Bangil kota santri? Kenangan dari Masjid Agung..

Saya sering dengar Gresik dan jombang disebut (atau menyebut dirinya) kota santri, hal ini lumrah kalau merujuk banyaknya orang nyantri atau sarungan dibeberapa sudut kota.

Tapi Bangil kota santri? tentu saja ada benarnya masbro. Santri disini tak kalah banyaknya dibanding kota lain. Bahkan di depan kawasan industri sebesar PIER, berdiri megah sebuah pondok pesantren besar..

Nah kesan itu bakal semakin kental jika kita mengunjungi alun-alun Bangil. Bukan sekedar ngicipi kuliner disana yang mantap dilidah, atau Bakso urat joz gandos yang ngangeni, namun sempatkan shalat di masjid Jami’ (atau masjid agung), aura santri bakal kian tegas.

Masjid Jami’ Bangil pancen istimewa, walau tidak selebar masjib besar pada umumnya, namun panjangnya bisa tiga-empat kali masjid biasa, seperti masjid Ampel surabaya. Bahkan saking panjangnya, sampai tempat shalat 5 waktu digeser ke tengah masjid, agar tak terlalu jauh jalan kaki kedalam masjid menuju Mihrab utama (ruangan terdepan dipakai shalat jumat saja).

Yang menarik lagi adalah Pengajian. Ada seorang kiai sepuh yang mengisi pencerahan kalbu dari magrip sampe adzan isya, kebetulan kemarin dengan topik “pentingnya shalat”. Rasanya adem setelah seharian disibukkan urusan dunia kemudian mendapatkan guyuran makanan hati. Pak Kiai nggak ikut salat jamaah isya, namun langsung menuju tempat tukang becak, yang kemudian mengantar beliau (barangkali ke pondok yang diasuhnya serta ngimami disana).

Ada tempat wudhu didalam masjid!!! betul-betul mantap tanpa perlu jauh-jauh berwudhu ke ujung ruangan.. Hanya satu hal yang kurang dari masjid ini, yaitu area parkir yg kecil dan agak semrawut memakan trotoar.. mungkin Pemda perlu memperluasnya agar yang berkunjung semakin nyaman🙂.

alun-alun bangil di malam hari

Ke alun-alun Bangil, nggak lengkap kalau tak mampir di Masjid Jami’. duhhhh..  kapan ya bisa ke Bangil lagi🙂 (gianluigimario)

8 thoughts on “Bangil kota santri? Kenangan dari Masjid Agung..

  1. gesang86 says:

    woch, Wisata Rohani…..

  2. ridertua says:

    baru kesitu kok pengin lagi😀

  3. wahh… biasa’a review ttng motor. skrng review ttng tmpat wisata rohani nih. hehe:mrgreen:

  4. Anonymous says:

    Sombong

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s