Sedekah yang paling utama : sebuah renungan..

Suatu hari Rasulullah shalallahualaihi wasallam ditanya, ” apakah sedekah yang paling utama? “.
Beliau menjawab, “Bila saat bersedekah engkau dalam kondisi sehat, kikir, mengharap tetap kaya, dan takut miskin. Maka jangan engkau menundanya sebelum nyawa sampai di tenggorokan.” HR Muslim bab Zakat(93).

Catatan penulis :

Seperti telah kita maklumi, manusia itu sifat bawaannya adalah kikir.. maka ketika ditanya tentang sedekah yg utama, Rasul menyebutkan 4 keadaan :
– Sehat
– Kikir
– Ingin tetap kaya
– takut miskin.

Mengapa disebut utama? bisa jadi karena melawan kodrati manusia. Orang yg bersedekah  ketika sedang pemurah dan tidak takut miskin, maka sedekah terasa lebih mudah. Amalan yang utama adalah amal yang perjuangannya lebih berat, maka ketika kita sanggup mengalahkan bisikan tamak dari dalam diri dan tetap bersedekah.. derajat pahalanya lebih besar.

Semoga kita tidak termasuk yang enggan bersedekah.. (gianluigimario)

Mungkinkah CBR 150R diimpor CKD ke indonesia? kapan?.. sebuah opini ringan

Mampir baca di bognya pak Tua, saya jadi terbayang satu pertanyaan, Kapan ya CBR150 di CKD kan ? Tampaknya setelah saya pikir ulang, pertanyaan tersebut bisa berubah lebih prematur lagi, Mungkinkah di assembly di sini sehingga harga dapat ditekan?

Jawabnya tentu mungkin saja.. hanya  saja pertanda untuk itu tampaknya masih jauh 😦

Imho, produk CBU kayak CBR 150 kan agak lebih mahal karena pajaknya yang lebih tinggi dibanding CKD (gak tahu berapa detilnya). Barangkali ini terjadi karena produksi dg CKD akan menyedot banyak tenaga kerja lokal sehingga upeti yang disetor pun bisa dipangkas.. cmiiw

Nah kapan itu terjadi? saya pikir itu tergantung mutlak oleh kebijakan AHM. Barangkali faktor yang berkaitan dg nya adalah:
– kesiapan teknis pihak AHM untuk merakit
– situasi perekonomian yang kondusif
– Strategi pabrikan dan keseriusan mereka..

Bicara soal teknis, rasanya Honda sangat siap. atau kalaupun belem 100% siap, mereka tak perlu waktu lama untuk mampu merakit sendiri komponen CBR150. more than capable menurut saya, kan pabrikan besar.. apalagi kita dengar mereka baru membangun manufaktur anyar berkapasitas 10ribu ya? kalo bikin pabrik aja bisa, menyiapkan peralatannya dan transfer teknologi tentu nggak sulit hehe imho

Jangan-jangan pabrik baru itu memang dibangun untuk meng-assembly part CBR150 nantinya? wkwkwkw.. ini murni spekulasi penulis yang baru bangun tidur..

Kedua, ditengah maraknya isu fluktuatifnya harga minyak yang pasti berimbas ke harga barang lainnya, jelas hal ini akan menimbulkan gejolak kecil pada perekonomian. Saya kurang faham kemapanan ekonomi seperti apa yang akan membuat AHM ambil keputusan men-CKD si cbr, namun hampir pasti itu bukan kondisi sekarang, cmiiw. Ekonomi kita lagi merespon kebijakan pemerintah untuk BBM..

Terakhir dan paling menentukan : kebijakan AHM sendiri.
Sebenarnya kalo jujur mau diCKD, CBR 150 akan sedikit mengganggu pasar dibawahnya. Katakan saja jika setelah dirakit domestik, harga bisa turun 27-30jt (estimasi kasaran), kan sedikit bersinggungan dengan marketnya Tiger atau NMP, atau si Teralis yg pasti brojol itu. Tinggal Pihak Sayap kepak ini saja pilih strategi apa. Misalnya Tiger alih kelas ke 250cc, lalu jejaknya diambil alih CBR150, siapa tahu..  apalagi sudah saatnya si macan renovasi jerohan..

Walaupun hrga 27-30 juta, market rasanya masih premium dan segmented namun peminatnya tentu makin banyak.. ini kalau AHM serius.

Kalau teralis yang katanya memakai mesin mirip si CBR bisa berharga ‘bagus’, kan logikanya CBR pun harganya realistis bila selisihnya ‘nggak jauh’, lha mesinnya aja sejenis.. mesin podo yo regane ora adoh laaagggh… hehe

AHM pernah melakukan konfirmasi di satu tabloid bahwa produk barunya CBR 150 R rencananya akan dirakit secara CKD. Yang brojol sampai versi CKD siap adalah versi CBU, tetapi AHM menjanjikan harganya tidak akan jauh.. mossoookkkk? wani piro..

Piye mas bro? mungkin saja CBR150 turun harga… cuman kapan? silahkan dikomentari. (gianluigimario)