Beberapa imajinasi dan saran untuk pengaman motor dari maling..

Wahhh.. pake gembok berbahan khusus dan kunci setang aja nggak aman motor sekarang ini? Apa bener malingnya sakti mandraguna dan ahli ilmu alusan???

Mari kita buat suatu diskusi yang ringan, santai namun punya nilai manfaat.

Ada banyak tentunya cara pengamanan motor, diantaranya adalah:
1. sistem mekanis : gembok, kunci stir, cakram, dsb
2. sistem peringatan : alarm, lampu, dsb
3. Sistem listrik : pemutus CDI, kuproks, ECU, dsb
4. sistem elektronik : hp, gps, modem, dsb
5. sistem psikis :waspada, doa, tawakal, dan pasrah 😛

Bisa jadi maling itu canggih bener, ahli kunci, ahli mengintai, ahli gergaji, dan kemampuan lainnya yang bikin stresss. Tapi secanggih apapun si maling kita tak dapat menolak fakta itu. Yang kita bisa adalah upaya sekuat tenaga mengaman kan motor kesayangan..

Pertama, pengamanan yang paling umum dan mudah adalah gembok dan turunanya. Murah, kuat, praktis, dan populer. tapi sekuat apaun janji dan jargon dari produsen gembok jangan mudah percaya. Gembok emang canggih tapi biasanya maling jauh lebih canggih. Seorang pernah cerita ke saya kalau gembok baja  yg mahal pun, bila kita paham dipukul bagian tertentu bisa lepas.. sereemmm.

Ada baiknya kita susun dan kombinasi dg cara kedua. Sistem suara dan lampu yang akan menarik perhatian dan mengagetkan. Ini bagus biar si maling kaget, kalau jantungan bakal pingsan dan kalau berkeringat dingin bakal terpeleset (lebay hehe).. yang pasti kebanyakan kalo kaget jelas lari kabooooorrr berubah pikiran… sesuai harapan..

Sistem yang lebih advance lagi menurut saya adalah sistem listrik. Intinya biarpun gembok diputus tapi motor gak bisa nyala dan bakal setres tuh maling ngidupin tuh motor kalau diputus busi, CDI, ECU, dsb. sembunyikan tombol pemutus  ditempat rahasia. misalnya sela jok, sela lampu, atas selebor, dsb. Kelemahan sistem ini adalah kalau motor  diangkut.. haduuuhhh.. amblas

Imho, menurut saya sistem terbaik saat ini, ya sistem tercanggih yaitu semisal elektronik yang dipadu dengan teknologi selular. Jika ada sesuatu yang tak normal terjadi pada motor, taruh sebuah hp dan mekanisme yang bisa kirim sms. Atau pasang kamera kecil tersembunyi yang bisa langsung tersambung video call dg hape utama kita, atau tanam sebuah pemancar GPS tersembunyi yang bisa dipantau satelit. dijamin, diumpetin kemanapun ke hutan kek, kedalam gua, bahkan naik kapal pun bisa kita ketahui posisinya. Kekurangan nomer ini adalah mahal..

ada teknologi dan ada pengamanan canggih, ya kudu ada uang ekstra.  cocok untuk motor mahal, dan kurang pas untuk motor entry level 😛

Nah jika semua usaha sudah dilakukan, maka kita tetap wasapada, dan terus berdoa. Ingat kata Rasulullah, berdoa itu bisa mengubah takdir, intinya ibadah.. Semakin kita yakin akan keamanan kepada Tuhan, secara sugesti kita akan lebih tenang.. Jadi, sesudah waspada dan upaya pengamanan maksimal, mari berdoa agar kita dijauhkan dari musibah.. Maling sakti ? mungkin mantranya gak mempan kalo lawan kekuatan doa. Simpel, namun begitu ajaib ..

Semoga berguna.. barangakali mau buat pengaman, boleh tanya karena penulis pernah merancang beberapa diantaranya .. konsultasi gratis (gianluigimario)