New Vixion makin canggih !!! .. perlukah?

Wah baca rumor yg diembuskan TMCblog dan mas iwb kalau vixion baru akan ditambahi sensor oksigen untuk  memperbaiki kadar gas buang sesuai euro 3.

Lepas dari perbedaan opini mengenai New Vixion akan mengkopy YMJET dari mio J atau enggak, fitur sensor tersebut jelas semakin menambahkan kecanggihan pada Vixion nantinya. Nah sudah canggih, ditambah fitur modern lagi, wah semakin jauh motor ini meninggalkan lawan secara teknologi..

Apakah fitur ini akan sangat membantu menambah value New Vixion nantinya? mari beropini ringan.

Akan kita coba telaah dari 3 perspektif :
– dari sudut pandang kecanggihan
– secara kadar pencemaran
– dari parameter performa

Jika kita telah sepakat bahwa Vixion sekarang sudah sangat canggih dan untuk kubikasi sekelas hanya CBR yang lebih maju. Lihat saja dari liquid cooled, injeksi, diasil, forged piston, deltabox, dsb hanya kurang belum dohc dibanding motor premium honda itu. Orang awam yang sudah mengecap bahwa Vixion itu sangat canggih dan berharga ekonomis tentu akan semakin terkesan.. Sudah canggih, ditambahi lagi. wah makin mengesankan tentunya, jelas ini akan menambah value-nya.

Kedua, secara perbaikan emisi gas buang ini jelas makin baik dan ramah lingkungan. Sesuai standar Euro 3 kabarnya. Bagi konsumen yang pemerhati lingkungan, atau yang memikirkan bahwa beberapa waktu kedepan motor ini masih akan sesuai tuntutan batas emisi, Value-nya jelas terdongkrak. Vixion akan lebih dikenal lagi sebagai motor yg ramah lingkungan, melengkapi gelar canggih yg duluan tersemat padanya.. klop..

Nah, bila kita ukur dari performa..rasanya nggak ada hubungan langsung. Kekuatan mesin bisa jadi sama, atau malah mungkin akan turun karena penambahan mekanisme pada engine tersebut. imho, kecuali mmg diganti YMJET yg katanya makin enteng dan responsif itu, lain lagi ceritanya. Jadi yg saya maksudkan disini adalah New Vixion jelas makin canggih dan ramah lingkungan nantinya, tapi apa makin josss secara performa? bisa jadi nggak.

Barangkali yg akan YIMM lakukan adalah selain sensor 02, akan diadaptasi juga ECU yg lebih powerful atau transmisi yang 6 speed. Nah ini baru jawaban yg mantap. O2 menambah value secara teknologi dan kurangnya emisi, sedangkan karakter ECU yg disempurnakan dan percepatan 6 gigi akan mengangkat performanya. Sempurnalah sudah.. (tinggal tampilan :))

Singkatnya saya menyambut baik sensor O2 untuk New Vixion yang baru biar makin bersih udara kita, namun juga mengharap jangan sampai parameter performa akan diacuhkan sehingga dipermalukan kompetitor nantinya..

Nah, bagaimana pandangan sampean sendiri? monggo.. (gianluigimario)

Advertisements

18 thoughts on “New Vixion makin canggih !!! .. perlukah?

  1. good day says:

    Fitur canggih why not’ mang vixi harus berbenah nantix tatkala saingan2 brojol dgn mesin baru, teknologi n fitur yg canggih pula. Biar si raja bisa tetep eksizz ddunia persportan ^o^ posting truuuuss, caiyo

  2. Cah Ndeso says:

    apa bedanya dengan injeksi honda yg sdh step 4…? bukannya di injeksi honda sudah mengaplikasikan sensor O2?

    • Over Gear says:

      ada perbedaan di bank angel sensor, atau lean angle sensor pak.
      di PGM-FI step 4 dan YMJet-FI tidak ada, karena lebih mengutamakan FI yang terjangkau harganya.
      Jadi setahu saya, PGM-FI step 3 ke step 4 menurut saya kenaikan stepnya bertujuan untuk menekan harga sistem FI. Dan mungkin sudah diproduksi dalam negeri (Mungkin)

      diluar komparasi irit. karena saya blm pernah mencoba sendiri PGM-FI step 4 maupun YMJet-FI.

      Cmiiw

  3. dave says:

    wah,, musti di bahas neh,,
    canggihan injeksi vixion ato cbr 150?
    terus cbr 150 bisa lulus euro 3 ga ya?
    settingan nya banyak yg musti di ganti ga tuh?

  4. Over Gear says:

    piksen sudah termasuk canggih pak, semua motor yang make injeksi menurut saya juga sudah canggih, karena sebagian besar orang belum bisa menguasainya, bahkan udah parno duluan pake injeksi.
    kalo dibilang dengan penambahan sensor 02 makin canggih bisa dibilang iya, bisa juga tidak karena sensor tsb sudah lama sekali dibenamkan di produk sebelah dan sebelahnya lagi.

    menurut saya
    1. hanya lebih menyempurnakan sistemnya saja jadi lebih ramah lingkungan
    2. tuntutan dari YMJet-FI yang menganut close loop
    3. dengan YMJet-FI harga bisa ditekan untuk menutup biaya yang lain.

    yang terakhir saya berharap LAS tidak dihilangkan.

    • lean angle menurut saya lumayan penting, karena ketika sebuah motor roboh misalnya, akan lebih aman jika ada mekanisme yg akan mematikan mesinnya biar tak terjadi hal yg lebh parah 😛

  5. Prabu Melaz says:

    Menurut saya,sebuah motor akan diminati itu jika modelnya keren,performa oke,bbm cukup irit,harga cukup terjangkau. Jadi…,kecanggihan itu akan sangat diterima jika menjadi jembatan antara KENCANG…tapi IRIT. Masalah kecanggihan lainnya,mnrt saya kok ga penting2 amat. Misal: idling stop engine,lean angel sensor,acg starter,speedo digital,dsb. Kecanggihan2 tsb diatas bagi saya koq kurang begitu berguna dalam keseharian. Sebagai contoh: Mengapa satria fu laku? Ya karena kenceng! Kan boros? Tp kan sesuai?
    Mengapa vixi laku? Karena keren,cukup responsif,dan tidak boros. Bukan karena fi ato delta box nya. Ini mnrt pengamatan saya Bung Gianluigi. (Aduh! Susah banget sich namanya? Mbok yo disimpelkan ja namanya. Biar mudah di ingat. Hehehe…ini saran saya).

  6. Cah Ndeso says:

    ada yg mau nambAhin lagi…. biar complete….

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s