Valentino Rossi sudah tua atau ducati memang bermasalah?

rossi06_original

Legenda hidup motogp ini sekarang lagi Reduppp.. Sudah lupa tuh kapan ya terahir juara seri atau cuma sekedar podium. Padahal sebelumnya langganan juara dunia berkali-kali, hanya kalah dari Giacomo Agostini.

setelah malang melintang di Honda dan Yamaha, aura the doctor seakan tenggelam di ducati..

Padahal sebelumnya santer disebut ‘marriage of century’, tapi sampe sekarang gelar tersebut jauh dari harapan..

Barangkali ada beberapa sebab :
– Motor ducati belum ketemu setingan/performa pas
– Gaya membalap kurang cocok dengan karakter mesin ducati
– Sudah mulai dimakan usia?
– dsb

Kalau sebabnya adalah yang pertama, kita masih punya kans mendapat hiburan dari liukan kemenangan Rossi. Seperti diketahui, seluruh mekanik berusaha mengembangkan motor ini sian dan malam, sampai lembur katanya. The doctor pun tak henti memberi masukan.. kabarnya kemudi susah belok, traksi ban kurang sip, dan semacamnya..

Tapi hingga seri berapa Ducati dan Rossi akan unjuk gigi???

Mesin pabrikan asal Bologna itu kesohor susah dikendalikan dan liar, sejauh ini cuma Stony aussie yg punya riwayat sukses. Kalau ditangan ayah satu anak itu Binalnya Ducati jadi senjata ganas, sebaliknya ditunggangi Vale malah belum terlihat kemashuran dan powerfulnya mesin tersebut. Tentu kondisi sasis, roda, setelan mesin, kemudi dan sebagainya turut mempengaruhi mesin.. Jadi tak semata pembalapnya yang jadi kambing hitam.

Bisa jadi, keadaan mesin masa Stoner dengan Ducati era Rossi sudah berbeda.. apalagi kubikasi engine sudah alami  perubahan besar tho?? hehe

Nah bila usia mempengaruhi naluri membalap, sebenarnya saya sendiri kurang setuju.. Jika masa emas the doctor telah mendekati usai, rasanya simpulan ini terlalu prematur.. Imho the Rossi sedang alami masa ujian terberat, dan mungkin belum menyatu secara penuh dengan si Ducati itu.. Untuk ukuran pembalap, bahkan usia 40 pun masih bisa kompetitif kok cmiiw.

Ringkasnya, jika sebab melempemnya prestasi ini adalah nomer satu dan dua, harapan melihat victory fenomenal yang menghibur kita masih sangat besar (hanya masalah waktu :P). Namun kalau usia adalah penyebabnya.. wahhh susah dikomentari nihh hehe

Kalo menurut panjenengan manakah sebabnya?.. mari beropini ringan saja.. hehe
(gianluigimario)

27 thoughts on “Valentino Rossi sudah tua atau ducati memang bermasalah?

  1. Prabu Melaz says:

    Jelas bahwa bukan hanya satu faktor saja yang menyebabkan redupnya sang doctor. Tapi kombinasi dr berbagai faktor yg saling mempengaruhi satu sama lain.
    -Usia,sedikit banyak ikut memberi andil.
    -Gaya membalap,juga bisa memberi andil.
    -Reset Ducati menjadi amburadul,disebabkan Rossi berusaha memasukkan karakter motor Jepang pada Ducati. Jadi,Ducati dipaksa oleh Rossi untuk menjadi motor Jepang. Bukankah ini sama saja dg memulai sebuah pekerjaan dari nol?

    Tapi,dari semua hal di atas,penyumbang terbesar keterpurukan Rossi adalah pada gaya membalapnya. Doi sudah bertahun2 terbiasa menggunakan motor2 Jepang. So,sangat susah baginya untuk menyesuaikan diri dg style Ducati.

