Sedikit belajar teknologi : Knalpot pada mesin 2-tak optimal untuk speed tertentu?…

Pada mesin 2-tak, ada kemungkinan bahwa campuran udara-bbm yang dikeruk (dimasukkan) sesaat sebelum ahkir dari langkah buang akan bocor beberapa beberapa persen dan dikeluarkan ke port exhaust.

Gas yang dibuang ke knalpot/ muffler, membentuk suatu gelombang yang bertekanan tinggi. Tekanan ini melawan sebuah “taper” yang ada di ujung knalpot (lihat gambar), dipantulkan, dan memberi efek tekan yg positip pada port exhaust. Campuran udara-bbm yang terbuang sebelum port exhaust tertutup kemudian dikembalikan kedalam silinder dan efek “scavenge” /pengerukan tersebut telah dikurangi.

Karena gelombang bertekanan ukurannya berubah tergantung kecepatan mesin, maka pengurangan efek scavenge tersebut tidak selalu efektif pada semua kecepatan mesin.
Pengaruh yang 0ptimal berada pada suatu rentang speed tertentu saja. Oleh karena itu, sistem pembuangan pada mesin ini didesain seefektif dan secocok mungkin untuk tiap model yang berbeda-beda, tergantung dari penggunaan motor tersebut untuk tujuan apa.

Perlu dicatat bahwa jika suatu sistem exhaust rusak karena kebocoran gas atau sebab lain, maka pengaruh daru efek “scavenge” akan semakin besar, dan berakibat menurunnya tenaga (horsepower) yang dihasilkan mesin..

Yah, sekarang kita lumayan tahu bagaimana suatu desain knalpot biasanya paling efektif untuk suatu kecepatan tertentu. Juga kita lumayan faham kenapa kerusakan knalpot berasa seperti power menjadi gembos.. Semoga berguna..(gianluigimario)

14 thoughts on “Sedikit belajar teknologi : Knalpot pada mesin 2-tak optimal untuk speed tertentu?…

  1. H3 says:

    Pertamax.. kok sepi nich…

  2. dave says:

    ga ngerti,, haha,,
    yg punya warung kemana ya? hehe..

  3. redbike92 says:

    itu kenalpotnya Ninja ya bro😀
    o ya kak bro
    tolong isi polling ya😀
    http://redbike92.wordpress.com/2012/04/12/alat-transportasi-mana-yang-paling-worth-it/

  4. sinbe says:

    Kalo knalpot 4tak kan ada yg panjang ma pendek tuh. Katanya kalo yg pendek bagus di torsi alias tarikan sedang yg panjang menang di power alias top speed. Tu gimana bro?🙄

  5. Anonymous says:

    berapa persen pengaruh knalpot terhadap mtr ????

  6. Dr.Feelgood says:

    suara knalpot 2 tak sangat merdu suaranya, kreng..kreeng..kreeennggg…. hehehe

  7. c o k i says:

    kenapa ninja 2 tak suaranya paling bagus dibandingkan 2 tak lainnya? dan apa yg paling mempengaruhi suara knalpot 2 tak, perutnya atau silencernya? terimakasih

  8. andika says:

    Trimakasi ilmu nya

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s