lama lagi trelis keluar, byson dibikin meledak, jauh lbh mudah jika dibanding nanti ketika trelis keluar, trus vixion? tenang saja, setelah byson meledak, vixion akan naik pamor lagi stlh facelift, disinyalir cukup mampu menghadang si trelis

  4. dave says:

    dikirain meledak ky mobil2 yg kecelakaan itu,,
    mantep emang model byson ini.. imho..

  5. Endel says:

    Aku rasa ga terlalu lemot klo di bandingkan NWP #spek mesin 11_12# …. , emang kita di jalan selalu ngebut? Toh kita pake rpm tinggi juga klo jalannya memadai….., Pertimbangannya minang ini motor bener kata sampean…karena tampangnya yg mak nyussss…., good lahhhh…..

  6. smartf41z says:

    Jika tralis masuk semua pasar di 150 cc pasti terkoreksi

  7. good day says:

    Mantaaaap,,,,,,,,2 jempol buat byson, mang tampangx cakep ^_^, bahas tenteng rumor kawasaki 150 cc naked 4 tak gan’ hehe,,,,,,dtunggu ^¤<

  8. e63 says:

    dengan ada nya byson dan vixi yg udah dr dulu nongol, ahm jd terlihat bego. Masa atpm sebesar itu g becus bikin lawan yg seimbang di kelasnya. Kebangetan emang ahm, moga aja makin kesini ahm makin melek matanya… Jgn cm di kasih NMP aja konsumen. Jd terima nasib aja klu kelas sport masih ada di yamaha, melek jg bagi atpm lain…. Biar rame jgn cm skutik aja yg diurusin

  9. e63 says:

    dengan ada nya byson dan vixi yg udah dr dulu nongol, ahm jd terlihat bego. Masa atpm sebesar itu g becus bikin lawan yg seimbang di kelasnya. Kebangetan emang ahm, moga aja makin kesini ahm makin melek matanya… Jgn cm di kasih NMP aja konsumen. Jd terima nasib aja klu kelas sport masih ada di yamaha, melek jg bagi atpm lain…. Biar rame jgn cm skutik aja yg diurusin…

  10. c-seratus says:

    benarlah dugaan selama ini, bhw saluran si kebo tahun lalu (di?)kesumbat ya..begitu pipanya dibenerin…langsung deras..:)

  11. zulfauzi says:

    klo saya lebih suka

    mesin 153 cc byson diganti mesin 225 cc scorpio

    numpang parkir sasis teralis
    http://zulfauzi.blogspot.com/2012/02/freeride-frame-cad-design.html

  12. kaos-merah says:

    byson keren tapi kalo di standar tengah langsung jadi gak keren lagi..

  13. yayaeucup says:

    like dies bro… artikel dan para komentarnya.
    cuman menambahi, si kebo di tahan dulu biar vixion tetap jadi raja, klo vixion dah mau di update, sementara vixion di permak ganti si kebo di keluarin.
    liat badan si kebo emang bagus, joknya aja pendek. klo jalan ama anak istri agak repot.

  14. Dr.Feelgood says:

    jawabannya adalah, cling….. Yamaha paling pandai dalam meramu desain untuk kategori motor lakinya…itulah kunci utamanya….

  15. jnakawara says:

    analisanya, rakyat indonesia suka yang mlenuk-mlenuk… heheh.. cmiiw

    mampir sodara sodara…
    http://nakawara.wordpress.com/2012/03/22/angker-aura-tiger-nose-pada-mio-gt-2/

  16. scupu says:

    kalau ngadu ma nmp…power sama 10.1kw….beratan byson 1kg…..torsi gede byson 13.6 berbanding 12.6………ya pilih byson laaaaah…….tul,bro??..faktor inden yg bikin byson kalah ma nmp….

    • iya bro.. power sama tapi torsi lebih mantap..
      kalo sama-sama ready stock ya pilih bison..🙂

      cuman buat yg udah demen sama Honda ya NMP kayaknya masih favorit .. imho

  17. warungsembako says:

    Power mesin 11 12 sama NMP, krn Byson pakai ban gambot jadi agak berat. Tapi sayang minus RDB.

  18. Skipz says:

    Tp sayangnya Byson skr udah AHO bro, tp bagi pemilik Byson baru keknya gak perlu terlalu kuatir cz saklar Yamaha Byson pertama bsa dipesan di dealer Yamaha artinya lampu bsa kedip lagi. Bisa untung lbih banyak lagi nih YIMM .

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s