Apa nggak mungkin next 250cc yamaha pakai 4 silinder? opini dan komparasi

Apa bener yamaha mau ikutan meramaikan kelas 250cc?? kalau iya, tentu berita bagus… Eitss ojo seneng dhisik masbro, piye kalo mesin yang dipake tuh Fazer250?

Wah rasane kok agak ketinggalan zaman ya..

Memang sih dari tabel dibawah ini sudah lebih maut ketimbang si Scorpio, tapi kalau dibanding tiga kompetitornya (Ninja250, Cbr250, Inazuma) ya terlihat ciut.. Liat aja dari sisi berikut ini : teknologi, transmisi, power semuanya terihat tanggung.

Masih SOHC, silinder tunggal, pendingin udara, 5 speed.. hufff nyaris tanpa kelebihan kecuali harganya yg mungkin ‘agak miring’. Tapi main harga diskon dikelas premium kan bukan pada tempatnya. Mending jual performa, fitur dan desain kemudian dikasih harga yang rasional. Meski terkesan mahal, namun punya karakter dan nilai jual.

Coba lihat tabel diatas.
Secara historis (baca di wiki), Yamaha pernah produksi YZX250 zeal dari 1991-1999. Biarpun cuma seperempat  liter, namun mesin ini sudah berkonfigurasi 4 silinder inline dohc, liquid cooled, meski masih memakai karburator untuk mengasup bahan bakarnya.

Nah kalau engine ini dihidupkan dari musium lagi, kemudian dibekali Injeksi, monoshock serta lampu alien yang menawan, mesti bakal fenomenal. Apakah biaya untuk memproduksinya nggak sama aja dengan meriset untuk menciptakan mesin baru, 2 silinder misalnya?

Saya pribadi memang hampir yakin mesin ini tak akan keluar lagi, namun bila toh ada kebijakan kejutan maka akan menjadi suatu langkah yg besar. Jika kubikasi yang sama namun teknologi selangkah didepan dan performa begitu dominan, maka nama besar Yamaha di segment sport tentu akan berkibar. kedepannya, branded yamaha akan ikut terkerek, imho. Harga boleh lah terpaut 10-20% lebih mahal namun dengan kelebihan yang menggiurkan, Valuenya tentu bagus di kelas yang sama.

Pada intinya, minimal jangan Fazer lah mesin 250 yamaha nanti, gengsinya kurang menggigit untuk segmen premium. Kalau mau riset mesin baru 2 silinder itu bagus, namun jika si ZEAL ini diaspalkan lagi juga tak kalah cemerlang. Harga? barangkali saja bisa kompromi.. hehe

Mungkin nggak ya? atau hanya sekedar angan…
Silahkan ditambahi atau dimentahkan 😛 (gianluigimario)

 

36 thoughts on “Apa nggak mungkin next 250cc yamaha pakai 4 silinder? opini dan komparasi

  1. zankdickdock says:

    Pertamax 10200….!!!
    katanya YAMAHO semakin di depan,tapi produknya terbelakang semua mazbro…
    kalo fazer 250 yg keluar d jamin terpuruk tuh penjualannya di kelas seperempat liter….!!!
    kecuali hargane sama ama si kalajengking.

    • iya mas..
      kayak scorpio bore up yg nggak spesial.
      lampu sama, model mirip, mesin sejenis, dsb..
      mending yg fenomenal sekalian biar nggak dipermalukan motor sekelasnya 🙂

      • zankdickdock says:

        dulu sempet terdengar yamaha yzf R4…
        ko sekarang gk ada kbrnya lagi…?
        apa ntu cuma hoax doank yach?
        tp kalo bner tuh mtr keluar di jamlin cbr,ninin sama inazuma pasti klepek klepek…
        😀

      • itu motor gak jelas mas..
        nggak ada konkritnya. spek yang dibicarakan juga kayaknya nggak jelas pula..

  2. c-seratus says:

    bagi yamaha, mgk Pio msh bisa ‘dimainkan’…bisa jg, sementara ini, fokus dulu di new vixion..dan maintain Byson…Bebek dlm proses di injeksikan..matik injeksi akan diperbanyak… 250cc?..kalau market 250cc positif, bisa sj masuk..fazer, XTZ?..toh R15 V2.0 msh tersendat (padahal ramai sekali liputannya di blogsphere), mgk kali ini perlu melihat India…rasanya disana ‘kiblat’ atpm sport-bike selain Thailand… please be patient.
    :mrgreen:

  3. wooghhhhhh…kalau ini ya mantep tenan..max power 40HP
    kalau keluar bisa kepikiran terus di otak nih..hahahaha

  4. dave says:

    kalo kata saia c ga mungkin mas,,
    biaya produksi dan perawatan nya mahal,, cmiiw..
    lagian power nya terlalu sadis buat kelas 250cc..
    harga nya bisa 60jt kale ya,, haha..
    btw kalo emang keluar bole di pangkas jadi 2 silinder aja..
    terus harus fairing,, biar tambah ganteng,, hehe,,
    tapi itu c bebas,, naked ato pake baju,, 😛

  5. enth says:

    250cc 4 silinder ? Apakah regulasi akan mengijinkan? Kayaknya sekarang power motor dibatasi berdasarkan cc demi keamanan, cmiiw.

