Yamaha Mio, sang Raja Skutik : impresi memutari ngayogyakarta..

1073_Yamaha_yamaha_mio_cw__Biru_tahun_2010_2010_1

Wah ada kesempatan keliling kota dengan Mio.. sipp biarpun belum injeksi, lebih dari cukup buat mobilitas di perjalanan.

saya mau nulis impresi singkat boleh ya.. silakan ditambah atau dikurangi🙂

Barngkali alasan utama Mio sporty menguasai pasar skutik 2011 menurut data eyang edo  adalah bentuknya yang imut, simpel namun nggak mahal.. (jawaban pastinya saya nggak tahu). Tapi memang simpel banget mengendarai matik, apalagi buat dalam kota, passs.. gak perlu masukin gigi kayak Piksyen, tinggal betot gas aja wis bisa  ngacir 90-95km/h boncengan.

Ditambah ada ruang yg lapang di depan, wah cocok buat yg pingin belanja, Bakpia Patok 3dus pun muat hehe. Soal konsumsi BBM. lumayan juga. sekitar 35-40 km/l bisa dapet kok. Handling di perkotaan juga mantap, akselerasi memang tak sebaik motor sport namun tetap saja nyaman buat salip kanan salip kiri.

Nah sekarang sisi minusnya mari coba pereteli satu-satu.
Pertama, tangan agak kurang nyaman dan berasa cepet pegel.. Mungkin posisi ridingnya mmg kurang nyaman atau barangkali duduk saya yg keliru hehe.

Terus, pengereman juga berasa kurang mantap. Kalau didalam kota, hal ini belum kentara betul, namun jika sudah melewati pegunungan seperti daerah Gunung Kidul, wahh baru tahu rasanya. Biasanya kalau turun bukit yang curam, motor biasa akan terbantu dengan rem mesin nah nihilnya rem ini pada si Mio, seperti pada umumnya semua matik, bakal semakin jelas dirasakan.

Apalagi kalau curamnya sangat ekstrim melebihi 45 derajat, kemudian jalanan berbatu dan cuaca hujan.. wah kalo nggak terbiasa pasti terbersit kekhawatiran di benak pengendara..

Singkatnya, matik seperti Mio pas kalo diperkotaan namun untuk menuruni Bukit yg curam seperti di Gunung Kidul, perlu skill yang lebih sip agar tak tergelincir.. Intinya hati-hati aja lah, baik itu didalam maupun luar kota.. hehe.

Semua tentu ada kurang lebihnya,, minggo di share (gianluigimario)

30 thoughts on “Yamaha Mio, sang Raja Skutik : impresi memutari ngayogyakarta..

  1. grandvblog says:

    pertama, raja matik bukan lagi mio, tapi beat🙂
    kedua, karakter kopling sentrifugal, tidak ada engine brake pada putaran rendah, karena kopling gak nempel. dan hampir semua matic pakai kopling sentrifugal, jadi bukan cuma mio yg seperti itu, tapi semua matic

  2. dave says:

    asik,, 1 dus bakpia nya buat saia ya mas?😛
    kalo soal pegel c,, saia mo bawa motor apa jg,,
    pasti pegel,, apalagi kalo macet,, -.-
    terus kalo soal engine brake,,
    nama nya jg matic ya mas,,
    ga bisa engine brake,,
    mo motor matic ato pun mobil matic,,
    kampas rem cepet abis.. imho,, cmiiw..

  3. c-seratus says:

    Memang betul mas…naik matic sebenarnya butuh skill jg.. krn itu biasanya, mrk yg udah mahir motor sport/bebek (sdh halus dan presisi naik turun gigi misalnya), sanggup jg mengendarai matic scr ‘smooth’ banget, walau matik sdh ‘smooth’ dari sononya, dan tahu bagaimana membagi beban rem agar seimbang. (honda sampai bikin combi-brake, sebenarnya sdh merpkn teknik dasar pengereman, namun banyak yg mengabaikan). Pakai matic yg tanpa engine brake, soal rem ini cukup crusial utk keamanan.
    ”nasib baek” mas, hehe…di keluarga besar, selain yg punya motor sport/bebek, yg pakai matic banyak…dan beragam (mio sporty, mio soul, xeon, skywave, hayate, spin, scoopy, vario cw, spacy)..jadinya udh pernah nyoba semua…menurut sy, pilih sesuai selera sendiri, bukan selera orang lain, semua bagus haha..🙂

    • selera sampean cenderung yg mana mas😛

      • c-seratus says:

        Sy selera kenceng mas…
        Apapun motornya, yg kenceng minumnya eh salah,…pilihannya hehe.
        Tp gak spt jaman muda ‘gak ada beban’ dulu… Skrg ‘speed limiter’ udh berfungsi sejak 60Km/h..:mrgreen:

      • ambil aja speed limiternya mas.. hehe
        diantara yg pernah dicoba, mana yg paling kenceng?🙂

      • c-seratus says:

        Kalau speed tertinggi pakai motor, 120 km/h dgn megipro, 125 km/h dgn AR 125, pakai bebek 115 km/h dgn shogun gen.1, 110 km/h dgn kaze, pakai matik 100 km/h mio, 100 km/h dgn spacy pgmfi..sebenarnya kecepatan tsb blm kemampuan tertinggi motornya mas..sy-nya sj yg ‘cukup puas’ (nyali udh tipis hehe), pokoknya sdh tembus 100km/h on speedo.
        Matic2 yg lainnya… dicoba santai sj🙂

      • matik lainnya kemungkinan nggak nyampe 100 ya..🙂

  4. c-seratus says:

    mesin yg enak menurut sy sih mas..yg punya torsi lumayan..bukan mengejar top speed tp average speed tinggi…
    Contoh: dari jakarta – megamendung (jln datar kemudian menanjak).. pakai shogun 125 R bisa lebih singkat waktu tempuh dibanding menggunakan supra 100, walau top speed sama2 di batasi 90km/h. waktunya jg pagi hari. Krn setiap kali akan menyusul, atau keluar dari kepadatan, lebih mudah mengangkat kecepatan dgn mesin 125 nya shogun..jika dilakukan berkali2, signifikan mengurangi waktu tempuh total. Ini yg sy maksud selera ‘kenceng’, bukan ngabisin top speed tp mempertahankan durasi kecepatan ”tengah” lebih lama.

  5. Dr.Feelgood says:

    mio itu imut dan mantap untuk selap selip mas heheh

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s