Bagaimana kalau ada Thunder125 dohc + Injeksi ? mantap…

Suzuki kan mendaftar TPT motor baru 110 dan 125cc, kayaknya skutik tuh dua-duanya karena disinyalir begitu..

Nah iseng saja, gimana kalau Thunder 125cc jadi DOHC? hehe sebuah opini yang susah terwujud namun masuk akal saja 🙂

Karena Satria FU 150cc sudah dohc, rasanya nggak susah untuk suzuki membuat mesin dohc lagi dan didowngrade 125cc aja. Yamaha melakukan hal yang mirip hanya saja Vixion adalah upgrade dari Jupiter MX, cc tambah dan ditemplokkan injeksi.

Gimana kalau itu dipraktikkan ke Suzuki Thunder???

Coba lihat spek mesin diatas, karena kubikasi yang njomplang terpaut 25 cc dan dohc , power dan torsi thunder jauh dibawah FU. Padahal lazimnya motor laki kan lebih perkasa dari bebek, bahkan bebek sport..

Jika Thunder mau mengambil mesin FU namun memakai silinder baru yang bervolume 125cc, mungkin perbedaan tersebut jadi tak terlalu besar. Paling enggak ya 10-12 lah, hehe..  trus pake juga transmisi 6 speed nya, kemudian sebagai nilai tambah : diberi Injeksi yg sedang Tren!!

Mantap dan tak sulit (dibayangkan), meski tentu saja tak semudah itu mengaplikasikan..perlu waktu dan juga modifikasi sasis, serta meriset sistem injeksinya.

Thunder 125 DOHC injeksi? wah bakal semakin mantap nih performanya.. 😀
Bagaimana opini sampean semua? monggo.. (gianluigimario)

Sedikit dari kutbah jumat : Keluh kesah dan kikir itu sifat dasar manusia..

Khutbah jumat hari ini singkatnya tentang  sifat dasar manusia, salat, dan belajar ilmu..

Mari kita review satu-satu.

إِنَّ الْإِنسَانَ خُلِقَ هَلُوعًا  .إِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوعًاوَ. إِذَا مَسَّهُ الْخَيْرُ مَنُوعًا .إِلَّا الْمُصَلِّينَالَّذِينَ هُمْ عَلَىٰ صَلَاتِهِمْ دَائِمُونَوَالَّذِينَ فِي أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ مَّعْلُومٌلِّلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ

Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir.  Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir, kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat, yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya, dan orang-orang yang dalam hartanya tersedia bagian tertentu, bagi orang (miskin) yang meminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa (yang tidak mau meminta) Al-Maarij 19-25.

Dari ayat diatas ada dua sifat manusia :
– Keluh kesah
– Kikir

Bila diuji dengan kesusahan, secara fitrah tentu manusia akan mengeluh.. Nah sebaliknya ketika mendapat ujian kaya dan kebaikan maka mereka menjadi kikir.. Namun Allah memberi pengecualian, yakni kepada orang yang mendirikan salat secara istikamah dan menyisihkan sebagian hartanya untuk sedekah, baik kepada yg memintanya maupun tidak. Bila kita mampu menjaga dua hal ini, insyaAllah kita akan terjaga dan tetap ingat akan Allah disaat susah maupun lapang..

Kemudian timbul sebuah pertanyaan “apakah shalat kita sudah sesuai dg Rasulullah?”. Karena beliau pernah bersabda ‘.. akan tiba satu zaman ketika banyak orang yang shalat, namun pada hakikatnya mereka belum salat’. Jika kita tidak Ittiba’ /mengikuti shalatnya Beliau, niscaya shalat kita belumlah diterima..

Nah karena itulah kita perlu belajar dan terus mengkaji ilmu tentang bagaimana sifat sifat salatnya Nabi shalallahu alihi wasallam. jika tidak belajar dan mencari ilmunya, darimana kita tahu shalat kita telah sesuai tuntunan nabi?

Demikian, semoga berguna.. (gianluigimario)

New Vixion pake ban gambot : makin disuka atau malah berkurang?

Kalo bener berita mas IWB Vixion nanti akan segendut Byson secara roda dan kaki-kaki, maka ini akan jadi sebuah berita bagus.. Vixion makin gagah!!!

Tapi apa nggak ada dampak negatifnya?

Pada dasarnya suatu keputusan mesti punya konsekuensi.. Katakan jika betul jadi Gambot maka New Vixion akan beralih kelas : dari  “cungkring” menjadi kelas “kekar”.. ya nggak? Nah.. berikut beberapa opini kecil saya akan perubahan kelas tersebut :
– makin mantap, kalau secara keseluruhan bodi jg menyeseuaikan
– Performa mesin juga kudu naik, karena beban yg bertambah
– makin anteng handlingnya.
– Mungkin beberapa calon konsumen bertubuh “kecil” akan ragu.

Mulai dari bab satu : bodi..
Kalau kaki dan roda membesar, tentu kurang lazim dan prporsional kalo bodynya nggak mengalami upgrade. Mungkin bagi beberapa orang hal tersebut nggak masalah, tetap keren.. namun imho secara estetika desain bodi tentu kudu menyesuaikan besarnya ukuran velg dan ban tersebut. Biar makin modern, langkah ini patut mendapat apresiasi..

Kemudian yang tak kalah penting yaitu : upgrade performa..
Bodi gagah, ban gambot, kaki dan velg kekar tapi power mesin tetap kan PTWR-nya jadi turun. Dampaknya tarikan mesin lebih berat dan performa lebih loyo. Saya sepakat sekali dg mas IWB ttg R15 yg beralih ke V2.0, yaitu berat tambah maka mesin pun kudu disuntik tenaga lebih.. Kalo nggak gitu, wah karakter Vixion yg tarikannya halus bisa sedikit tergradasi.. 😦

Dampak positif bodi dan ban yg lebih besar tentu akan menambah mantap handlingnya. Makin anteng dan stabil, cengkraman roda lebih meyakinkan. Nah dengan perbaikan sisi handling ini jelas akan menambah value new Vixion untuk bersaing dengan jagoan pabrikan manapun nantinya.

Ibarat sebuah mata uang, tentu ada sisi lain dari satu perubahan. Jika melihat banyak pemilik si Piksyen yang memilih motor ini karena pas dg postur tubuh yg “kecil” (termasuk saya 🙂 ) maka mungkin kedepannya akan berpikir 2-3 kali mau beli New Vixion ini. Kecocokan postur dg ukuran motor lumayan berpengaruh menurut saya, karena akan berimbas pada pengendalian motor serta estetika hehe.

Singkatnya, ban New Vixion yang membesar patut kita apresiasi, meski dg sisi positif maupun negatifnya. Kalau tanpa perubahan, Vixion akan teringgal dari tren mode..

Sekarang tinggal sampean para konsumenlah yg menentukan, suka perubahan tersebut atau termasuk yang malah kurang sreg? monggo disharing.. (gianluigimario)