  6. kuper says:

    regulasi yang mana tu yang melarang ? Di iNdonesia apa dimana ? kok saia ga tau, kasih pencerahan dong.

  7. H3 says:

    Kalo Ngejar Value (harga / pajak) & Performance.
    Engine inline 4Cyl 250cc kompromi kedua nya.

    Kelebihan nya :
    # Masih 250cc (pajak spt Ninja / CBR) >> Kalo diatas 250cc (pajak barang mewah).
    # 4 Cylinder (power besar).
    # Aura suara knalpot 4 cyl jelas mantap.

    Kekurangan :
    # Karena 4 Cyl >> Material komplex >> harga dasar agak tinggi (diatas Ninin 250cc)
    ———————-
    Harga di rentang antara Ninin 250 – ER6N
    (antara 50 juta – 100 juta)

  8. Gareng says:

    Mending Bison ja dikasih mesin Fazer 250 trus dibandrol 25jt an.
    g mslh to ada 2 type yg mirip2 bodyne toh beda cc ??
    (pabrikan sblah jg gt kan) imho.

  9. Dr.Feelgood says:

    weh…….. 4 silinder, lebih mantap lagi mas. tapi apakah bisa pihak yamaha mematok harga, seharga 11-13 denan ninja 250.

  10. Prabu Melaz says:

    Sebenarnya,masing2 pabrikan punya banyak varian dari berbagai lini. Cuma,yang jadi pertimbangan bagi sebuah pabrikan untuk meluncurkannya di sebuah negara adalah:
    1. Daya beli/kemampuan pasar menyerap sebuah produk.
    2. Regulasi pada masing2 negara. Tentu berbeda2 kan?
    3. Tingkat kelayakan jalan.
    4. Selera.

    Bukankah Suzuki pernah mengeluarkan RGR 150? Yang kata Mas Iwan Banaran adalah motor 150cc tercepat. Dan kenyataannya malah diskontinu. Mereka juga pernah meluncurkan Thunder 250,Suzuki FXR,tapi semuanya gagal. Padahal ketiga produk di atas mempunyai power yang hebat.
    Disisi lain,KYMCO juga yang pertama kali menjual skutik di Indonesia. (Secara besar2an. Karena sebelumnya pernah ada Adly 50cc,dan juga vespa new px). dan mereka gagal juga.
    Inilah sulitnya jualan. Tak berarti produk yg hebat pasti bisa di serap pasar. Masih banyak unsur2 lain yg menyertainya. Bahkan,kadang2 faktor luck dan timing sangat di butuhkan.

    Satu contoh lagi,mengapa di India sana motor2 batangan laku keras? Karena di India sana,perempuan sangat jarang naik sepeda motor. Mungkin masalah budaya,ato masalah tingkat keamanan lalulintasnya yang buruk.

  11. Gareng says:

    Emang sih…klo dibandingin ama mtr 250cc yg dah beredar dimari..engine fazer 250 bisa dibilang kurang menggigit….tp klo bandrolnya kompetitif kan bs laen crtane mzbro ( apalagi klo tampange ngganteng )

    *bljr dari fakta dilapangan bhwa konsumen slalu liat tampang dlu…baru stlh itu mikirin engine.imho

  12. Miko says:

    4 silinder waow hight cost.
    Kayaknya makin kemari trend motor ke arah 1 silinder deh…saya yakin itu.

  13. white vario says:

    manteb tuh 4 silinder inline,kalo yamaha mau mereborn nie mongtor bisa semaput tuh cbr ama ninja
    Kalo fazer mending buat pengganti scorpio aja deh,secara scorpio yang sekarang kurang sukses,jadi kayanya fazer emang paling pas buat ngegantiin si kalajengking baik desain maupun engine
    Tapi gua lihat2 new vixi yang beredar spyshootnya itu mirip fazer yah,ga heran kalo langsung ada sotoshop new vixi yang nyomot dari fazer 250

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s