Belajar prinsip DC-TCI : pengapian dg transistor dan mikrokomputer..

Kita telah pernah belajar CDI, dan lumayan sederhana.. Sekarang mari menuju ke pengapian yang lebih modern, yaitu DC-TCI (digitally controlled transistorized coil ignition system) seperti pada Yamaha Vixion.

Sistem ini mengontrol waktu pengapian (ignition timing) dengan sebuah microkomputer (ecu) yang berada dalam spark unit dan mengkalkulasi waktu pengapian yang ideal pada semea kecepatan mesin. Mekanisme ini mempunyai pengaman yang akan memotong jalur power ke Koil Pengapian ketika waktu pengapian mengalami ketidaknormalan.

Unit Kontrol terdiri dari :
– satu Distributor
– unit penerima sinyal, yg memproses sinyal pulsa dari pembangkit pulsa
– sebuah mikrokomputer, yang memiliki memori dan unit pengkalkulasi

Rotor yang menghasilkan pulsa memiliki semacam tonjolan (reluctor) yang diletakkan pada jarak yang tak beraturan. Kapan saja reluktor ini melewati generator pulsa, maka suatu pulsa akan dikirim menuju spark unit. Jumlah dan sudut antar reluktor berbeda tergantung jumlah silinder dan penempatannya. Diagram dibawah ini adalah untuk sistem pengapian mesin v-twin 90″.


Langkah-langkah pengapian :
1. Setelah mesin dihidupkan, sebuah sinyal pulsa dikirim dari generator pulsa ke spark unit.
2. Unit penerima sinyal mengkonversi sinyal pulsa menjadi sinyal digital yang dimasukkan ke mikrokomputer.
3. Setelah sinyal digital diterima mikrokomputer, ia memproses pula sudut dari crankshaft dan kecepatan mesin. Kemudian mikrokomputer membaca informasi (map) mengenai waktu pengapian, yang berada di memori, lalu mementukan berapa timing yang tepat. Kemudian mikrokomputer mengirim arus ke kaki Basis dari transistor.
4. Dengan mengalirnya arus basis dari mikrokomputer ke transistor, transistor menyala dan berfungsi sebagai saklar elektronis yang meg-ON-kan rangakian busi.

Catatan ringkas :
Pada dasarnya penyalaan dengan sistem ini prinsipnya sama, hanya saja memanfaatkan teknologi elektronik sebagai bagian utamanya, yaitu mikrokomputer , transistor, serta penerima sinyal..
Dengan penambahan mikrokomputer, maka waktu pengapian dapat diprogram memorinya (mapping), dan keberadaan transistor dapat merespon perintah penyalaan lebih cepat.

Demikian, semoga bermanfaat… (gianluigimario)

41 thoughts on “Belajar prinsip DC-TCI : pengapian dg transistor dan mikrokomputer..

  1. H3 says:

    Transistor sebagai Switching ya bro…?

    • iya. transistor kalo di amplifier tu sebagai penguat, tapi bisa juga dipake sebagai switch dg bermain di daerah saturasi, dan mengatur nilai I basisnya.. imho

  2. H3 says:

    Pulse Generator >> istilah motor >> magnet.
    Tonjolan di magnet >> Pulser.
    Pembaca Pulser >> Pick up Pulser.
    ———————-
    Gb no.1 >> Engine V4 >> apa benar bro? >> Kok Pulser nya ada 6?
    CMIIW

    • saya kurang tahu rumusnya, tapi mungkin tonjolan/pulser itu nggak langsung berarti jumlah silindernya, namun juga dipengaruhi konfigurasinya single,V, atau paralel.. imho.
      wah panjenengan mah mestinya lebih ahli, sy cuman mudeng elektroniknya dikit2 😛

      kalo menurut sumber yg saya terjemahkan, itu tertulis gambar untuk ‘ 90″ V-type 2 silinder engine” milik Honda.

