Apakah Scorpio semakin ditinggalkan?

Ada kabar kalau Scorpio cuman terjual 6 biji tahun ini. Wahh apa memang sedemikian parah? padahal motor ini berpredikat terbaik lho di kelas 200-225 cc versi otomotif award 2012.

Secara 3 perspektif yaitu Performa, Desain maupun Price saya yakin scorpio lumayan bagus kok. mesinnya sudah tidak perlu dijelaskan lagi ketenarannya, dan walaupun di 2011 diturunkan powernya ,namun masih bengis. Apalgi penambahan fitur “push and pull” (cmiiw) yg bikin tarikannya makin enak. Desain juga mengalami facelift besar besaran dan lebih lumayan kok dibanding sebelumnya, lebih menyesuaikan tuntutan mode hehe. Harga pun termasuk bagus, meski 25cc lebih besar dari tiger revo namun masih bisa memberi nilai 1-2juta lebih murah.

Lumayan mantap lah pokoknya.. Tapi beda nasib dengan Byson yang mengalami ledakan, si Kalajengking malah melempem.. mengapa?

Mungkin ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya, imho :
– Pergeseran selera konsumen
– Semakin baiknya kualitas kelas yang lain
– Fitur dan Teknologi yang mengalami kejenuhan

Pertama, kehadiran kelas 250cc yang secara performa lebih bagus. Pasca Thunder 250, kelas 200-225 cc lumayan bergairah karena paling mantap secara performa. Nah kini dengan hadirnya Ninja 250 dan CBR 250, performa kelas itu terasa tenggelam. Dengan tambahan kubikasi 25-50cc  saja, harganya memang melejit jauh namun ini sebanding dengan kualitas premiumnya,  performa serta desain yg jauh lebih baik pula.. Alhasil pangsa scorpio pun ikut tersedot, sedikit-banyak.

Berikutnya selera konsumen menoleh mungkin melirik 150cc yang semakin ramai. Dengan keiritan yang relatif lebih baik, jika tak terlalu obsesi dengan performa, kelas 150cc menawarkan value yang bagus. Ketika performa bukan parameter utama, disini banyak sekali pilihan. Misalkan secara desain Byson lebih digemari, Vixion lebih advance teknologinya, belum lagi pabrikan Honda yg punya NMP dan CBR150. lagi-lagi pasar scorpio mengalami perpindahan..

Lalu soal Fitur dan Teknologi yang lumayan tertinggal untuk kategori zaman sekarang. Saat ini era injeksi, pendingin udara cairan, sasis yang lebih canggih, dan semacamnya seakan menjadi tren yang digemari konsumen. Belum lagi sistem 2 silinder atau dohc yang jauh lebih menjanjikan.. dibanding itu semua Scorpio 225cc seperti masih selangkah dibelakang.. imho.

Meskipun mendapat gelar terbaik, Yamaha harusnya tak jumawa karena fakta dilapangan yang berbicara. Rasanya Scorpio lumayan ditinggalkan, walaupun secara value produk ini jelas masih bagus..

Nah bagaimana menurut sampean, setuju nggak? monggo.. (gianluigimario)

Advertisements

35 thoughts on “Apakah Scorpio semakin ditinggalkan?

  1. warungkoprok says:

    Minus RDB, YIMM budeg.

  2. kharis27 says:

    sepertinya begitu mas hehe,.

  3. white vario says:

    kalau menurut gua sih lebih ke arah designya yang bagi gua rada aneh terutama headlampnya,bukan cuma gua doang sih kebanyakan temen2 sekolah gua juga berpendapat sama,yang tahun 2009-2010 masih menjadi idola abg di daerah gua,lebih suka model yang lawas apalagi ptwr masih bagusan yang old pio

  4. Skipz says:

    Rata2 orang berpendapat soal design nya. Kesimpulannya design Scorpio kurang disukai konsumen sekarang.

  5. kupaw says:

    aneh bin mekso bodinya, sebenarnya scorpio itu hasil menuruti permintaan konsumen dulu, byson bermesin pio, namun karena udah ada basis fans pio, diubah strateginya pio berbody byson, namun hasilnya ……….., gatot bro.

  6. dave says:

    maka nya kalo yamaha keluarin yg 250cc..
    mesin mirip2 scorpio,,
    tapi model gini,, tenaga tambah lah..
    tetep aja ga ngejual.. tanggung.. imho.. cmiiw..

  7. Ken arok says:

    Kalo cm laku 6 biji kalah dong sama pulsar 220

  8. good day says:

    Dh kalah ma pulsar p220 n tigi ko’ bsa nyabet gelar best sport 200-225 y???klo mesin ane stuju soal desain p220 n tigi menurut ane memposisikan sebagai konsumen jelas bagus p220 n tigi palagi dh cakram blkang’ terkecuali pio ganti body n mesin fazer250. Heeem bsa jdi,,,,,, tpi selamat buat yamaha n bravo scorpio semoga ada upgrade lebih baik dari segi desain, teknologi mesin serta fitur,,,,,,,,n angka penjualanx membaik. Postiing trus gan’ ^¤^

  9. aruna hayata kimura says:

    mesin scorpio bodi vixion/byson + fairing.

    pasti heboh.

  10. yayaeucup says:

    idem mas..
    body kurang aduhai
    gak ada update
    buat yang baru body aduhai 250cc.
    nama bisa New Scorpio Z.. ide maksa

  11. bimo96 says:

    produk gagal menurut ane om 😀

  12. siti_jenar says:

    sopo parah den,pake aho…waduh!!

  13. Cah Ndeso says:

    ternyata kenyaman berkendara mengalahkan power yg besar…..

  14. Cah Ndeso says:

    maksud saya kenyamanan berkendara mengalahkan power yang besar…

  15. candra says:

    ganti bajuj tapi mesin di sunat.. udh gitu headlamp kyk sungokong.. sopo sing minat??

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s