  2. Dr.Feelgood says:

    usia yg sudah tidak muda lagi mas, hehehe. seiring berjalannya waktu tingkat keberanian dan konsentrasipun pastinya tidak akan seperti saat masih mudanya dulu. itu hanya saya nilai dari karakter sifat alamiah fisik manusia umumnya:mrgreen:

  3. redbike92 says:

    Mengapa rossi ga pensi aja😀

  4. ax125 says:

    Saya harap Rossi 2x juara lagi Sblum pensiun…..
    Dan Rossi pensiun dimusim setelah juara dunia…..

  5. c-seratus says:

    wah menarik bahasannya mas…sependapat dgn Dr Fellgood…ini soal siklus dari pertambahan usia. Dlm race tingkat dunia yg menuntut tingkat konsentrasi tinggi yg konstan dan respon tubuh presisi, usia tdk bisa diabaikan. ane dulu sempat punya vid mgn pertarungan jago2 spt Wayne Rainey, Edie Lawson, Wayne Gardner lalu Biaggi, Doohan, Rossi (tetap kagum hingga kini) hingga Stoner, Gorge Lorenzo dst..dst. Kita bisa mengagumi mrk di’masa’ puncak mrk.. dan itu akan tetap dikenang..namun menerima keniscayaan adanya campur tangan usia. Spt jg Ayrton Senna (always hero), Prost, Mansel, Schumacher, Kimi, Button, Webber, Vettel dst..dst. :mrgreen:

  6. bimo96 says:

    ada masa nya om,gak selamanya berjaya😀

  7. Gogo says:

    ketiganya saling berkaitan, ditambah faktor psikologis..

  8. panijo says:

    Kayaknya kang Rossi emang sudah tiba masanya di karenakan banyak faktornya.
    Horeeeee Lorenzo jadi juara…….
    Yamaha semakin di depan
    Salam dari temen2 Korea Mas

  9. tovavanjava says:

    mungkin sudah saatnya “regenerasi” …yah…ngasih kesempatan sama yg muda2 lah…😆

  10. dave says:

    imho neh,,
    dulu kan rossi naek motor yamaha,,
    terus stoner ducati,,
    nah rossi yg juara,, itu karena apa?
    karena stoner susah kendarain ducati,,
    sekarang musti nya bikin balapan,,
    rossi pake yamaha,, stoner pake honda,,
    kita liad jagoan yg mana? hehe,, penasaran bgt..
    kalo emang stoner tetep juara..
    berarti emang stoner itu lebih jago dari rossi,,
    sayang nya dia waktu itu pake ducati.. jadi kalah d,, imho..
    lagian pembalap ducati yg laen pake motor yg sama dengan rossi,,
    kata nya bisa lebih mantep,,
    ini kayaknya emang rossi yg ga cocok dengan motor ducati,, imho..
    cmiiw..🙂

    • cocoknya yamaha aja?
      kalo nggak menemukan tantangan berat dan ujian besar kan nggak luar biasa nantinya😛

    • dave says:

      ga jg,, malah kalo bisa,, pengen nya tuh,,
      dua motor dengan spec sama,,
      misal sama2 honda,,
      kita liad siapa c sebener nya yg paling jago?
      rossi ato stoner,, hehe,,
      soal nya saia demen c stoner tuh,,
      kalo dah bawa motor yg laen ketinggalan jau di straight,,
      kalo rossi kan jago nya di tikungan,, cmiiw..
      jadi penasaran aja kalo motor sama,,
      kita liad jagoan sapa,, hehe..

      btw betul kalo ga cb sesuatu yg baru ya gt2 aja,,
      cm motor ducati di macem2in settingan nya tetep aja gt,,
      nah mksd saia di atas itu membuktikan,,
      emang settingan motor yg salah,,
      ato emang rossi nya ga bisa mengendalikan motor ducati.. cmiiw..

  11. Prima says:

    Kalau usia g pengaruh engkong gw masih balapan nih di sentul..
    Rossi itu banyak omong banyak alasan motor bagus dibilang kurang ini itu.. Kl emang udah g mampu y udah jgn banyak alasan..

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s