Mungkinkah CBR 150R diimpor CKD ke indonesia? kapan?.. sebuah opini ringan

3_2011-honda-cbr150r-colors

Mampir baca di bognya pak Tua, saya jadi terbayang satu pertanyaan, Kapan ya CBR150 di CKD kan ? Tampaknya setelah saya pikir ulang, pertanyaan tersebut bisa berubah lebih prematur lagi, Mungkinkah di assembly di sini sehingga harga dapat ditekan?

Jawabnya tentu mungkin saja.. hanya  saja pertanda untuk itu tampaknya masih jauh😦

Imho, produk CBU kayak CBR 150 kan agak lebih mahal karena pajaknya yang lebih tinggi dibanding CKD (gak tahu berapa detilnya). Barangkali ini terjadi karena produksi dg CKD akan menyedot banyak tenaga kerja lokal sehingga upeti yang disetor pun bisa dipangkas.. cmiiw

Nah kapan itu terjadi? saya pikir itu tergantung mutlak oleh kebijakan AHM. Barangkali faktor yang berkaitan dg nya adalah:
– kesiapan teknis pihak AHM untuk merakit
– situasi perekonomian yang kondusif
– Strategi pabrikan dan keseriusan mereka..

Bicara soal teknis, rasanya Honda sangat siap. atau kalaupun belem 100% siap, mereka tak perlu waktu lama untuk mampu merakit sendiri komponen CBR150. more than capable menurut saya, kan pabrikan besar.. apalagi kita dengar mereka baru membangun manufaktur anyar berkapasitas 10ribu ya? kalo bikin pabrik aja bisa, menyiapkan peralatannya dan transfer teknologi tentu nggak sulit hehe imho

Jangan-jangan pabrik baru itu memang dibangun untuk meng-assembly part CBR150 nantinya? wkwkwkw.. ini murni spekulasi penulis yang baru bangun tidur..

Kedua, ditengah maraknya isu fluktuatifnya harga minyak yang pasti berimbas ke harga barang lainnya, jelas hal ini akan menimbulkan gejolak kecil pada perekonomian. Saya kurang faham kemapanan ekonomi seperti apa yang akan membuat AHM ambil keputusan men-CKD si cbr, namun hampir pasti itu bukan kondisi sekarang, cmiiw. Ekonomi kita lagi merespon kebijakan pemerintah untuk BBM..

Terakhir dan paling menentukan : kebijakan AHM sendiri.
Sebenarnya kalo jujur mau diCKD, CBR 150 akan sedikit mengganggu pasar dibawahnya. Katakan saja jika setelah dirakit domestik, harga bisa turun 27-30jt (estimasi kasaran), kan sedikit bersinggungan dengan marketnya Tiger atau NMP, atau si Teralis yg pasti brojol itu. Tinggal Pihak Sayap kepak ini saja pilih strategi apa. Misalnya Tiger alih kelas ke 250cc, lalu jejaknya diambil alih CBR150, siapa tahu..  apalagi sudah saatnya si macan renovasi jerohan..

Walaupun hrga 27-30 juta, market rasanya masih premium dan segmented namun peminatnya tentu makin banyak.. ini kalau AHM serius.

Kalau teralis yang katanya memakai mesin mirip si CBR bisa berharga ‘bagus’, kan logikanya CBR pun harganya realistis bila selisihnya ‘nggak jauh’, lha mesinnya aja sejenis.. mesin podo yo regane ora adoh laaagggh… hehe

AHM pernah melakukan konfirmasi di satu tabloid bahwa produk barunya CBR 150 R rencananya akan dirakit secara CKD. Yang brojol sampai versi CKD siap adalah versi CBU, tetapi AHM menjanjikan harganya tidak akan jauh.. mossoookkkk? wani piro..

Piye mas bro? mungkin saja CBR150 turun harga… cuman kapan? silahkan dikomentari. (gianluigimario)

37 thoughts on “Mungkinkah CBR 150R diimpor CKD ke indonesia? kapan?.. sebuah opini ringan

  1. produk cbr yg dikeluarkan oleh ahm itu sdh ckd mas…..kode mesin sm rangka ajabeda?aca di m+ jg ada yg beda…pokoknya ga sama…saya jd nyesel beli nya?hehe..itu pun berlaku utk smua jenis kendaraan mo roda2/4…….anehnya kl dikurangi,kok mahal?pjak korupsi lg?beuuhhh

  2. siti_jenar says:

    wow,ahm bner bner,cuma kapan ya bakal ckd,tapi kalo pasaran cbr dimari bagus,ahm pasti ckd mana mau bagi untung sama nonda gajah putih.lha infrastruktur sudah siap,pasaran bagus knapa tidak,wkwkwk:mrgreen:

  3. redbike92 says:

    kalau seandainya penjualan CBR ngetop mungkin di CKD, supaya tambah moncer lagi. Resiko CBR pek go di CKD adalah harganya bisa turun dan mepet harganya GL200 Tiger:mrgreen:

  4. nanared says:

    dan jika sampe itu terjadi*premium bike di CKD* saya malah takut jalanan makin tak bersahabat pak bozz,secara sekarang aja,situasi jalan raya kita sudah sedemikian mengkhawatirkan

  5. tovavanjava says:

    klo CBR di CKD…dan harganya turun yg sudah terlanjur beli pasti pada galau..dan bisa ngamuk2…:mrgreen:

  6. neo says:

    yang 250 gmna kang,,,ada kabar ga ?????

  7. Tukang Ngibul says:

    yg udah terlanjur beli cbu…dpt kompensasi pertamax 1tahun……percaya ngga percaya seterah anda…wkwkwk

    • boleh percaya boleh tidak asal disykuri aja tunggangan yang sudah dibeli..
      banyak yg nggak mampu beli kan..

      • nah untuk itu jgn ngayal mas?hehe…..pamali….mendingan gmn caranya kita tuh buat mindset indonesia bebas dr perilaku konsumtif seperti pembelian kendaraan….karena itu hanya menguntungkan penjual dan merugikan negara….ditambah yg pake sembarang usia dan kurang teliti plus sigap memawa kendaraan tsb memicu kecelakaan…aneh nya sdh tau akan hal itu msh di ulangi….diblg g mampu,org yg tinggal di sawah aja punya….mendingan kitavikutvsistem yg ada di jepang

  8. dave says:

    kalo sampe keluar ckd,, harga murah banyak,,
    bener2 d ahm,, harus ngasi pertamax gratis neh..
    parah banget d,, masa pertamax 10.250?😦
    kemaren ga isi banyakan.. >.<

  9. iya, kapan ya? gara2 kmahalan bapak ane gak mau beliin ini motor… golek rondo ono orak yo? :mrgreen:

  10. Cah Ndeso says:

    kl menurut saya ahm sudah pasti mampu kl cuma men ckd kan cbr150r… tapi kan masalahnya honda jepang memberi ijin apa tidak soalnya untuk wilayah asia sudah dipegang oleh ap honda thailand. kl honda jepang sdh memberi lampu ijo ckd kan cbr150r nggk akan lama buat ahm utk merealisasikan keinginan bikers tanah air..

  11. Dr.Feelgood says:

    loh, blum ckd yah, ane bru tahu loh mas.

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s