      • H3 says:

        Kalo V 90″ >> kayaknya >> Pulser 2 buah >> perbedaan 90″ ato 270″.
        CMIIW

      • iya kalo di logika mestinya begitu. satu pulser utk 1 silinder, dan timingnya terpaut 180″.
        berhubung sumbernya nulis gitu yaahhh nggak saya rubah deh 🙂

      • azizyhoree says:

        untuk pengapian model CDI memang berlaku mas 1 tonjolan untuk pembangkit trigger ke pick up coil = untuk 1 silinder

        , namun melihat ignition system V-ixion , di permukaan rotor magnet nya ada banyak tonjolan mas , hayoo , intinya jenis trigger tergantung otak pengapiannya juga kan? :mrgreen:

      • iya mas.. ECU dc tci inilah yang paling berpengaruh sebagai pengendali.
        mappingnya itu yg menentukan.
        makasih mas azis 😀

  3. bimo96 says:

    sya cuma bisa make motor doank..gk ngerti ginian 😀

  4. ax125 says:

    Weehh…..Yg saya tau Stater – bleyer” – Jalan…… :mrgreen:

  5. Gogo says:

    sip infonya.. kira2 bwt new vixion ntar, sistem pengapiannya upgrade g y

  6. bensincampur says:

    njlimet..sy ngertinya platina wkkkk piss

  7. Aa Ikhwan says:

    ajib..artikel bagus,..cuma agak lama memahaminya maklum ora ngerti elektro n ikrokontroler 😀

  8. nanared says:

    ijin nyimak sambil ngingat dasar elektronika smp
    *mumet liat diagram :mrgreen:

  9. H3 says:

    Ini ada gambar Osciloscope Ignition sinyal Ducati Monster-900 (V2).

    1. Sinyal Crank Sensor / Pulser.
    SInyal Merah Cylinder Belakang & Biru Sinyal Cylinder Depan.
    Cekidot :
    *picoauto.com/waveforms/vehicles/Ducati/wave110.html

    2. Sinyal setelah ECU / CDI (Primer Coil)
    Cekidot :
    *picoauto.com/waveforms/Ignition/Primary/wave78.html
    ————————
    Gain / Ampitudo sinyal Pulser << (lebih kecil) sinyal Primer Coil.

    CMIIW

    • H3 says:

      Terlihat hanya 2 Pulsa / sinyal >> menandakan hanya 2 pulser di magnet.
      CMIIW

    • H3 says:

      Sinyal Primer Coil lebih Tinggi Amplitudonya >> karena sudah diperkuat di ECU / CDI.

    • kalo pendapat saya mas herlambang, sinyal pulser itu memang nggak perlu kuat, asal bisa diubah jadi sinyal digital dan mampu diterjemahkan mikrokomputer/ECU, sudah cukup.

      Nah soal sinyal primer koil yang besar, imho itu karena langsung dari aki/baterai (lihat gambar 1), hanya saja ground-nya, atau negatipnya nunggu transistor ON.
      kalau transistor OFF -> tegangan koil primer tidak masuk krn gronding putus
      kalau Transistor ON -> tegangan koil primer tersambung ke ground.
      jadi disini TRANSISTOR lebih berfungsi sbg sklar yg menyambungkan dan memutus jalur tegangan kekoil dg cara memberi bias/arus ke kaki basis dari TRansistor tsb.

      imho sinyal pulser meski lebih kecil dari koil, bukan berarti dikuatkan, namun keduanya tidak bersambung langsung.

  10. yayaeucup says:

    ikut baca, walau bingung

  11. Yoshi says:

    Udah dibaca berulang-ulang ko tetap bingung 😦

  12. Dr.Feelgood says:

    wah bicara soal dunia persetruman, ane mah nyerah ajah deh mas gian, gk mudeng mas xixixixi……. :mrgreen:

  13. Anonymous says:

    klo pe

  14. Anonymous says:

    klo sudut pengapian motor injksi di majukan gmana bro efeknya?

  15. ari says:

    jual tci untuk mobil platina, jika berkenan silakan hubungi 085655539390 atau klik http://www.tci-mobil-m2.blogspot.com atau https://www.facebook.com/pages/TCI-Mobil/676054649180713

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s